Sukses


Pahlawan Timnas Italia di Piala Dunia 1982, Paolo Rossi Meninggal Dunia

Bola.com, Jakarta - Paolo Rossi yang sukses membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 1982 meninggal dunia. Rossi wafat pada usia 64 tahun pada Kamis (10/12/2020) pagi WIB.

Kabar meninggalnya eks striker Juventus dan AC Milan itu pertama kali diungkapkan Enrico Varriale melalui akun Twitternya. Enrico merupakan rekan kerja Paolo Rossi sebagai komentator di RAI Sport.

Akan tetapi, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya Paolo Rossi. Kabar wafatnya Rossi juga sudah dikonfirmasi oleh sang istri, Federica Cappelletti, lewat media sosial.

"Berita yang sangat menyedihkan: Paolo Rossi telah meninggalkan kita," tulis Enrico Varriale di akun Twitternya.

"Pablito yang tak terlupakan, yang membuat kita semua jatuh cinta pada musim panas 1982 itu, dan merupakan rekan kerja yang berharga dan kompeten di RAI selama beberapa tahun terakhir. RIP Paolo Rossi," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Legenda Timnas Italia

Paolo Rossi merupakan sosok legenda untuk pencinta sepak bola Italia dan juga dunia. Rossi berhasil membawa Gli Azzurri merengkuh trofi Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Pada pesta sepak bola empat tahunan tersebut, Paolo Rossi berhasil mendulang enam gol dan menyandang status top skorer. Dari enam gol tersebut, satu di antaranya disarangkan Rossi ke Jerman Barat pada laga final Piala Dunia 1982.

Tak hanya bersama Timnas Italia, Paolo Rossi juga merasakan tujuh gelar juara di level klub, dengan perincian satu gelar ketika berseragam Vicenza dan enam trofi saat berseragam Juventus.

Sepanjang kariernya, pria kelahiran 23 September 1956 itu berhasil mendulang 20 gol dari 48 pertandingan bersama Timnas Italia. Adapun di level klub, Paolo Rossi mengoleksi 134 gol dari 338 laga di seluruh ajang.

 

3 dari 3 halaman

Terlibat Skandal Pengaturan Skor

Meski memiliki prestasi yang menterang, Paolo Rossi juga memiliki noda dalam kariernya. Rossi terbukti menjadi bagian dalam pengaturan skor yang terkenal dengan sebutan Totonero pada 1980.

Akibat skandal pengaturan skor tersebut, Paolo Rossi yang kala itu masih berseragam Vicenza dijatuhi sanksi larangan bermain sepak bola selama dua tahun. Namun, dia berhasil membayar lunas kesalahannya tersebut dengan membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 1982.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer