Sukses


Rapor Mentereng Erling Haaland, Si Bocah Ajaib Senilai 1,2 Triliun Rupiah

Bola.com, Jakarta - Erling Braut Haaland, bocah ajaib Borussia Dortmund ini sukses meraih penghargaan Golden Boy 2020 setelah menjalani satu tahun yang luar biasa. Haaland menasbihkan diri sebagai salah satu striker muda terbaik.

Namanya mulai dikenal bersama RB Salzburg dua musim terakhir, yang kemudian membuat Dortmund kepincut dan segera merekrutnya pada Januari 2020 lalu.

Sejak saat itu performa Haaland terus meroket, mencetak gol-gol spektakuler layaknya pemain berpengalaman. Potensinya tidak terbatas, masih bisa terus berkembang.

Di usia 20 tahun, Erling Haaland dipandang sebagai predator muda yang mematikan di depan gawang lawan, wajar jika namanya mulai dikaitkan dengan sejumlah klub besar Eropa lainnya.

Keberhasilan Haaland menyandang predikat Golden Boy 2020 ini pun ditunjang sejumlah statistik impresif yang masih akan terus bertambah di sisa tahun ini.

Video

2 dari 3 halaman

Statistik Erling Haaland

  1. Usai tiba di bulan Januari 2020, Haaland jadi pemain pertama dalam sejarah Dortmund yang langsung bisa mencetak gol pada debutnya di Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions
  2. Haaland mencetak total 19 gol liga di tahun kalender 2020 ini, hanya kalah dari Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, dan Ciro Immobile
  3. Jika torehan itu ditambah gol Liga Champions, total gol Haaland jadi 25, hanya kalah dari Lewandowski dan Ronaldo
  4. Haaland mencatatkan torehan satu gol per 79 menit di Liga Champions dan Bundesliga untuk Dortmund di tahun 2020
  5. Haaland boleh jago mencetak gol, tapi dia pun telah berkontribusi enam assists untuk rekan-rekannya
  6. Di level timnas, Haaland telah mencetak enam gol dalam lima penampilan untuk Norwegia
  7. Di level klub dan negara, Haaland telah mencetak 8 brace dan 2 hattrick di tahun 2020 ini
3 dari 3 halaman

Tak Akan Lama di Dormund?

Tujuh statistik di atas impresif, dan masih ada beberapa pertandingan lagi sampai akhir tahun 2020 ini. Haaland akan terus mencetak gol dan membuat assists.

Dia sudah benar memilih Dortmund sebagai pijakan berikutnya usai meninggalkan Salzburg. Meski begitu, sepertinya Haaland hanya akan bertahan satu-dua musim lagi bersama Dortmund.

Dia akan segera memilih satu di antara antrean klub top yang menunggunya: Real Madrid, Barcelona, Juventus, Liverpool, bahkan Manchester United.

Klausul pelepasannya akhir musim ini harganya relatif murah, hanyaa 75 juta euro (Rp 1,2 triliun). Klub-klub kaya Benua Biru dengan sangat mudah mengeluarkan duit sebesar itu.

Pilihan sepenuhnya ada di tangan Haaland, kira-kira klub mana yang cocok untuknya?

Sumber asli: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 15/12/2020)

Video Populer

Foto Populer