Sukses


5 Pertemuan Terakhir Juventus Vs Fiorentina di Liga Italia, Rivalitas Masa Lalu yang Kini Timpang

Bola.com, Jakarta - Juventus menghadapi Fiorentina dalam giornata 14 Serie A 2020/2021 di Allianz Stadium, Rabu (23/12/2020) dini hari WIB. Juventus yang tengah mengejar duo Milan di dua posisi teratas tak ingin melepaskan tiga poin dalam pertandingan ini.

Satu yang menarik, pertemuan antara Juventus dan Fiorentina memang kerap dinantikan dalam Serie A setiap musimnya. Kedua tim punya rivalitas tersendiri meski tidak berdasarkan kepada wilayah, seperti Derby della Madonnina, atau alasan politik seperti El Clasico di Spanyol.

Namun, Juventus yang bermarkas di Turin dan Fiorentina yang berasal dari Firenze memang menjadi simbol kekuatan dari masing-masing wilayah di Italia itu. Pada era 1980-an dan 1990-an, pertarungan kedua tim ini termasuk yang paling dinantikan.

Sayangnya, setelah era 2000-an, persaingan keduanya tampak tidak seimbang. Juventus boleh dibilang sangat mendominasi pertemuan antara kedua tim, terutama dalam lima pertemuan terakhir kedua tim.

Selama kurun waktu tiga tahun terakhir, Fiorentina tidak pernah sekalipun bisa mengalahkan Juventus, baik dalam laga kandang maupun tandang.

Bagi Fiorentina, hasil terbaik adalah bermain imbang dengan Bianconeri. Keduanya bermain imbang tanpa gol di Artemio Franchi pada musim lalu. Sementara laga lain berakhir untuk kemenangan Juventus.

Dalam pertemuan pada giornata 14 Serie A kali ini, apakah Juventus bisa mempertahankan dominasi mereka? Atau justru Fiorentina yang mengejutkan dan menghentikan dominasi Si Nyonya Tua.

Video

2 dari 6 halaman

Giornata 32 Serie A 2019/2020, 2 Februari 2020

Dalam pertandingan ini, Juventus menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan Serie A selama sembilan musim berturut-turut. Tampil di hadapan para pendukungnya, Si Nyonya Tua tampil menggila dengan membungkam Fiorentina dengan skor 3-0.

Dominasi Juventus terlihat dalam penguasaan bola yang mencapai 69 persen berbanding 31 persen milik Fiorentina. Catatan tembakan Juventus ke gawang Fiorentina pun cukup banyak, yaitu 16 kali dengan delapan di antaranya tepat sasaran.

Cristiano Ronaldo menjadi bintang pada laga ini lewat dua golnya melalui titik putih pada menit ke-40 dan 80'. Sementara satu gol lainnya disumbangkan Matthijs de Ligt pada menit ke-91.

3 dari 6 halaman

Giornata 3 Serie A 2019/2020, 14 September 2019

Skor kacamata menjadi hasil akhir pertemuan kedua tim pada giornata 3 Serie A musim 2019/2020. Fiorentina gagal memaksimalkan momen tampil di kandang sendiri untuk mengamankan poin penuh.

Meski laga tersebut berakhir tanpa gol, bukan berarti pertandingan ini tidak berjalan menarik. Kedua tim saling bergantian menciptakan peluang.

Dalam laga ini, Fiorentina mampu melepaskan 15 tembakan ke gawang dengan delapan di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Juventus hanya menciptakan lima tendangan ke gawang.

Namun, tim asuhan Maurizio Sarri ketika itu unggul dalam penguasaan bola sebesar 54 persen berbanding 46 persen milik tim tuan rumah.

4 dari 6 halaman

Giornata 33 Serie A 2018/2019, 20 April 2019

Fiorentina nyaris memetik kemenangan dalam pertemuan ini. Meski tampil di kandang Juventus, tim asuhan Vincenzo Montella itu berhasil unggul cepat ketika laga belum genap berjalan 10 menit lewat aksi Nikola Milenkovic.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama. Sebelum turun minum, Juventus berhasil menyamakan kedudukan via Alex Sandro pada menit ke-37.

Peruntungan Fiorentina dalam laga ini memang tidak dapat terjadi. Upaya untuk mencuri minimal satu poin buyar setelah German Pazzella mencetak gol bunuh diri pada menit ke-57 sekaligus memastikan Juventus menang dengan skor 2-1.

5 dari 6 halaman

Giornata 14 Serie A 2018/2019, 2 Desember 2018

Juventus kembali memperlihatkan mentalnya sebagai juara Serie A sejak musim 2011/2012. Tampil di markas lawan, mereka berhasil menang dengan skor yang sangat meyakinkan 3-0.

Gol pertama Juventus tercipta lewat aksi Rodrigo Bentacur pada menit ke-31. Skor itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Si Nyonya Tua berhasil menambah dua gol lagi lewat Giorgio Chiellini dan Cristiano Ronaldo pada menit ke-69 dan 79'.

Dalam laga tersisa, Fiorentina sempat mencoba mengejar ketertinggalan. Namun, usahanya tidak ada yang berhasil.

6 dari 6 halaman

Giornata 24 Serie A 2017/2018, 10 Februari 2018

Fiorentina sebetulnya sangat mendominasi jalannya pertandingan ini. Catatan 61 persen penguasaan bola dan total 12 tembakan ke gawang jadi buktinya.

Namun, Juventus kembali menunjukkan mental bertandingnya yang sudah teruji. Terus mendapat tekanan dari lawan, mereka malah berhasil memanfaatkan peluang untuk mengakhiri laga dengan skor 2-0.

Dua gol Juventus pada laga ini semuanya tercipta pada babak kedua. Federico Bernardeschi membuka keunggulan pada menit ke-56, kemudian Gonzalo Higuain berhasil menggandakannya empat menit sebelum pertandingan berakhir.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Gia Yuda Pradana, published 22/12/2020)

Video Populer

Foto Populer