5 Gelandang dengan Nilai Jual Tertinggi di Dunia, Adu Mahal Taksiran Harga Bruno Fernandes dan Kevin De Bruyne

Oleh Ario Yosia pada 24 Des 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 24 Des 2020, 11:12 WIB
Ilustrasi - Joshua Kimmich, Kevin De Bruyne, Bruno Fernandes
Ilustrasi - Joshua Kimmich, Kevin De Bruyne, Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai jenis gelandang di area lapangan tengah sepak bola. Ada gelandang yang berpikiran defensif yang tugasnya memberikan perlindungan ekstra di belakang, ada playmaker yang mengatur tempo permainan, atau bergerak ofensif yang tugasnya menciptakan peluang emas membantu para penyerang.

Di sepak bola, para gelandang perannya amat vital untuk menghidupkan permainan. Mereka jadi sosok penghidup mesin permainan. Tanpa kehadiran mereka transisi bertahan ke menyerang atau sebaliknya tidak akan berjalan sempurna.

Gelandang berkualitas biasanya dinilai dari jumlah assist, crossing, sapuan, dan juga gol. Bergantung karakteristik permainan yang ia jalankan.

Eropa adalah rumah bagi beberapa gelandang terbaik di planet ini. Mereka semua berbeda dalam cara mereka melakukan pendekatan dalam permainan dan menjalankan tanggung jawab mereka di lapangan. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima gelandang paling berharga di dunia saat ini.

2 dari 7 halaman

Federico Valverde (Real Madrid): 70 Juta Euro

Karim Benzema Agresif, Real Madrid Pesta Gol ke Gawang Huesca di Liga Spanyol
Gelandang Real Madrid, Federico Valverde, berusaha melewati pemain Huesca pada laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Alfredo Di Stefano, Sabtu (31/10/2020) malam WIB. Real Madrid menang 4-1 atas Huesca. (AP Photo/Manu Fernandez)

Menggusur pemain matang pengalaman macam Luka Modric dan Isco dari tim utama Real Madrid pada usia 22 tahun sebuah pencapaian luar biasa bagi Federico Valverde. Ia bagian penting dalam sistem permainan Zinedine Zidane musim ini.

Valverde adalah gelandang tengah yang luar biasa. Pemain asal Uruguay itu memiliki visi yang sangat baik dan dapat melakukan umpan yang mematikan. Dia juga bagus dengan bola di kakinya dan bisa melakukan pergerakan lini depan dengan cekatan.

Valverde juga suka menguji kiper dari jarak jauh dan mendorong ke dalam kotak ketika ada peluang dan berkontribusi dalam urusan pencetak gol juga. Sang gelandang telah mencetak tiga gol dari delapan penampilan di La Liga musim ini.

3 dari 7 halaman

Kai Havertz (Chelsea): 81 Juta Euro

FOTO: Chelsea Tumbang 0-1 di Goodison Park
Bek Everton, Mason Holgate (kanan), berebut bola dengan gelandang Chelsea, Kai Havertz, dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-12 di Goodison Park Stadium, Sabtu (12/12/2020). Everton menang 1-0 atas Chelsea. (AFP/Peter Powell/Pool)

Kai Havertz bergabung dengan Chelsea dari Bayer Leverkusen dengan biaya transfer mahal menembus 71 juta euromusim panas lalu. Dia datang ke Stamford Bridge setelah menjalani musim yang luar biasa di Bundesliga di mana sang gelandang serang mencetak 12 gol dan memberikan enam assist dari 29 pertandingan.

Namun, Havertz belum sepenuhnya berhasil di Chelsea. Di luar hattrick melawan Barnsley di Piala Liga, sebagian besar aksi Havertz masih rata-rata air. Ia masih menjalani proses adaptasi kerasnya dan tuntutan Premier League.

Frank Lampard terus memberi kepercayaan besar kepada Havertz.  Ia tampil 10 dari 14 pertandingan Chelsea sejauh ini. Nilai pasar transfernya saat ini adalah 81 juta euro tetapi dipastikan akan turun jika pemain asal Jerman itu tak segera kembali menemukan bentuk permainan terbaik.

4 dari 7 halaman

Joshua Kimmich (Bayern Munchen): 85 Juta Euro

Robert Lewandowski Hattrick, Bayern Munchen Bungkam Eintracht Frankfurt 5-0
Gelandang Bayern Munchen, Joshua Kimmich, berebut bola dengan gelandang Eintracht Frankfurt, Sebastian Rode, pada laga lanjutan Liga Jerman di Allianz Arena, Sabtu (24/10/2020) malam WIB. Bayern Munchen menang 5-0 atas Eintracht Frankfurt. (AFP/Christof Stache/various sources)

Beralih ke posisi dari bek kanan menjadi gelandang bertahan, transformasi Joshua Kimmich berjalan maksimal. Ia telah menjadi pemain yang menonjol untuk Bayern Munchen di lini tengah. Itu semua terjadi berkat kebugaran fisiknya yang luar biasa, kecerdasan sepak bola, dan akurasi umpan yang luar biasa.

Bayern diperkirakan akan sedikit menderita dengan kepergian Thiago Alcantara ke Liverpool. Namun, pemain-pemain seperti Kimmich dan Goretzka telah memastikan bahwa riak tersebut tidak membuat mereka giyah. Kimmich adalah kehadiran yang fenomenal di tengah lapangan.

Joshua memiliki jenis keahlian yang memungkinkan ia menghentikan serangan dan memulai serangan balik dengan intensitas yang sama. Kimmich bisa dibilang adalah gelandang bertahan terbaik di planet ini. Nilai pasarnya menembus 85 juta euro.

5 dari 7 halaman

Bruno Fernandes (Manchester United): 90 Juta Euro

MU
Bruno Fernandes mencetak gol ketiga pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Leeds United di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu 20 Desember 2020. (Michael Regan / Pool via AP)

Bruno Fernandes bisa dibilang adalah gelandang serang terbaik di dunia saat ini. Pemain Portugal satu ini terus memberikan kontribusi dengan keterampilan mengatur tempo yang sempurna dan kehebatan mencetak gol di klubnya Manchester United.

Kedatangannya di jendela transfer Januari lalu memiliki efek yang menggembirakan di Manchester United. Bruno sosok kunci yang membantu United mengamankan finis empat besar Premier League, ketika pada putaran pertama kompetisi tak ada yang yakin Setan Merah akan bertengger di papan atas.

Manchester United saat ini berada di urutan ketiga di klasemen Liga Inggris dengan satu pertandingan di tangan. Bruno Fernandes telah mencetak sembilan gol dan memberikan lima assist dari 13 penampilan.

Itu adalah angka yang luar biasa bagi siapa pun di level tertinggi permainan dan sepertinya dia tidak akan melambat dalam waktu dekat.

6 dari 7 halaman

Kevin De Bruyne (Manchester City): 120 Juta Euroi

Leicester permalukan Manchester City
Bek Leicester City, Jonny Evans berebut bola dengan gelandang Manchester City Kevin De Bruyne pada lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (27/9/2020). Jamie Vardy mencetak hat-trick dan Manchester City takluk 2-5 dari Leicester. (Catherine Ivill/Pool via AP)

Kevin De Bruyne bisa dibilang telah menjadi gelandang terbaik saat ini. Ia melakukan banyak hal luar biasa selama beberapa musim terakhir.

Dia mungkin roda penggerak paling vital di Manchester City besutan Pep Guardiola. De Bruyne menciptakan peluang sekaligus mencetak gol.

Pesepak bola asal Belgia itu memiliki jarak umpan yang luar biasa dan memiliki tendangan yang luar biasa dan bisa menembak dengan kedua kakinya.

Kevin telah mencetak dua gol dan mengumpulkan tujuh assist di Premier League musim ini dari 12 penampilan. Sang pemain juga sukses musim lalu, memberikan 20 assist dan mencetak 13 gol dari 35 penampilan di liga untuk Manchester City.

Kontraknya saat ini di City hanya akan berakhir pada 2023 dan dia hampir pasti akan disodori kontrak baru. Jika KDB memutuskan untuk pindah, Manchester City akan meraup banyak uang karena mantan pemain Chelsea itu dihargai 120 juta euro saat ini.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓