Sukses


5 Pemain yang Diprediksi Punya Klub Baru pada Bursa Transfer Januari 2021, Mesut Ozil Tinggalkan Arsenal?

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer Januari atau musim dingin sering kali menjadi waktu yang tidak terduga bagi klub untuk berbisnis. Tidak banyak pemain besar yang umumnya 'tersedia' selama periode ini karena mereka lebih suka pindah klub pada awal musim.

Namun, karena ruwetnya jadwal pertandingan yang diakibatkan oleh awal musim 2020-2021, sebagian besar klub mengalami ketegangan. Sejumlah pemain kunci mengalami cedera sehingga klub harus melakukan perekrutan.

Ya, manuver pada bursa transfer musim dingin memang bisa menjadi jawaban atas minornnya prestasi klub pada awal musim. Maka dari itu, dibutuhkan kecermatan dari direksi klub dalam melakukan pembelian pemain.

Di sisi lain, menjual pemain juga masuk dalam strategi finansial klub demi menyeimbangkan neraca keuangan. Biasanya, pemain yang jarang dipakai atau tidak sesuai dengan skema tim bakal dilepas ke klub lain.

Selain untuk mendapatkan uang, manuver transfer musim dingin juga bisa menentukan sukses tidaknya perjalanan klub selama semusim.

Dari segi pemain, pindah klub pada bursa transfer Januari bisa disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari karena jarang dimainkan sampai demi mencari tantangan baru. Kali ini, Bola.com merangkum lima pemain yang besar kemungkinan hijrah ke klub lain, dimulai dari Mesut Ozil.

Video

2 dari 6 halaman

Mesut Ozil (Arsenal) - Fenerbahce atau Juventus

Mesut Ozil telah dibekukan dari skuad Arsenal sejak Maret. Meskipun playmaker Jerman berusia 32 tahun itu bisa dibilang sudah melewati masa jayanya, ia masih memiliki kualitas level atas dalam dirinya.

Ozil, dengan semua kekurangannya yang dirasakan seperti ketidakmampuan untuk beradaptasi dan kurangnya kecepatan, masih mampu membuat umpan mematikan di lini serang, sesuatu yang sangat tidak dimiliki Arsenal musim ini.

Kontrak Ozil di klub London tersebut akan habis pada musim panas, dan sang pemain kemungkinan tidak akan didaftarkan Arsenal untuk memperkuat tim di Liga Inggris atau Liga Europa mulai Januari.

Meski sang pemain tidak pernah tampil dalam pertandingan kompetitif selama lebih dari enam bulan, raksasa Italia Juventus dikabarkan tertarik dengan servis Ozil. Jika kepindahan itu terwujud, Ozil akan dipertemukan kembali dengan mantan rekannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Selain Juventus, Ozil juga sering diisukan dengan klub asal Turki, Fenerbahce.

3 dari 6 halaman

David Alaba (Bayern Munchen) - Manchester United atau Juventus

David Alaba bisa dibilang salah satu pemain 'nama besar' terbesar yang berpotensi pindah klub pada bursa transfer Januari 2021.

Bek tengah berusia 28 tahun, yang telah memenangkan banyak gelar domestik dan kontinental bersama Bayern Munchen, menginjak tahun terakhirnya bersama raksasa Bundesliga tersebut.

Bayern Munchen dikabarkan bakal melepas Alaba setelah negosiasi kontrak yang berlarut-larut antara kedua belah pihak gagal memecah kebuntuan. Itu membuat banyak klub top di seluruh benua seperti Juventus dan Manchester United.

"Direktur olahraga kami, Hasan Salihamidzic, menghubungi agen (Alaba), dan jawabannya adalah bahwa tawaran tersebut masih belum memuaskan, dan kami harus berpikir lebih jauh. Kami kemudian memutuskan untuk menutup negosiasi. Itu berarti tidak ada lagi tawaran apa pun,” Kata presiden Bayern Munchen, Herbert Hainer.

Alaba sekarang bebas untuk membuka diskusi dengan klub lain di bulan Januari. Namun, Bayern Munchen dapat memanfaatkan situasi tersebut dan menjual Alaba di jendela transfer mendatang untuk mendapatkan kembali sebagian dari investasi mereka pada pemain daripada menunggu pemain internasional Austria itu pergi sebagai free agent pada musim panas.

4 dari 6 halaman

Ousmane Dembele (Barcelona) - Manchester United

Satu dari beberapa pemain yang diidentifikasi sebagai 'kayu mati' di Barcelona pada musim panas, Ousmane Dembele, sebetulnya hampir bergabung dengan Manchester United, tetapi kepindahan itu tidak terwujud.

Meskipun tidak termasuk dalam rencana Ronald Koeman, pemain tersebut tetap tinggal di Camp Nou dan berusaha untuk masuk ke starting XI.

Pemain Prancis itu telah mencetak dua gol di La Liga dan tiga kali di Liga Champions musim ini. Akan tetapi, ia tetap dicap sebagai pemain yang mengecewakan, tidak musim ini saja, tapi sejak kedatangannya dari Borussia Dortmund.

Dengan Manchester United gagal mendapatkan target nomor satu mereka, yakni Jadon Sancho, pada musim panas dan (mungkin) Januari 2021, Dembele bisa jadi alternatif yang lumayan.

5 dari 6 halaman

Papu Gomez (Atalanta) - Juventus

Papu Gomez telah menjadi pemain kunci Atalanta sejak bergabung dengan klub Serie A tersebut pada musim panas 2014. Namun, karena sang pemain dikabarkan mengalami putus hubungan dengan pelatih Gian Pierro Gasperini, ia kemungkinan besar bakal meninggalkan Atalanta pada Januari 2021.

Gomez telah memberikan banyak kontribusi gol untuk Atalanta, terutama musim lalu. Tapi, musim ini performa sang pemain cenderung menurun karena konflik internal.

Raksasa Italia, Juventus, dikabarkan tertarik dengan jasa Gomez. Bianconeri memiliki sejarah menikung pemain terbaik dari rival domestik mereka dan mungkin bisa melakukannya dengan Atalanta.

6 dari 6 halaman

Diego Costa (Free Agent) - Arsenal, West Ham United, atau Wolverhampton Wanderers

Atletico Madrid resmi melepas Diego Costa. Dengan begini, mantan striker Chelsea itu sekarang berstatus bebas transfer dan bisa bergabung dengan klub manapun secara gratis pada Januari 2021.

Dalam dua musim belakangan, Diego Costa memang sudah kesulitan menembus skuat utama Atletico Madrid. Meski Los Rohiblancos ditinggal pergi Alvaro Morata dan Antoine Griezmann, pemain kelahiran Brasil itu tetap saja tak mendapat tempat di bawah arahan pelatih Diego Simeone.

Dilepas Atletico Madrid, Diego Costa tampaknya tak butuh waktu lama untuk menganggur. Beberapa klub telah siap menampungnya.

Klub Liga Inggris, West Ham United disebut-sebut tertarik mendatangkan striker Timnas Spanyol itu. Wolverhampton Wanderers juga diisukan sebagai klub baru Diego Costa menyusul cedera panjang yang diderita Raul Jimenez.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer