MOTION GRAFIS: 10 Top Clean Sheets 2020, Thibaut Courtoius di Posisi Ketiga

Oleh Dody Iryawan pada 05 Jan 2021, 17:20 WIB
Diperbarui 05 Jan 2021, 17:20 WIB

Bola.com, Jakarta - Tidak kebobolan dalam satu pertandingan atau clean sheets merupakan salah satu catatan prestasi bagi seorang kiper. Bersama Real Madrid, Thibaut Courtois perlahan mencatatkan torehan tersebut..

Seperti yang kita ketahui, dua kiper kawakan seperti Iker Casillas dan Gianluigi Buffon tidak jarang membawa klubnya meraih kemeangan tanpa kebobolan dalam satu pertandingan. Lini pertahanan yang kokoh dari masing-masing klub serta kesigapan dalam menghalau bola menjadikan mereka menjadi kiper dengan clean sheets terbanyak.

Iker Casillas merupakan kiper dengan clean sheets terbanyak abad ini. Ia memulai karier di dunia sepak bola serta tergabung dalam akademi Real Madrid pada 1996. Casillas mendapatkan kesempatan menjadi pemain profesional dan mendapat kepercayaan bergabung di tim senior pada musim 1999-2000.

Catatan terbaik Casillas saat menorehkan clean sheets yaitu pada musim 2010-2011. Bersama Real Marid menjalani 3 kompetisi, gawangnya 27 laga tidak kebobolan.

Saat ini gawang Real Madrid kembali di isi oleh salah satu kiper terbaik, Thibaut Courtois. Bersama Los Galacticos, Courtois mencatatkan 20 clean sheet sepanjang tahun 2020 di semua kompetisi yang dijalaninya.

Catatan tersebut membuat Thibaut Courtois berada di posisi ketida sebagai kiper paling banyak melakukan clean sheets. Ia kalah dari penjaga gawang Manchester City dari Brasil, Ederson Moraes dan Jan Oblak dari Atletico Madrid. Lali berapa catatan mereka?