MOTION GRAFIS: 5 Calon Pemain Termahal Ajax, Dapatkah Mengalahkan Nilai Transfer Frenkie De Jong?

Oleh Dody Iryawan pada 13 Jan 2021, 10:56 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 10:56 WIB

Bola.com, Jakarta - Pada musim 2018-2019, pecinta sepak bola didunia dikejutkan dengan kiprah Ajax di Liga Champions yang berhasil menembus semifinal bermodalknan pemain muda. Diantaranya terdapat nama Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt dan beberapa pemain lainnya yang saat ini bermain di klub elit Eropa.

Lolos ke babak gugur di posisi kedua grup E, Ajax membungkam tim-tim yang memiliki materi pemain lebih baik di atas kertas.

Pada babak 16 besar, Ajax membungkam Real Madrid. Kalah 1-2 pada leg pertama di Amsterdam, Frenkie de Jong dkk. membalas tuntas dengan mengalahkan Los Galacticos dengan skor 4-1 di Santiago Bernabeu. Ajax lolos dengan agregat 5-2.

Skenario yang hampir sama terjadi di perempat final. Pada leg pertama, Ajax yang bertindak sebagai tuan rumah menahan Juventus 1-1. Pada leg kedua, anak asuh Erik ten Hag menang 2-1 dan berhak satu tiket ke semifinal. Namun sayang harus menyerah dari Tottenham dengan agregat 3-3 namun kalah gresifitas gol tandang.

Berkat penampilan yang apik di Liga Champions dan liga domestik, banyak pemain inti dari Ajax mengalami kenaikan nilai pasar. Terbukti pemain-pemain tersebut dibeli klub-klub besar dengan mahar yang cukup tinggi meskipun berusia muda.

Salah satunya adalah Frenkie de Jong. Ia dibeli Barcelona dengan nilai sebesar 86 juta euro atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Musim ini pemain muda Ajax kembali mencuri perhatian, dapatkah pemain-pemain tersebut mengalahkan nilai transfer Frenkie de Jong ke Barcelona