10 Besar Sepatu Emas Eropa: Persaingan Sengit Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah

Oleh Ario Yosia pada 14 Jan 2021, 09:50 WIB
Diperbarui 14 Jan 2021, 09:50 WIB
Ilustrasi - Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah
Ilustrasi - Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - European Golden Shoe atau Sepatu Emas Eropa menjadi gelar pribadi yang terhitung bergengsi. Gelar ini diberikan pada pemain yang mencetak gol paling banyak di liga-liga Eropa.

Pada musim 2019-2020 lalu, ada nama Ciro Immobile yang meraih gelar Golden Shoe. Penyerang Lazio itu unggul dari nama-nama top seperti Robert Lewandowski atau Mohamed Salah.

Sebagai catatan, ada perbedaan nilai dari sebuah gol untuk Golden Shoe. Satu gol lima liga top Eropa akan akan mendapat nilai 2. Sedangkan, untuk liga lain nilainya hanya 1.5 atau 1. Lantas, seperti apa klasemen European Golden Shoe hingga 13 Januari 2021 ini?

2 dari 12 halaman

10. Ciro Immobile

Foto Liga Italia: Lazio Tundukkan Napoli 2-0 di Olimpico
Striker Lazio, Ciro Immobile (kedua dari kanan) merayakan gol pertama timnya ke gawang Napoli dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A 2020/21 pekan ke-13 di Olimpico Stadium, Roma, Minggu (20/12/2020). Lazio mengalahkan Napoli 2-0. (AFP/Filippo Monteforte)

Ciro Immobile masih menjadi kandidat kuat peraih gelar Golden Shoe pada musim 2020/2021. Dia menjadi pilihan utama di lini depan Lazio dan sangat tajam. Immobile telah mencetak 11 gol dari 15 laga di Serie A.

Immobile mendapat nilai 22.

Sebenarnya, nilai yang didapat Immobile sama dengan Lionel Messi, Dominic Calvert-Lewin, Jamie Vardy, Bruno Fernandes, dan Memphis Depay. Namun, dia berhak atas posisi ke-10 karena punya rasio gol per pertandingan lebih besar. 

3 dari 12 halaman

9. Andre Silva

Eintracht Frankfurt Bungkam Hertha Berlin di Olympiastadion
Penyerang Eintracht Frankfurt, Andre Silva, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Hertha Berlin pada laga lanjutan Liga Jerman di Olympiastadion, Sabtu (26/9/2020) dini hari WIB. Frankfurt menang 3-1 atas Hertha Berlin. (AFP/Odd Andersen)

Andre Silva juga mencetak 11 gol, sama seperti Immobile dan nama lain yang disebutkan di atas. Akan tetapi, Andre Silva punya keunggulan dalam hal rasio gol per pertandingan.

Andre Silva hanya butuh 14 laga untuk bisa mencetak 11 gol di Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt. 

4 dari 12 halaman

8. Boulaye DiaBoulaye

DiaBoulaye tampil mengejutkan di Ligue 1. Pemain milik klub Stade de Reims itu telah mencetak 12 gol di Ligue 1. Boulaye Dia pun mendapatkan 24 poin dari gol yang sudah dicetaknya.

Boulaye Dia telah mencetak gol lebih banyak dari nama top lain di Ligue 1. Dia unggul dari Neymar, Memphis Depay, maupun Mauro Icardi.

5 dari 12 halaman

7. Son Heung-min

Bungkam Leeds United 3-0, Son Heung-min Cetak 100 Gol untuk Tottenham
Bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld (kiri) berselebrasi dengan Son Heung-Min usai mencetak gol ke gawang Leeds United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium di London (2/1/2021). Sejauh ini, Son sudah tampil sebanyak 253 laga bersama Tottenham. (AP/PoolJulian Finne

Son Heung-min memainkan musim terbaiknya untuk Tottenham. Pemain asal Korea Selatan itu telah mencetak 12 gol dan lima assist dari 16 laga di Premier League. Son mendapatkan nilai 24 poin.

Son mendapat poin sama dengan Boulaye Dia, tetapi dia punya rasio gol per pertandingan lebih baik. Son baru memainkan 16 laga, sedangkan Dia memainkan 17 laga untuk mencetak 12 gol.

6 dari 12 halaman

6. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku, Inter Milan
Pemain Inter Milan, Romelu Lukaku, merayakan gol kontra Fiorentina pada pertandingan Liga Italia di Giueppe Meazza, Minggu (27/9/2020) dini hari WIB. (AP Photo/Luca Bruno)

Seperti dua nama di atas, Lukaku juga mencetak 12 gol dan mendapat 24 poin. Lukaku memainkan 16 laga, sama seperti Son Heung-min. Namun, Lukaku punya catatan menit bermain per gol yang lebih baik dari Son.

Lukaku mencetak satu gol per 76 menit. Sedangkan, Son butuh 87 menit untuk mencetak satu gol. Lukaku punya efektivitas menit per gol lebih baik. 

7 dari 12 halaman

5. Kylian Mbappe

FOTO: Melihat Kehangatan Mauricio Pochettino dengan Pemain PSG
Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino, memeluk Kylian Mbappe usai pertandingan melawan Brest pada laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Sabtu (9/1/2021). PSG menang dengan skor 3-0. (AP Photo/Francois Mori)

Kylian Mbappe kini memimpin daftar top skor Ligue 1. Pemain andalan PSG itu mencetak 12 gol, sama dengan Boulaye Dia. Mbappe pun mendapatkan 24 poin di klasemen sementara Golden Shoe.

Mbappe unggul dari Boulaye Dia dan beberapa nama di atas karena dia baru memainkan 15 laga. Mbappe juga punya menit per gol lebih baik yakni satu gol per menit. 

8 dari 12 halaman

4. Erling Haaland

FOTO: Dihajar Borussia Dortmund, RB Leipzig Gagal Kudeta Bayern Munchen dari Puncak Bundesliga
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga Bundesliga di Stadion Red Bull Arena, Sabtu (9/1/2021). Dortmund menang dengan skor 3-1. (AP/Michael Sohn)

Erling Haaland sempat mengalami cedera sehingga membuat keran golnya tersumbat. Namun, akhir pekan lalu, Haaland comeback dan mencetak dua gol untuk Dortmund di Bundesliga.

Haaland mencetak 12 gol dan mendapatkan 24 poin. Pemain asal Norwegia itu unggul dari nama-nama lain yang juga punya 24 poin karena dia baru memainkan 10 laga. 

9 dari 12 halaman

3. Mohamed Salah

FOTO: Ekspresi Mohamed Salah Usai Gagal Mencetak Gol di Laga Liverpool Kontra Newcastle United
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, tampak kecewa usai gagal mencetak gol ke gawang Newcastle United pada laga Liga Inggris di Stadion St James' Park, Rabu (30/12/2020). Kedua tim bermain imbang tanpa gol. (AP/Scott Heppell)

Mohamed Salah kini memimpin daftar top skor Premier League. Penyerang andalan Liverpool ini telah mencetak 13 gol. Dengan begitu, Salah mendapatkan 26 poin dan berada di posisi ketiga Golden Shoe.

Mohamed Salah mencetak 13 gol dari 16 laga yang dimainkan di Premier League. Selain 16 gol, Salah juga membuat tiga assist untuk Liverpool. 

10 dari 12 halaman

2. Cristiano Ronaldo

FOTO: Cristiano Ronaldo Cemerlang, Juventus Pesta Gol ke Gawang Udinese
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi bersama Paulo Dybala usai mencetak gol ke gawang Udinese pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu (3/1/2021). Juventus menang dengan skor 4-1. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Ronaldo sepertinya akan tampil sebaik musim lalu. Sebab, pada pekan ke-17, Ronaldo sudah mencetak 15 gol. Ronaldo mencetak hampir separuh dari golnya pada musim lalu di Serie A yakni 31 gol.

Ronaldo pun mendapatkan 30 poin dari berada di posisi kedua klasemen Golden Shoe. Ronaldo hanya membutuhkan 13 laga untuk bisa mencetak 15 gol. 

11 dari 12 halaman

1. Robert Lewandowski

FOTO: Sempat Unggul 2-0, Bayern Munich Kalah 2-3 di Kandang Borussia Moenchengladbach
Striker Bayern Munich, Robert Lewandowski melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Borussia Moenchengladbach dalam laga lanjutan Liga Jerman 2020/21 pekan ke-15 di Borussia Park, Jumat (8/1/2021). Bayern Munich kalah 2-3 dari Moenchengladbach. (AFP/Wolfgang Rattay/Pool)

Cristiano Ronaldo memang luar biasa, tetapi Lewandowski masih berada di atasnya. Pemain milik Bayern Munchen memimpin daftar calon peraih gelar Golden Shoe dengan raihan 40 poin.

Lewandowski telah mencetak 20 gol di Bundesliga. Hebatnya, 20 gol itu dicetak hanya dari 14 laga. Sejauh ini, peraih gelar FIFA Best Player of the Year edisi 2020 itu mencetak 54 persen gol Bayern musim ini.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 13/1/2021)

12 dari 12 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
5 Pemain U-18 Termahal Sepanjang Sejarah