Sukses


10 Besar Sepatu Emas Eropa: Persaingan Sengit Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah

Bola.com, Jakarta - European Golden Shoe atau Sepatu Emas Eropa menjadi gelar pribadi yang terhitung bergengsi. Gelar ini diberikan pada pemain yang mencetak gol paling banyak di liga-liga Eropa.

Pada musim 2019-2020 lalu, ada nama Ciro Immobile yang meraih gelar Golden Shoe. Penyerang Lazio itu unggul dari nama-nama top seperti Robert Lewandowski atau Mohamed Salah.

Sebagai catatan, ada perbedaan nilai dari sebuah gol untuk Golden Shoe. Satu gol lima liga top Eropa akan akan mendapat nilai 2. Sedangkan, untuk liga lain nilainya hanya 1.5 atau 1. Lantas, seperti apa klasemen European Golden Shoe hingga 13 Januari 2021 ini?

Video

2 dari 11 halaman

10. Ciro Immobile

Ciro Immobile masih menjadi kandidat kuat peraih gelar Golden Shoe pada musim 2020/2021. Dia menjadi pilihan utama di lini depan Lazio dan sangat tajam. Immobile telah mencetak 11 gol dari 15 laga di Serie A.

Immobile mendapat nilai 22.

Sebenarnya, nilai yang didapat Immobile sama dengan Lionel Messi, Dominic Calvert-Lewin, Jamie Vardy, Bruno Fernandes, dan Memphis Depay. Namun, dia berhak atas posisi ke-10 karena punya rasio gol per pertandingan lebih besar. 

3 dari 11 halaman

9. Andre Silva

Andre Silva juga mencetak 11 gol, sama seperti Immobile dan nama lain yang disebutkan di atas. Akan tetapi, Andre Silva punya keunggulan dalam hal rasio gol per pertandingan.

Andre Silva hanya butuh 14 laga untuk bisa mencetak 11 gol di Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt. 

4 dari 11 halaman

8. Boulaye DiaBoulaye

DiaBoulaye tampil mengejutkan di Ligue 1. Pemain milik klub Stade de Reims itu telah mencetak 12 gol di Ligue 1. Boulaye Dia pun mendapatkan 24 poin dari gol yang sudah dicetaknya.

Boulaye Dia telah mencetak gol lebih banyak dari nama top lain di Ligue 1. Dia unggul dari Neymar, Memphis Depay, maupun Mauro Icardi.

5 dari 11 halaman

7. Son Heung-min

Son Heung-min memainkan musim terbaiknya untuk Tottenham. Pemain asal Korea Selatan itu telah mencetak 12 gol dan lima assist dari 16 laga di Premier League. Son mendapatkan nilai 24 poin.

Son mendapat poin sama dengan Boulaye Dia, tetapi dia punya rasio gol per pertandingan lebih baik. Son baru memainkan 16 laga, sedangkan Dia memainkan 17 laga untuk mencetak 12 gol.

6 dari 11 halaman

6. Romelu Lukaku

Seperti dua nama di atas, Lukaku juga mencetak 12 gol dan mendapat 24 poin. Lukaku memainkan 16 laga, sama seperti Son Heung-min. Namun, Lukaku punya catatan menit bermain per gol yang lebih baik dari Son.

Lukaku mencetak satu gol per 76 menit. Sedangkan, Son butuh 87 menit untuk mencetak satu gol. Lukaku punya efektivitas menit per gol lebih baik. 

7 dari 11 halaman

5. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe kini memimpin daftar top skor Ligue 1. Pemain andalan PSG itu mencetak 12 gol, sama dengan Boulaye Dia. Mbappe pun mendapatkan 24 poin di klasemen sementara Golden Shoe.

Mbappe unggul dari Boulaye Dia dan beberapa nama di atas karena dia baru memainkan 15 laga. Mbappe juga punya menit per gol lebih baik yakni satu gol per menit. 

8 dari 11 halaman

4. Erling Haaland

Erling Haaland sempat mengalami cedera sehingga membuat keran golnya tersumbat. Namun, akhir pekan lalu, Haaland comeback dan mencetak dua gol untuk Dortmund di Bundesliga.

Haaland mencetak 12 gol dan mendapatkan 24 poin. Pemain asal Norwegia itu unggul dari nama-nama lain yang juga punya 24 poin karena dia baru memainkan 10 laga. 

9 dari 11 halaman

3. Mohamed Salah

Mohamed Salah kini memimpin daftar top skor Premier League. Penyerang andalan Liverpool ini telah mencetak 13 gol. Dengan begitu, Salah mendapatkan 26 poin dan berada di posisi ketiga Golden Shoe.

Mohamed Salah mencetak 13 gol dari 16 laga yang dimainkan di Premier League. Selain 16 gol, Salah juga membuat tiga assist untuk Liverpool. 

10 dari 11 halaman

2. Cristiano Ronaldo

Ronaldo sepertinya akan tampil sebaik musim lalu. Sebab, pada pekan ke-17, Ronaldo sudah mencetak 15 gol. Ronaldo mencetak hampir separuh dari golnya pada musim lalu di Serie A yakni 31 gol.

Ronaldo pun mendapatkan 30 poin dari berada di posisi kedua klasemen Golden Shoe. Ronaldo hanya membutuhkan 13 laga untuk bisa mencetak 15 gol. 

11 dari 11 halaman

1. Robert Lewandowski

Cristiano Ronaldo memang luar biasa, tetapi Lewandowski masih berada di atasnya. Pemain milik Bayern Munchen memimpin daftar calon peraih gelar Golden Shoe dengan raihan 40 poin.

Lewandowski telah mencetak 20 gol di Bundesliga. Hebatnya, 20 gol itu dicetak hanya dari 14 laga. Sejauh ini, peraih gelar FIFA Best Player of the Year edisi 2020 itu mencetak 54 persen gol Bayern musim ini.

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 13/1/2021)

Video Populer

Foto Populer