Sukses


Klub-klub Liga Italia Diizinkan Tunda Pembayaran Gaji, Juventus hingga Inter Milan Juga Kembang Kempis

Bola.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 benar-benar menghantam kondisi finansial klub-klub Liga Italia. Saking beratnya, Federasi Sepak Bola Italia, FIGC, sampai mengizinkan klub-klub menunda pembayaran gaji. 

Pandemi membuat klub kehilangan banyak potensi pemasukan. Bukan hanya dari kerja sama dengan pihak ketiga, tetapi juga pemasukan dari pertandingan yang meliputi tiket dan aktivitas komersial lain.

Sejak Juni 2020, pertandingan di Liga Italia digelar tanpa penonton. Hal yang sama berlaku bagi liga-liga top Eropa lain. Klub kehilangan salah satu sumber pemasukan.

Presiden Juventus, Andrea Agnelli, telah bersuara betapa sulitnya kondisi finansial klub sepak bola saat ini. Awal pekan lalu, dia menyebut sepak bola telah kehilangan 8,5 miliar euro karena pandemi.

Bukan hanya klub-klub kecil yang terdampak, tetapi juga klub elite seperti Juventus.

Juventus, AS Roma, juga beberapa klub top Italia lain bahkan telah melakukan pemotongan gaji ke pemain. Jumlahnya bervariasi tergantung kesepakatan dengan sang pemain. Namun, kondisi ini tak banyak membantu.

Dikutip dari La Repubblica, Sabtu (30/1/2021), FIGC telah menyetujui langkah klub untuk menunda pembayaran gaji pemain. Namun, kesepakatan ini tidak bisa serta merta diambil begitu saja.

FIGC meminta pihak klub Liga Italia lebih dulu mendapat persetujuan dengan pemain dan anggota staf yang terdampak. Selain itu, langkah ini juga harus disetujui oleh komite tenaga kerja masing-masing provisi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Hanya Napoli yang Terus Bayar Gaji

Masih menurut sumber yang sama, saat ini hanya ada Napoli yang rutin membayar gaji ke para pemainnya. Klub asal Naples itu telah membayar gaji hingga Januari untuk Lorenzo Insigne dan kolega.

Sementara itu, kabar tidak sedap datang dari Inter Milan yang disebut belum membayar gaji pemain pada September dan Oktober. Kabar ini mencuat lewat pemberitaan Corriere della Sera.

Sebelumnya, Inter Milan juga dilanda kabar pelik lainnya karena gagal membayar cicilan Achraf Hakimi. Namun, Inter dan Real Madrid telah sepakat untuk menunda pembayaran yang telah jatuh tempo.

Sumber: La Republika

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 30/1/2021)

Sumber: La Repubblica

Video Populer

Foto Populer