Liga Champions: RB Leipzig Vs Liverpool, Jurgen Klopp Jago Kalahkan Tim Jerman

Oleh Gregah Nurikhsani pada 16 Feb 2021, 21:15 WIB
Diperbarui 16 Feb 2021, 21:15 WIB
Liverpool FC - Jurgen Klopp
Liverpool FC - Jurgen Klopp (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan berjibaku melawan RB Leipzig pada leg pertama 16 Besar Liga Champions 2020/2021, Rabu (17/2/2021) pukul 03.00 WIB. Jurgen Klopp memiliki catatan yang apik saat menghadapi tim-tim dari Jerman.

Musim lalu, dengan statusnya sebagai juara bertahan, Liverpool dikandaskan Atletico Madrid di babak 16 besar. Sementara itu, Leipzig secara mengejutkan lolos hingga semifinal setelah menyingkirkan tim yang menjegal Liverpool, Atletico, di perempat final.

Liverpool, yang merupakan juara musim 2018/2019 dan pemilik enam titel di kompetisi ini, adalah tim kuat. Namun, belakangan ini, tim besutan Jurgen Klopp itu mengalami penurunan performa yang signifikan.

Di Premier League akhir pekan kemarin, Liverpool ditekuk tuan rumah Leicester City 1-3. Satu gol Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah. Dengan hasil itu, berarti The Reds selalu kalah dalam tiga laga terakhirnya. Sebelum ditekuk Leicester, mereka terlebih dahulu dipecundangi Brighton dan Manchester di Anfield di Anfield dengan skor 0-1 dan 1-4.

Performa Liverpool kontras dengan Leipzig, yang tercatat selalu menang dalam empat laga terakhir mereka. Terkini, anak-anak asuh Julian Nagelsmann menang 2-1 melalui penalti Dani Olmo dan gol Christopher Nkunku saat menjamu Augsburg di Bundesliga.

Namun demikian, Liverpool bisa optimistis. Pasalnya, Jurgen Klopp memiliki catatan apik saat bersua perwakilan Jerman.

Semenjak menangani Liverpool pada Oktober 2015, Jurgen Klopp telah menghadapi dua klub asal Jerman di kompetisi antarklub Eropa. Dua tim tersebut adalah Bayern Munchen dan bekas timnya, Borussia Dortmund.

Jurgen Klopp sanggup mengalahkan kedua tim itu. Dortmund jadi korban pertama.

Menghadapi RB Leipzig bisa jadi tricky buat Liverpool. Sebab, ini bakal jadi kali pertama buat Jurgen Klopp menghadapi tim dari Jerman itu sejak menangani The Reds di Liga Champions.

2 dari 3 halaman

7 Statistik Menarik

Liga Champions - RB Leipzig Vs Liverpool
Liga Champions - RB Leipzig Vs Liverpool (Bola.com/Adreanus TItus)
  • RB Leipzig memenangi 12 dari 22 pertandingan yang telah mereka mainkan di Liga Champions (M12 S3 K7).
  • Rekor RB Leipzig melawan tim-tim Inggris: M3 S0 K1, gol 7-7.RB Leipzig selalu menang dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi, mencetak total 10 gol dan cuma kebobolan total 1 gol.
  • RB Leipzig memenangi 9 dari 13 pertandingan di semua kompetisi yang mereka mainkan setelah matchday 6 (M9 S2 K2).
  • Liverpool cuma menang 5 kali dalam 15 pertandingan di semua kompetisi yang mereka mainkan setelah matchday 6 (M5 S4 K6).
  • Liverpool selalu kalah dalam 3 laga terakhirnya, kebobolan total 8 gol. Dalam 3 laga itu, Liverpool cuma mencetak total 2 gol.Liverpool tanpa clean sheet, alias selalu kebobolan, dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi (total 14 gol).
  • Liverpool tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya melawan tim-tim Jerman, menang 7 kali (M7 S3 K0).
  • Liverpool cuma kalah 1 kali dalam 18 laga terakhirnya melawan tim-tim Jerman (M11 S6 K1).
3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Prediksi Liga Champions, Misi Sulit Liverpool untuk Kalahkan Real Madrid