Sukses


Punya Pengalaman Menang di Markas PSG, Barcelona Bisa Bangkit di Leg Kedua 16 Besar Liga Champions?

Bola.com, Jakarta - Barcelona menelan kekalahan telak 1-4 dari Paris Saint-Germain (PSG) di kandang sendiri dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB. Kondisi tersebut tentu membuat Blaugrana membutuhkan keajaiban kala bertandang ke Parc des Princes, markas PSG saat menjalani leg kedua pada Maret mendatang.

Barcelona gagal mempertahankan keunggulan dan justru kalah telak dari PSG di Camp Nou. Gol penalti Lionel Messi sempat membawa Barcelona unggul lebih dulu. Namun, hattrick yang dicetak Kylian Mbappe dan satu gol tambahan dari Moise Kean membuat Blaugrana harus menelan kekalahan pahit di kandang sendiri.

Tertinggal defisi tiga gol dan harus menang minimal 4-0 di leg kedua tentu bukan perkara mudah. Barcelona tentu membutuhkan sebuah keajaiban untuk bisa melakukannya pada laga yang digelar 11 Maret 2021 dini hari WIB mendatang di Parc des Princes.

Namun, menengok ke belakang, kemenangan di markas PSG bukan hal mustahil bagi Barcelona. Dari empat laga yang dimainkan di Parc des Princes dalam ajang Liga Champions, Barcelona pernah meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang saat menghadapi PSG.

Kemenangan 3-1 pernah diraih Barcelona kala menjalani leg pertama perempat final Liga Champions 2014/2015 di Parc des Princes. Bahkan pada musim tersebut Blaugrana berhasil keluar sebagai juara Liga Champions, mengalahkan Juventus di pertandingan final.

Namun, jika melihat pengalaman Barcelona menang di kandang PSG pada musim itu, apakah mungkin tim asuhan Ronald Koeman itu bisa mengulangi sejarah tersebut?

Video

2 dari 3 halaman

Sudah Tidak Punya Neymar dan Luis Suarez

Barcelona memang masih punya Lionel Messi yang pada laga di Camp Nou mencetak satu-satunya gol ke gawang PSG. Namun, dalam laga di Parc des Princes mampukah Lionel Messi jadi game changer seperti yang kerap dilakukannya?

Menengok ke momen kemenangan Barcelona di Parc des Pinces pada perempat final Liga Champions 2014/2015, Barcelona tidak hanya butuh Lionel Messi untuk menang. Bintang asal Argentina itu memang berhasil mencatatkan satu assist dalam kemenangan 3-1 yang diraih Blaugrana kala itu.

Namun, peran lebih penting justru ada pada dua rekan partnernya saat itu, Neymar dan Luis Suarez. Neymar berhasil mencetak satu gol memanfaatkan umpan dari Lionel Messi. Kemudian Luis Suarez menambah dua gol lagi untuk Barcelona bisa menang dalam pertandingan tersebut.

Sayangnya, untuk kali ini Barcelona sudah tidak punya kedua pemain tersebut. Neymar bahkan sudah berada di kubu PSG, dan mungkin saja bisa tampil menghadapi Barcelona di Parc des Princes.

Sementara Luis Suarez sudah didepak oleh Barcelona pada awal musim ini. Striker asal Uruguay itu akhirnya bergabung bersama Atletico Madrid dan membuat klub ibu kota itu menjadi satu kandidat juara La Liga pada musim ini.

3 dari 3 halaman

Neymar Kembali Saat Leg Kedua?

Neymar yang tidak tampil membela PSG saat bertandang ke Camp Nou karena cedera pinggul, kemungkinan besar akan bisa comeback pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions.

Perkiraan membutuhkan empat pekan absen untuk memulihkan kondisinya, Neymar sudah bisa kembali pada 10 Maret 2021, atau tepat sebelum pertandingan kontra Barcelona di Parc des Princes.

Jadi patut dinantikan, apakah Barcelona yang akan mengandalkan Lionel Messi, dan dua partner barunya, Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann, mampu mengulang keajaiban pada musim 2014/2015 untuk menang di Parc des Princes?

Atau justru Neymar, yang tidak tampil di Camp Nou karena cedera, justru memberikan hukuman yang lebih besar kepada Barcelona di kandang PSG?

Tunggu momennya pada 11 Maret 2021 dini hari WIB mendatang.

Video Populer

Foto Populer