Sukses


10 Pemain dengan Nilai Jual Tertinggi di Benua Eropa (1): Taksiran Harga Bruno Fernandes Plus Jadon Sancho Tembus Rp 3,2 Triliun!

Bola.com, Jakarta - Eropa selalu menjadi rumah bagi beberapa pesepak bola terbaik di dunia. Di Benua Biru seorang pemain membangun reputasi sebagai superstar.

Hal ini terjadi karena Eropa punya fondasi yang kuat. Mulai dari kompetisi profesional yang tertata rapi hingga kecakapan manajerial dalam mengelola sepak bola menjadi sebuah bisnis yang menggurita.

Dengan kekuatan finansial klub-klub elite Eropa berlomba-lomba menggaet pemain terbaik setiap musimnya. Rekor transfer pemain sebuah pemandangan umum setiap tahunnya.

Nilai pasar transfer pemain dihitung menggunakan algoritma yang kompleks. Ada berbagai hal yang perlu diperhitungkan. Sementara performa keseluruhan pemain menjadi yang terdepan, usianya dan lamanya kontraknya saat ini adalah faktor-faktor yang akan mempengaruhi nilainya.

Penyerang sering kali lebih berharga daripada pemain bertahan dan pemain yang lebih tua jauh lebih berharga daripada yang lebih muda karena alasan yang jelas. Di Eropa, ada banyak pemain muda yang merobeknya dan sebagian besar nama besar masuk ke dalam daftar.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat pemain Eropa paling berharga saat ini. Tulisan ini bagian pertama, mengulas pemain dengan nilai jual tertinggi di posisi 10 hingga 6.

Video

2 dari 6 halaman

10. Joshua Kimmich: 90 Juta Euro

Sebuah keajaiban di dunia sepak bola modern, Joshua Kimmich bergeser dari pos bek kanan ke lini tengah bertahan dan melakukannya tanpa banyak kesulitan berarti. Begitulah kelas dan kemampuan teknik dari pemain muda Bayern Munchen itu, sehingga setelah harus beradaptasi dengan peran baru, ia kemudian menjadi salah satu yang terbaik di Eropa.

Dari posisi gelandang bertahan, Joshua Kimmich mencatat beberapa angka ciamik dalam hal gol dan assist. Dia telah mencetak dua gol dan memberikan 10 assist dari 15 penampilan di Bundesliga untuk Bavarian.

Kimmich adalah raksasa di lini tengah dan pada usia 26 tahun, dia mencapai puncak kariernya dan baik di Timnas Jerman dan Bayern. Keduanya menganggap sang pemain sebagai aset berharga yang harus dirawat dengan baik.

 

3 dari 6 halaman

9. Bruno Fernandes: 90 Juta Euro

Pemain yang tak tergantikan di Manchester United, Bruno Fernandes, harus masuk buku sejarah sebagai salah satu pemain transfer Januari terbaik sepanjang masa. Begitu besar dampak positif yang didapatkan United seusai mendatangkan sang pemain Portugal pada bulan Januari 2020.

Kedatangan Fernandes langsung memperbaiki kinerja tim Manchester United. Klub yang sempat tertatih-tatih di papan tengah kembali jadi kekuatan menakutkan di persaingan juara Premier League.

Bruno Fernandes sedang on fire musim ini. Statistiknya luar biasa.

Bruno Fernandes telah mencetak 13 gol dan memberikan sembilan assist dari 24 penampilan di Liga Inggris untuk Manchester United musim ini. Dia juga telah mencetak empat gol  di Liga Champions.

4 dari 6 halaman

8. Jadon Sancho: 100 Juta Euro

Penyerang sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho ramai jadi santapan pemberitaan media musim panas lalu. Ia membuat Manchester United kepincut berat dan berjuang keras mendatangkannya. Sayangnya, kepindahan itu gagal dan pemain Inggris itu akhirnya bertahan di klub Bundesliga.

Penampilannya menurun di paruh pertama musim ini. Hal yang wajar, mengingat saga kepindahannya menguras emosi. Perlahan Sancho bangkit dan sebulan terakhir kinerjanya ada di level terbaik.

Meskipun ia belum mampu mereplikasi angka mengejutkannya dari musim 2019-2020, Sancho masih memiliki empat gol dan tujuh assist atas namanya dari 19 penampilan Bundesliga dan terus menjadi salah satu pemain utama Borussia Dortmund.

5 dari 6 halaman

7. Joao Felix: 100 Juta Euro

Atletico Madrid merelakan kepergian mesin gol mereka Antoine Griezmann ke Barcelona dan segera menginvestasikan kembali uang itu pada sosok wonderkid Joao Felix. Anak muda asal Portugal itu secara alami akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kerasnya La Liga, namun tak ada satupun orang meragukan potensinya.

Musim debutnya cenderung biasa-biasa saja. Memasuki tahun kedua, Joao Felix menggila.

Atletico Madrid anteng di puncak klasemen La Liga dengan keunggulan lima poin plus dua pertandingan sisa. Kinerja mengesankan klub amat dipengaruhi performa ciamik penyerang mereka Luis Suarez dan Joao Felix.

Joao Felix telah mencetak enam gol dan memberikan empat assist dari 18 penampilannya di La Liga musim ini. Pemain berusia 21 tahun itu baru memulai 11 dari pertandingan itu. Ia juga telah mencetak tiga gol dalam enam penampilan di Liga Champions musim ini.

6 dari 6 halaman

6. Raheem Sterling: 110 Juta Euro

Raheem Sterling membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencapai level permainan terbaik musim ini, dan ia sudah ada di titik tersebut saat ini. Sempat tampil melempem di paruh pertama Liga Inggris, sang penyerang sayap  kembali jadi mimpi buruk kepada para bek-bek lawan. Dalam lima pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, pemain berusia 26 tahun itu telah mencetak empat gol dan memberikan dua assist.

Penampilan Sterling telah meningkat pesat dan Manchester City sekarang berada di puncak klasemen Premier League.

Sterling adalah salah satu penggiring bola terbaik di Eropa  ini dan cukup sulit untuk mendapatkan bola darinya begitu dia mulai menyerang pemain bertahan.

Pemain asal Inggris itu sudah mencetak delapan gol dan memberikan lima assist di Premier League dari 21 penampilan.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer