Sukses


6 Pelatih Calon Pengganti Joachim Loew di Timnas Jerman: Jurgen Klopp Nolak, Hansi Flick Minat?

Bola.com, Jakarta - Pengumuman mengejutkan dilontarkan Joachim Loew. Pelatih berusia 61 tahun itu mengumumkan akan mundur dari jabatannya sebagai arsitek Timnas Jerman di musim panas nanti.

Loew akan meninggalkan jabatannya sebagai juru taktik Der Panzer setelah Euro 2020 digelar. Loew mundur satu tahun lebih cepat, karena kontraknya di Timnas Jerman baru habis di tahun 2022 mendatang.

Loew pertama kali menjabat sebagai pelatih Timnas Jerman di tahun 2006 silam. Ia menggantikan sosok Jurgen Klinsmann yang pada saat itu tidak memperpanjang kontraknya.

Selama 15 tahun menangani Der Panzer, Loew memiliki sejumlah prestasi. Prestasi terbesarnya adalah membawa Timnas Jerman memenangkan Piala Dunia 2014, sehingga penggantinya nanti punya standard yang tinggi untuk dipenuhi.

Perburuan manajer baru Timnas Jerman ini bakal menarik ditunggu. Pasalnya tidak sembarangan manajer bisa menjadi juru taktik Der Panzer.

Semenjak Timnas Jerman dibentuk di tahun 1908, mereka selalu menggunakan pelatih lokal Jerman. Sehingga kemungkinan besar pengganti Loew nanti adalah pelatih dari Jerman, kecuali DFB bersedia melakukan terobosan dengan merekrut pelatih non-Jerman pertama.

Namun untungnya saat ini ada beberapa pelatih Jerman yang punya kualitas mumpuni. Berikut  sajikan lima calon pengganti Joachim Loew di Timnas Jerman.

Video

2 dari 7 halaman

Marcus Sorg

Kandidat pertama pengganti Joachim Loew di Timnas Jerman adalah Marcus Sorg.

Nama Sorg mungkin masih cukup asing di telinga para pecinta sepakbola. Karena ia merupakan asisten Loew sejak tahun 2016 silam.

Pelatih berusia 55 tahun itu pernah menangani Bayern Munchen U-17 dan Timnas Jerman U-19. Dengan pengalamannya itu, ia bisa menjadi suksesor yang sempurna untuk Loew.

Jika Sorg yang terpilih, maka skenario terpilihnya Loew jadi pelatih Timnas Jerman akan terulang, karena sebelumnya Loew merupakan asisten Klinsmann di Timnas Jerman.

3 dari 7 halaman

Ralph Hasenhuttl

Kandidat kedua yang berpotensi menjadi pengganti Loew di Timnas Jerman adalah Ralph Hasenhuttl.

Pelatih 53 tahun itu belakangan ini tengah naik daun. Karena ia berhasil menyulap Southampton bersaing di papan atas EPL musim 2020/21.

Hasenhuttl juga pernah dua tahun menangani RB Leipzig. Ia punya filosofi permainan yang bagus dan juga gaya bermain yang indah, sehingga pelatih 53 tahun ini berpotensi menjadi juru taktik Der Panzer yang baru. 

4 dari 7 halaman

Ralf Rangnick

Pelatih ketiga yang berpotensi menjadi pengganti Loew adalah Ralf Rangnick.

Sosok 62 tahun itu memiliki pengalaman melatih yang kaya. Ia pernah melatih sejumlah klub Bundesliga seperti Hannover96, Schalke 04, Hoffenheim, namun ia dikenal luas sebagai manajer top setelah membawa RB Leipzig promosi ke Bundesliga dan langsung bersaing di papan atas Bundesliga.

Rangnick sendiri saat ini menjadi Direktur Teknik Red Bull GmBH. Ia beberapa kali mengutarakan keinginannya untuk melatih lagi, dan Timnas Jerman akan jadi tantangan yang bagus untuknya.

5 dari 7 halaman

Jurgen Klopp

Kandidat favorit untuk menjadi pengganti Loew adalah manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Klopp bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih Jerman tersukses saat ini. Ia memenangkan banyak trofi prestisius saat menangani Borussia Dortmund dan Liverpool.

Banyak yang menjagokan Klopp menjadi manajer baru Timnas Jerman, karena performa Liverpool yang tengah menurun drastis musim ini. Sehingga ia dinilai bakal dipecat di musim panas nanti dan ia bisa menggantikan Loew.

6 dari 7 halaman

Julian Nagelsmann

Jika DFB berani berjudi dengan pelatih muda, maka Julian Nagelsmann adalah sosok yang tepat bagi mereka.

Pelatih berusia 33 tahun tengah naik dalam lima tahun terakhir. Di usianya yang masih muda ia sudah menangani Hoffenheim dan saat ini ia menjadi juru taktik RB Leipzig.

Ia dikenal memiliki pemahaman taktik yang bagus dan juga piawai mengembangkan pemain muda. Karakteristik ini nampaknya akan sangat cocok untuk menjadi modal pengganti Loew di Timnas Jerman. 

7 dari 7 halaman

Hansi Flick

Sosok unggulan terakhir untuk menggantikan Joachim Loew di Timnas Jerman adalah Hansi Flick.

Manajer 56 tahun itu memiliki popularitas yang tinggi. Terutama setelah ia membawa Bayern Munchen meraih sextuple di musim lalu.

Flick sendiri tidak asing dengan Timnas Jerman, karena ia sempat menjadi asisten Joachim Loew selama delapan tahun, sehingga dengan track recordnya yang apik, ia bisa menjadi juru taktik Der Panzer yang baik.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 10/3/2021)

Video Populer

Foto Populer