Sukses


5 Klub dengan Koleksi Gelar Liga Italia Terbanyak: Inter Milan Butuh 18 Tahun buat Samai Pencapaian Juventus

Bola.com, Jakarta - Serie A merupakan kompetisi kasta tertinggi dalam sepak bola Italia. Kompetisi ini pertama kali digulirkan pada musim 1897-1898. Kompetisi satu ini telah melahirkan dan menjadi pentas bagi pemain-pemain terbaik di dunia sepanjang 123 tahun.

Juventus jadi tim dengan koleksi gelar Liga Italia terbanyak. Dominasi mereka sulit ditandingi klub-klub lain.

Hebatnya,  Juventus menjadi juara Serie A dalam sembilan musim terakhir. Mereka tengah berjuang untuk menggenapinya menjadi 10 trofi beruntun musim ini.

Namun, perjalanan tim asuhan Andrea Pirlo untuk kembali meraih juara tidak mudah. Inter Milan dan AC Milan siap menjegal dominasi Bianconeri.

Berikut ini 5 klub peraih gelar Serie A terbanyak hingga saat ini.

Video

2 dari 6 halaman

Torino (7 Gelar)

Torino merupakan rival sekota Juventus. Klub yang didirikan pada 1906 ini pernah berjaya di kompetisi Serie A dengan merebut tujuh gelar.

Gelar Serie A pertama dimenangkan Torino terjadi pada musim 1926/27. Sementara itu mereka terakhir kali memenangkannya pada musim 1975/76.

Torino juga tercatat sebagai tim Italia pertama yang merebut scudetto 5 kali berturut-turut pada periode 1940-an. Ketika itu mereka dijuluki Il Grande Torino.

3 dari 6 halaman

Genoa (9 Gelar)

Genoa merupakan klub sepak bola tertua di Italia setelah didirikan pada 1893. Meski sekarang lebih sering berkutat di papan tengah, I Rossoblu pernah menjadi salah satu klub terbaik di Serie A.

Secara keseluruhan, Genoa telah memenangkan total sembilan gelar Serie A. Klub yang bermarkas di Stadion Luigi Ferraris itu terakhir kali meraihnya pada tahun 1924.

Sekarang, sudah sulit bagi Genoa untuk kembali memenangkan gelar Serie A. Musim lalu mereka bahkan hampir terdegradasi setelah finish di posisi ke-17 pada klasemen akhir Serie A.

4 dari 6 halaman

AC Milan (18 Gelar)

AC Milan menjadi salah satu klub dengan gelar terbanyak di Serie A. Hingga saat ini klub berjuluk Rossoneri itu telah mengoleksi 18 gelar Serie A.

Milan terakhir kali menjadi juara Serie A pada musim 2010/11. Ketika itu, Rossoneri dipimpin oleh Massimiliano Allegri.

Setelah itu, Milan terlihat seperti mengalami kemunduran. Namun, klub yang bermarkas di San Siro itu mampu bersaing dalam perebutan gelar Serie A musim ini setelah berada di posisi kedua.

5 dari 6 halaman

Inter Milan (18 Gelar)

Inter Milan pertama kali memenangkan Serie A pada musim 1909/1910. Sejak saat itu, rival sekota AC Milan itu sudah mengoleksi 18 gelar scudetto.

Inter terakhir kali memenangkan gelar tersebut pada musim 2009/10. Ketika itu mereka berhasil merengkuh treble winners di bawah asuhan Jose Mourinho.

La Beneamata saat ini tengah memimpin klasemen Serie A. Pasukan Antonio Conte bisa menyalip koleksi scudetto AC Milan apabila keluar sebagai juara pada musim ini.

6 dari 6 halaman

Juventus (36 Gelar)

Juventus didirikan pada 1 November 1897. Klub yang bermarkas di Allianz Stadium itu benar-benar mendominasi dalam perburuan gelar Serie A.

Juventus menjadi klub peraih gelar terbanyak dalam ajang Serie A. Si Nyonya Tua hingga saat ini sudah mengoleksi 36 gelar scudetto.

Juventus mampu mencetak sejarah pada musim lalu. Juventus menjadi tim Italia pertama yang mampu menjadi juara Serie A sembilan kali berturut-turut.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 26/3/2021)

Video Populer

Foto Populer