Luis Enrique Ungkap Alasan Cadangkan Sergio Ramos saat Spanyol Bersua Kosovo

Oleh Rizki Hidayat pada 01 Apr 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 10:40 WIB
Bek Timnas Spanyol, Sergio Ramos.
Sergio Ramos baru masuk ke lapangan pada menit ke-86 saat Timnas Spanyol berhadapan dengan Kosovo pada laga ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio La Cartuja, Seville, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. (AFP/CRISTINA QUICLER)

Bola.com, Seville - Sergio Ramos duduk di bangku cadangan saat Timnas Spanyol berhadapan dengan Kosovo pada laga ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Pelatih Spanyol, Luis Enriuqe, memiliki alasan terkait keputusan tersebut.

Menjamu Kosovo di Estadio La Cartuja, Seville, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB, Enrique menerapkan formasi 4-3-3. Mantan pelatih Barcelona itu menduetkan Eric Garcia dan Inago Martinez di jantung pertahanan.

Sementara itu, Sergio Ramos harus duduk di bangku cadangan. Bagi bek Real Madrid tersebut, ini adalah untuk kedua kalinya secara beruntun tidak menghuni starting XI skuad La Roja.

Pada laga sebelumnya kontra Georgia di Boris Paichadze Stadium, 28 Maret lalu, Ramos bahkan tidak mendapat kesempatan untuk tampil. Meski tak diperkuat Sergio Ramos, La Furia Roja sukses menang 2-1 atas Georgia. 

Sementara itu, dalam duel melawan Kosovo, Ramos baru masuk ke lapangan pada menit ke-86. Dia menggantikan peran Eric Garcia di lini belakang.

Meski tak mencetak gol dan hanya bermain pada menit-menit akhir laga, Sergio Ramos turut membantu Spanyol meraih kemenangan 3-1 atas Kosovo.

Ketiga gol Timnas Spanyol tercipta atas nama Daniel Olmo pada menit ke-34, Ferran Torres menit ke-36, dan Gerard Moreno menit ke-75. Adapun gol balasan Kosovo disarangkan Besar Halimi menit ke-70.

 

2 dari 3 halaman

Alasan Luis Enrique

FOTO: Spanyol Ditahan Imbang 1-1 oleh Yunani - Koke; Luis Enrique
Pelatih Spanyol, Luis Enrique (kiri) memberi instruksi kepada gelandang Koke dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup B di Los Carmenes Stadium, Granada, Kamis (25/3/2021). Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Yunani. (AP/Fermin Rodriguez)

Luis Enrique menyebut tidak memainkan Sergio Ramos sejak menit awal lebih kepada faktor teknis. Enrique beralasan, Ramos masih penyesuaian setelah pulih dari cedera lutut serta memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk tampil.

"Itu (mencadangkan Ramos) hanya keputusan teknis. Dia baik-baik saja, dia kembali setelah pulih dari cedera. Saya telah memutuskan bahwa yang lain harus bermain, tidak lebih. Gagasan jika dia harus bermain sudah jelas," ujar Enrque.

"Seorang pemimpin tetap lah pemimpin di semua aspek. Dia pantas memecahkan semua rekor. Pemain terbaik harus bermain. Saya tidak peduli tentang penampilannya atau apa yang mungkin Anda katakan," lanjutnya.

"Saya hanya peduli dengan tim saya. Tidak peduli apa yang saya lakukan atau katakan dengan Sergio, itu akan memicu perdebatan," tutur Luis Enrique.

Sumber: Marca

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Liga Champions, Chelsea Pastikan Tiket Final Usai Kalahkan Real Madrid 2-0