Duel-duel Menarik pada Bentrok Bayern Munchen Vs PSG: Suguhan Perang Bintang

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Apr 2021, 20:45 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 20:45 WIB
Kalahkan PSG, Bayern Munchen Angkat Trofi Liga Champions
Penyerang PSG, Neymar berusaha melewati tiga pemain Bayern Munchen pada pertandingan final Liga Champions di stadion Luz di Lisbon (23/8/2020). Munchen menang tipis atas PSG 1-0. (AP Photo/Manu Fernandez, Pool)

Bola.com, Jakarta - Duel-duel menarik bakal tersaji saat Bayern Munchen meladeni PSG pada leg pertama perempat final Liga Champions 2020/2021 di Allianz Arena, Kamis (8/4/2021) dini hari WIB. Duel antar-bintang kedua klub menarik untuk disimak. 

Bayern Munchen yang bertindak sebagai tuan rumah lebih diunggulkan. Die Roten selalu menang dalam lima laga terakhirnya. Pada laga nanti, dipastikan Munchen tidak akan diperkuat Robert Lewandowski akibat cedera yang dialaminya.

Sedangkan, PSG sedang dalam kondisi yang tidak bagus. Di laga terakhirnya mereka menelan kekalahan 0-1 dari Lille OSC di Ligue 1.

Pertemuan kedua tim ini merupakan ulangan partai final Liga Champions 2019/20 yang kala itu Bayern Munchen menang 1-0 atas PSG.

Lantas seperti apa duel antarlini yang akan terjadi pada laga nanti? Berikut ulasannya.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Perang Bintang Antara Bayern Munchen Vs PSG di Final Liga Champions
Manuel Neuer - Kiper kawakan asal Jerman itu bisa menjadi batu sandungan bagi barisan depan PSG di final Liga Champions nanti. Kiper berusia 34 tahun itu terkenal heroik dan berpengalaman dalam memenangkan pertandingan di laga final. (AFP/Miguel A. Lopes/Pool)

Di bawah mistar gawang, kedua tim akan tetap mengandalkan kiper utama mereka. Manuel Neuer akan menjadi kiper andalan Munchen, dan PSG akan menurunkan Keylor Navas.

Kualitas Neuer dalam menjaga gawang tak bisa diragukan lagi. Ia menjadi faktor penting di balik keberhasilan timnya menduduki posisi pertama klasemen Bundesliga 2020/2021. Sejauh ini, ia telah mencatat 11 clean sheet dari 38 laga dan sudah kebobolan 45 gol di semua kompetisi.

Sebaliknya, Navas juga memiliki catatan yang impresif bersama PSG musim ini. Kiper berusia 34 tahun itu sudah menorehkan 13 clean sheet dari 23 penampilannya dan sudah kebobolan 155 gol di Ligue 1

 

3 dari 6 halaman

Bek

Gol Tunggal Kingsley Coman Bawa Bayern Munchen Juara Liga Champions
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Marquinhos, tampak kecewa usai gagal mecetak gol ke gawang Bayern Munchen pada laga final Liga Champions di Stadion The Luz, Portugal, Senin (24/8/2020). Bayern Munchen menang 1-0 atas PSG. (David Ramos/Pool via AP)

Bayern Munchen beruntung memiliki barisan bek kelas dunia, ada Benjamin Pavard dan Alphonso Davies yang sangat cerdik dalam membantu serangan maupun bertahan dari sisi lapangan. Lalu, di sektor bek tengah ada Jerome Boateng dan David Alaba.

PSG bakal mengandalkan duet Marquinhos dan Presnel Kimpembe di posisi bek tengah. Mereka berdua akan dibantu oleh bek sayap mereka yakni Thilo Kehrer di posisi bek kiri dan Abdou Diallo di posisi bek kanan.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

FOTO: Keceriaan Pemain PSG Jelang Misi Balas Dendam dengan Bayern Munchen di Liga Champions
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, Angel Di Maria dan Kylian Mbappe, tampak bercanda saat sesi latihan jelang laga perempat Liga Champions di Munich, Jerman, Rabu (7/4/2021). PSG akan berhadapan dengan Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

Di lini tengah, Bayern Munchen jelas akan tetap mengandalkan kreativitas dari Joshua Kimmich dan Leon Goretzka dalam mengontrol tengah lapangan. Keduanya cukup rajin dalam menyerang dan juga bertahan. Mereka akan mempercayakan gelandang serang mereka yakni Thomas Muller.

Sementara itu, PSG juga memiliki gelandang-gelandang yang mumpuni. Mereka akan memainkan tiga gelandang terbaik mereka yakni Ander Herrera, Idrissa Gueye, dan Neymar.

Sejauh ini, Neymar sudah menorehkan enam gol dengan empat asis dari 13 laga di Ligue 1. Sedangkan, di Liga Champions ia berhasil mencatat enam gol dengan satu asis dari 5 laga pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Bungkam Lokomotiv Moscow, Bayern Munchen Tak Terkalahkan di Fase Grup Liga Champions
Penyerang Bayern Munchen, Eric Maxim Choupo-Moting, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Lokomotiv Moscow pada laga Grup A Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (10/12/2020) dini hari WIB. Bayern Munchen menang 2-0 atas Lokomotiv Moscow. (AFP/Christof Stache)

Di barisan penyerang, Hansi Flick akan mempercayakan kekuatan Eric Maxim Choupo-Moting di ujung tombak setelah striker utama mereka Lewandowski mengalami cedera. Musim ini, Choupo-Moting sudah menorehkan lima gol dari 25 penampilannya di semua kompetisi.

Striker berusia 32 tahun itu akan mengandalkan penyerang sayap mereka yakni Serge Gnabry dan Kingsley Coman dalam mendobrak pertahanan PSG dari sisi lapangan.

Sedangkan PSG, akan mengandalkan trio Angel Di Maria, Moise Kean, dan Kylian Mbappe. Musim ini, Mbappe sudah berhasil mencatat 20 gol dengan enam asis dari 26 laga di Ligue 1. Serta, berhasil menorehkan enam gol dengan tiga asis dari tujuh laga di Liga Champions.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 7/4/2021)

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
3 Gol Terbaik Semifinal Liga Champions, Ada Gol Karim Benzema