Sukses


6 Klub Liga Inggris Jadi Pemberotak, Liga Super Eropa Akan Diblok Pemerintah Inggris

Bola.com, London - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson akan menghentikan rencana Liga Super Eropa. Ia menyebut rencana tersebut adalah berita buruk untuk sepak bola Inggris Raya.

Diketahui, enam klub elite Inggris memberontak dengan gabung Liga Super Eropa, yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur.

Mereka berencana untuk melepaskan diri dari Liga Champions untuk membentuk Liga Super baru. Liga akan terdiri dari enam anggota permanen Inggris, serta tiga tim dari Spanyol dan Italia untuk membuat liga 12 tim yang akan memasukkan tim kualifikasi tahunan.

"Saya tidak suka proposal ini. Kami akan melihat semua yang dapat kami lakukan dengan otoritas sepak bola untuk memastikan bahwa ini tidak berjalan seperti yang saat ini diusulkan," kata Johnson dikutip dari Metro, Senin (19/4/2021).

Johnson, yang mengkritik rencana tersebut bersumpah untuk melakukan apa pun untuk memblokir liga agar tidak bergulir.

"Menurut saya itu bukan kabar baik bagi para penggemar dan sepak bola di negara ini. Mereka juga klub yang secara historis berasal dari kota mereka dan komunitas lokal mereka. Mereka harus memiliki hubungan dengan penggemar tersebut dan dengan basis penggemar di komunitas mereka," lanjutnya.

"Jadi, hal itu sangat, sangat penting untuk terus diperhatankan. Saya tidak suka proposal ini dan kami akan berkonsultasi tentang apa yang dapat kami lakukan," katanya.

Petinggi-petinggi 12 klub yang mengikuti Liga Super Eropa sudah mulai mengundurkan diri dari jabatan di UEFA. Sementara, UEFA mengecam langkah mereka dan mengancam sanksi.

Video

2 dari 3 halaman

Kecaman

Rencana Liga Super Eropa mendapat kecaman dari berbagai sudut, mulai UEFA dan federasi di bawahnya, fans, pandit, hingga legenda-legenda klub.

Kritikus mengklaim langkah itu akan merusak liga domestik dan meninggalkan klub karena tim terbesar memperketat cengkeraman mereka pada pendapatan TV.

FIFA mengancam akan memblokir pemain yang berpartisipasi di Liga Super Eropa untuk berpartisipasi di Piala Dunia. 

Selain enam klub Inggris, dari 12 klub yang mendeklarasikan Liga super Eropa ialah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Sumber: Metro

3 dari 3 halaman

Gary Neville Setuju Manchester United Dihukum Degradasi

Video Populer

Foto Populer