Sukses


Julian Nagelsmann Pecah Rekor di Bayern Munchen, Ini Daftar 5 Pelatih Termahal di Dunia

Bola.com, Jakarta - Julian Nagelsmann resmi diumumkan menjadi pelatih anyar Bayern Munchen. Pria yang saat ini melatih RB Leipzig tersebut akan menggantikan Hansi Flick mulai musim depan. 

Beberapa pekan lalu, pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, membuat kejutan dengan menyatakan pengunduran diri dari kursi kepelatihan. Bayern Munchen sempat menyanggah dengan menyebut pernyataan Hansi Flick itu hanya klaim sepihak.

Ternyata, saat itu Bayern Munchen mau tidak mau berburu manajer baru. Belakangan nama Julian Nagelsmann terus dikait-kaitkan dengan posisi yang lowong di Bayern Munchen.

Bayern Munchen, Selasa (27/4/2021), akhirnya mengonfirmasi akan menjalin kerja sama dengan Nagelsmann per musim depan.

Pelatih berusia 33 tahun itu diikat dengan kontrak jangka panjang. Ia akan menangani Die Roten untuk lima tahun ke depan hingga 2026.

Menurut laporan yang beredar, Bayern Munchen pun harus keluar uang untuk merekrut Nagelsmann. Sang manajer kabarnya ditebus dari RB Leipzig dengan bayaran sebesar 21,7 juta pounds (Rp437,8 miliar).

Itu menjadi rekor dunia, menjadikan Julian Nagelsmann sebagai pelatih paling mahal di dunia. Siapa saja empat pelatih lain yang masuk peringkat lima besar, berikut perinciannya seperti dilansir Mirror.  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

5. Jose Mourinho (Inter Milan ke Real Madrid, Rp141,1 Miliar)

Sepertinya sudah lama sekali sekarang, tetapi pada 2010 Jose Mourinho masih menjadi salah satu manajer paling diminati di dunia sepak bola.

Dia baru saja memenangkan treble sensasional bersama Inter Milan, mengantar mereka menuju kejayaan di Serie A, Liga Champions, dan Coppa Italia.

Dan dia menggantikan Manuel Pellegrini di Santiago Bernabeu setelah Real Madrid menyetujui paket kompensasi senilai 7 juta pounds (Rp141,1 miliar) dengan Inter Milan. 

Mourinho kemudian menghabiskan tiga tahun yang penuh warna di ibu kota Spanyol. Ia memenangkan satu gelar La Liga dan Copa del Rey tetapi gagal menjuarai Liga Champions dan secara teratur dikalahkan oleh Barcelona asuhan Pep Guardiola.

 

3 dari 6 halaman

4. Ruben Amorim (Braga ke Sporting Lisbon, Rp173,3 Miliar)

Bukan nama yang cukup terkenal seperti 'The Special One', tetapi Ruben Amorim cukup mengesankan untuk meyakinkan Sporting Lisbon merogoh 8,6 juta pounds (Rp173,3 miliar) untuk memboyongnya dari Braga pada pertengahan musim lalu.

Pelatih berusia 36 tahun itu bahkan tidak menangani Braga selama empat bulan sebelum Sporting merekrutnya pada Maret 2020. Namun, pada saat itu telah memenangkan Piala Liga Portugal dan dengan cepat membangun reputasi sebagai salah satu pelatih muda paling cemerlang. .

Setelah memecat pelatihnya saat itu Silas, Sporting Lisbon membayar biaya yang lumayan untuk mengamankan Amorim. Tetapi sejauh ini itu upaya mereka sepadan. Mantan pemain Benfica itu membawa mereka menjuarai Piala Liga dua musim berturut-turut dan timnya di puncak Liga Primeira. Mereka berada di jalur untuk meraih gelar pertama sejak 2002.

 

4 dari 6 halaman

3. Brendan Rodgers (Celtic ke Leicester City, Rp183,4 Miliar) 

Manajer lain yang sejauh ini sangat mahal adalah Brendan Rodgers. Leicester City mengamankan jasa mantan bos pelatih Liverpool itu pada Februari 2019 setelah memenangkan dua gelar liga, dua Piala Skotlandia, dan dua Piala Liga Skotlandia bersama Celtic. Leicester merogoh 9,1 juta pounds atau setara Rp183,4 miliar. 

Sejak saat itu ia telah mengubah Leicester secara total, dan The Foxes tampaknya akan lolos ke Liga Champions musim depan setelah satu lagi kiprah di Liga Inggris yang mengesankan.

Meskipun dikaitkan dengan Tottenham baru-baru ini, Rodgers telah menepis spekulasi dan tampaknya akan tetap di King Power.

5 dari 6 halaman

2. Andre Villas-Boas (Porto ke Chelsea, Rp262,2 Miliar) 

Kisah Andre Villas-Boas tidak sesukses nama-nama lain di daftar ini. Setelah memimpin Porto ke musim yang tak terkalahkan di Liga Primeira dan juga memenangkan Liga Europa, Chelsea berusaha keras untuk mendatangkan pria yang dipuji sebagai 'Mourinho baru' pada Juni 2011. The Blues harus merogoh 13 juta pounds atau setara Rp262,2 miliar. 

Tapi Villas-Boas hanya bertahan delapan bulan di Stamford Bridge sebelum dipecat dengan kejam setelah gagal membawa The Blues bersaing dalam pacuan gelar Liga Inggris.

Sejak saat itu ia pernah melatih Spurs, Zenit Saint Petersburg, Shanghai SIPG dan Marseille, tetapi tidak pernah berhasil memenuhi harapan.

 

6 dari 6 halaman

1. Julian Nagelsmann (RB Leipzig to Bayern Munich, £21.7m)

Seperti yang telah disebutkan, biaya dalam kepindahan Nagelsmann dari RB Leipzig ke Bayern Munchen akan menjadi rekor dunia baru yang dibayarkan untuk seorang manajer, yaitu 21,7 juta pounds.

Sangat mudah untuk melihat mengapa Bayern begitu yakin dia sepadan dengan harga yang diberikan, mengingat pengaruh besar Nagelsmann di Bundesliga dan Liga Champions selama dua musim terakhir.

Tapi akan ada tekanan besar di pundak Negelsmann untuk terus berprestasi di Bavaria, dan akan menarik untuk melihat apakah dia bisa mengatasi lompatan besar ke klub raksasa Eropa itu. 

Sumber: Mirror

Video Populer

Foto Populer