Sukses


Mengenang Skuad MU yang Hancurkan AS Roma 7-1 pada 2007, di Mana Mereka Sekarang?

Bola.com, Jakarta - Manchester United akan berjibaku melawan AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Europa 2020/2021, Jumat (29/4/2021) dini hari WIB. MU akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama ini. 

Pertandingan ini bisa dikatakan sebagai laga big match. Kedua tim merupakan unggulan untuk meraih juara Liga Europa musim ini.

Jika bicara mengenai duel antara kedua tim raksasa Eropa itu, kita tidak bisa melupakan pertemuan kedua tim di perempat final Liga Champions musim 2006/2007.

Di leg pertama, Manchester United kalah 1-2 di kandang AS Roma. Namun saat bermain di Old Trafford, MU menggila dan menghajar wakil Italia itu dengan skor 7-1.

Setelah 14 tahun berlalu, apa kabar para penggawa Manchester United yang saat itu membantai AS Roma? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 12 halaman

Kiper: Edwin van der Sar

Di posisi kiper pada saat itu ada sosok Edwin van der Sar yang dimainkan Sir Alex Ferguson. Seusai laga itu, Van der Sar terus bermain di MU sebelum gantung sepatu pada 2011.

Saat ini, Van der Sar menjabat sebagai CEO di Ajax Amsterdam.

 

3 dari 12 halaman

Bek Kiri: Gabriel Heinze

Di laga itu, Sir Alex Ferguson mempercayakan Gabriel Heinze menjadi starter di pos bek kiri MU. Tahun 2007 merupakan musim terakhir Heinze di MU. Pada musim panas tahun itu, ia memutuskan pindah ke Real Madrid.

Ia sempat memperkuat beberapa klub seperti Marseille, AS Roma, dan Newell Old Boy sebelum pensiun pada 2014. Setelah pensiun ia menekuni dunia kepelatihan dan kini menjadi pelatih kepala klub MLS, Atlanta United.

 

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Rio Ferdinand

Rio Ferdinand menjadi starter di jantung pertahanan MU pada saat Setan Merah membantai AS Roma. Ferdinand melanjutkan kariernya di MU hingga 2014, sebelum pindah ke QPR satu tahun setelahnya lalu pensiun.

Setelah pensiun, Ferdinand kini menjadi pandit sepak bola di stasiun TV Inggris, BT Sports.

 

5 dari 12 halaman

Bek Tengah: Wes Brown

Pada saat itu, sosok Wes Brown didaulat menjadi tandem Rio Ferdinand di jantung pertahanan MU. Brown berkarier di MU hingga 2011 sebelum pindah ke Sunderland dan juga Blackburn Rovers.

Ia pensiun pada 2018 dan sempat menjadi pelatih tim U-23 Blackburn. Saat ini ia aktif menjadi duta Manchester United.

 

6 dari 12 halaman

Bek Kanan: John O'Shea

Di sisi kanan pertahanan MU saat itu, Sir Alex mempercayakan John O'Shea sebagai starter. Seperti Brown, O'Shea juga hengkang ke Sunderland pada 2011.

Ia pindah ke Reading pada 2018 sebelum pensiun satu tahun setelahnya. Setelah pensiun, ia kini menjadi bagian dari tim pelatih Reading.

 

7 dari 12 halaman

Winger Kiri: Ryan Giggs

Di posisi winger kiri, Sir Alex Ferguson memasang pemain andalannya Ryan Giggs. Seusai laga itu Giggs melanjutkan kariernya di MU sebelum pensiun pada 2014.

Ia sempat menjadi asisten Louis van Gaal sebelum pindah pada 2016. Ia kini dipercaya menjadi manajer Timnas Wales, meski kini tengah tersangkut kasus hukum.

 

8 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Darren Fletcher

Di pos gelandang tengah pada laga itu, Fergie memainkan sosok Darren Fletcher. Produk akademi MU itu bertahan di Old Trafford hingga 2015.

Setelah itu ia pindah ke West Brom lalu juga Stoke City. Fletcher sempat menangani Tim U-16 MU sebelum ditunjuk sebagai Direktur Teknik MU pada Maret 2021.

9 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Michael Carrick

Di laga tersebut, Fergie menduetkan Fletcher dan Michael Carrick di ruang mesin timnya. Seperti Giggs, Carrick meneruskan kariernya di MU sebelum pensiun pada 2018. Ia kemudian ditunjuk menjadi staff pelatih Jose Mourinho.

Ketika Mourinho dipecat di akhir 2018, ia dipertahankan menjadi tim pelatih MU di bawah kepemimpinan Ole Gunnar Solskjaer.

 

10 dari 12 halaman

Winger Kanan: Cristiano Ronaldo

Salah satu bintang di laga tersebut adalah Cristiano Ronaldo yang mencetak dua gol ke gawang AS Roma. Ronaldo memutuskan hengkang dari MU untuk pindah ke Real Madrid. Saat itu transfernya menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Ronaldo menghabiskan sembilan tahun di Madrid, sebelum pindah ke Juventus pada 2018 hingga hari ini.

 

11 dari 12 halaman

Striker: Wayne Rooney

Di pos penyerang pada saat itu ada sosok Wayne Rooney. Rooney bertahan di MU cukup lama yakni hingga 2016 dan berhasil menjadi top scorer sepanjang masa MU, menggeser Sir Bobby Charlton.

Setelah dari MU, ia pindah ke Everton, DC United dan Derby County. Per awal tahun kemarin, Rooney ditunjuk menjadi manajer permanen Derby County yang baru.

 

12 dari 12 halaman

Striker: Alan Smith

Di laga tersebut, Sir Alex Ferguson menduetkan Rooney dengan Alex Smith di lini serangnya. Itu merupakan tahun terakhir Smith di MU.

Di musim panas, ia memutuskan pindah ke Newcastle. Smith sempat memperkuat MK Dons sebelum pensiun di Notts County di tahun 2018 silam.

Ia kini menetap di Amerika Serikat dan menjadi staff pelatih di XL Soccer World Academy.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published 28/4/2021)

 

Video Populer

Foto Populer