Sukses


Potensi All English Final di Liga Europa: Manchester United Menanti Arsenal

Bola.com, Jakarta - Liga Europa hanya menyisakan satu laga penentuan lagi sebelum mempertemukan dua klub terbaik di partai puncak pada 26 Mei 2021. Dua dari empat tim semifinalis berasal dari Inggris, yaitu Manchester United dan Arsenal.

Kedua tim Premier League itu sudah melalui leg pertama semifinal Liga Europa pada Jumat (30/4/2021) dini hari WIB. Namun, hasil yang didapatkan oleh kedua tim bertolak belakang.

Manchester United meraih kemenangan telak kala 6-2 saat menjamu AS Roma di Old Trafford. Enam gol The Red Devils dicetak oleh Bruno Fernandes dan Edinson Cavani yang sama-sama mencetak dua gol, plus masing-masing satu gol oleh Paul Pogba dan Mason Greenwood.

Sementara itu, dua gol tandang yang berhasil diraih oleh AS Roma dicetak oleh Lorenzo Pellegrini dan Edin Dzeko. Meski masih akan melakoni leg kedua di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB, Manchester United seakan sudah hampir dipastikan melangkah ke final kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Namun, nasib berbeda dialami Arsenal yang bertandang ke markas Villarreal di laga semifinal Liga Europa yang lain. The Gunners kalah 1-2 dari tim tuan rumah dalam leg pertama babak empat besar itu.

Arsenal tertinggal dua gol lebih dulu dari tim tuan rumah yang mencetak gol lewat Manu Trigueros dan Raul Albiol. Plus The Gunners harus kehilangan satu pemain pada babak kedua karena Dani Ceballos mendapatkan kartu merah. Namun, justru dalam kondisi kalah jumlah pemain, Arsenal berhasil mencetak satu gol balasan lewat eksekusi penalti Nicolas Pepe.

Kendati mengalami kekalahan dalam leg pertama semifinal Liga Europa itu, Arsenal masih punya peluang yang begitu besar untuk lolos ke partai puncak, terutama karena mereka memainkan leg kedua di Emirates Stadium. Potensi All English Final di Liga Europa pun masih sangat mungkin terjadi.

Video Kekalahan Arsenal

Video Kemenangan Manchester United

2 dari 3 halaman

Arsenal Butuh Kemenangan Tipis, Manchester United Cukup Main Aman

Seperti dibahas di atas, baik Manchester United dan Arsenal masih sangat mungkin bertemu di final Liga Europa. Masing-masing tim hanya harus memastikan mereka mendapatkan hasil yang sesuai pada leg kedua semifinal Liga Europa pada pekan depan.

Manchester United yang punya keunggulan empat gol atas AS Roma dalam leg pertama semifinal, jelas sudah pasti bakal melangkah ke final. Hanya kemenangan besar AS Roma, minimal 4-0, yang bisa membantu Giallorossi ke partai puncak lewat keunggulan gol tandang.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan Manchester United. Berusaha untuk tidak kalah di Stadion Olimpico saja, The Red Devils bakal melangkah ke final yang bakal digelar di Stadion Miejski di Gdansk, Polandia, pada 26 Mei mendatang.

Kini justru Arsenal yang wajib mematikan kemenangan. berbekal satu gol tandang yang mereka dapatkan di Villarreal, The Gunners hanya butuh kemenangan 1-0 di Emirates Stadium untuk bisa lolos ke final dan menghadapi Manchester United.

3 dari 3 halaman

Syarat All English Final di Liga Europa

  • Manchester United hanya perlu memastikan tidak kalah dengan selisih empat gol di Stadion Olimpico Roma pada leg kedua. Hasil imbang saja sudah cukup untuk The Red Devils untuk melangkah ke final Liga Europa.
  • Manchester United tidak boleh kalah 0-4 dari AS Roma di Stadion Olimpico. Meski agregatnya sama 6-6, AS Roma bakal punya keuntungan gol tandang di Old Trafford.
  • Arsenal hanya butuh kemenangan minimal 1-0 untuk melangkah ke Liga Europa. Kondisi tersebut akan membuat The Gunners ke final dengan keunggulan gol tandang dalam kondisi agregat 2-2.
  • The Gunners harus menghindari kebobolan di Emirates agar tidak harus mengejar selisih dua gol untuk bisa melangkah ke final.
  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer