Lionel Messi, Neymar, dan Pesepak Bola Amerika Selatan Akan Terima Vaksin COVID-19 dari China

Oleh Gregah Nurikhsani pada 01 Mei 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 14:12 WIB
Lionel Messi Cs Tiba di Pusat Latihan Barcelona
Striker Barcelona, Lionel Messi, dengan menggunakan masker dan sarung tangan tiba di Pusat Latihan Barcelona, Rabu (7/5/2020). Para pemain melakukan tes Covid-19 sebelum menjalani latihan secara penuh. (AFP/Miguel Ruiz)

Bola.com, Montevideo - Lionel Messi, Neymar, dan ribuan pemain Amerika Selatan akan menerima vaksin COVID-19 yang disumbangkan oleh Sinovac Biotech buatan China dalam beberapa minggu mendatang. CONMEBOL akan memprioritaskan lebih dulu pada individu yang terlibat pada Copa America Juli mendatang.

CONMEBOL mengatakan vaksin tersebut bakal dikirimkan merata ke 10 asosiasi anggotanya setelah pengiriman 50.000 dosis tiba di ibu kota Uruguay, Montevideo, Kamis.

"Vaksin untuk sepak bola Amerika Selatan sudah tiba. Terima kasih Sinovac Biotech Ltd atas sikap solidaritas dan untuk memahami nilai sosial dan budaya yang sangat besar yang dimiliki sepak bola di negara-negara benua kami," kata presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, di Twitter.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs resminya, CONMEBOL mengatakan program vaksinasi akan memprioritaskan masing-masing tim nasional meliputi pemain, pelatih, ofisial, dan staf lain yang ambil bagian di Copa America, yang akan dimainkan di Argentina dan Kolombia mulai 13 Juni hingga 10 Juli.

Setelah itu, vaksin akan diberikan secara berkala kepada pemain-pemain di liga-liga setempat. Agar tidak disalahgunakan, tiap vaksin akan diberikan nama pemain.

"Vaksin merupakan pencegah lain untuk penyebaran COVID-19," kata CONMEBOL. "Protokol vaksinasi secara praktis menjamin bahwa setiap dosis memiliki nama depan dan belakang dan tidak dapat dialihkan atau digunakan untuk orang yang bukan bagian dari tujuan kampanye ini."

"[Ini] akan dimulai dengan tim-tim yang akan bertanding di Copa America dan mereka yang berpartisipasi dalam turnamen CONMEBOL internasional sebelum mencapai tim wanita dan pria dari kategori tertinggi di masing-masing negara," katanya lagi.

2 dari 3 halaman

Tertunda

Logo Copa America 2020
Logo Copa America 2020. (Copa America)

Awalnya dijadwalkan pada tahun 2020, Copa America edisi ke-47 ditunda satu tahun karena pandemi virus corona. Bintang Barcelona Messi dan Neymar dari Paris Saint-Germain akan menjadi magnet terbesar kompetisi antarnegara tertinggi di Amerika Selatan tersebut.

Messi, kapten Argentina dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 71 gol dalam 142 pertandingan, bertujuan untuk memenangkan trofi internasional utama pertamanya, terlepas dari medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Neymar, yang juga memenangkan medali emas Olimpiade untuk Brasil di Olimpiade Rio 2016, melewatkan kemenangan Copa America 2019 tim nasionalnya di kandang karena cedera pergelangan kaki.

Sumber: Xinhua News Agency

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓