Liga Italia: Jose Mourinho dan Antonio Conte Dibilang Mirip, Ini Buktinya

Oleh Yus Mei Sawitri pada 09 Mei 2021, 05:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 05:00 WIB
Jose Mourinho - Antonio Conte
Jose Mourinho (kiri) dan Antonio Conte. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Milan - Jose Mourinho akan kembali bertualang di Liga Italia mulai musim depan. Setelah satu dekade silam sukses bersama Inter Milan, kini Mourinho akan diuji mengulanginya bersama AS Roma. 

Mantan Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, yang pernah menikmati kesuksesan bersama Jose Mourinho, punya pendapat positif atas kembalinya pelatih asal Portugal itu ke Italia. Dia menyebut Mourinho bisa bersenang-senang di AS Roma. 

Moratti juga menyebut Mourinho punya kemiripan dengan pelatih Inter Milan saat ini, Antonio Conte. Meski belum bisa mempersembahkan treble seperti di era Mourinho, Conte akhirnya bisa mengantar La Beneamata menjuarai Serie A sekaligus menyudahi dominasi Juventus selama satu dekade terakhir. 

Di mana letak kemiripan Mourinho dan Conte menenurut Moratti?  

Pelatih asal Portugal itu dikenal karena teriakan kerasnya di pinggir lapangan dan dalam konferensi pers, meskipun Moratti meyakinkan sikapnya tak selalu seintens itu.

“Kesan orang-orang tentang Jose Mourinho seperti berada dalam perang, dia melawan semua orang dan segalanya. Tapi, di dalam ruang ganti dia adalah seorang profesional yang fenomenal," ujar Moratti, seperti dilansir Football Italia, Sabtu (8/5/2021). 

 

2 dari 3 halaman

Bisa Bersikap Tenang

Permalukan Manchester United, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala FA
Antonio Conte (kanan) dan Jose Mourinho. (AFP/Glyn Kirk)

“Misalnya, selama pertandingan dengan AC Milan kami mendapat kartu merah Wesley Sneijder sebelum jeda. Ada kekacauan di San Siro, saya pergi ke ruang ganti pada saat jeda dan ada keheningan yang luar biasa. Dia sangat tenang," imbuh Moratti. 

Moratti kaget. Padahal saat itu ia menduga Mourinho akan meledak-ledak di ruang ganti. 

“Tadinya saya mengira dia akan marah besar kepada wasit. Dia malah menenangkan para pemain agar bisa menghadapi pertandingan dengan percaya diri, tidak merasa sudah jadi korban. Pada akhirnya, kami menang," urai Moratti. 

“Conte kurang lebih mirip dengan Mourinho dalam hal itu. Mereka berdua adalah pekerja keras. Conte memiliki karakter yang sangat kuat. Dia berhasil mengisolasi skuad dan melampaui kontroversi atau masalah klub untuk membuat mereka tetap fokus," imbuh Moratti. 

Sumber: Football Italia 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓