Sukses


Andre Pirlo di Ujung Jurang Ancaman Pemecatan, 10 Pelatih Ini Masuk Radar Incaran Juventus

Bola.com, Jakarta - Juventus saat ini sedang mengalami masa yang suram. Si Nyonya Tua kehilangan gelar Serie A dan juga terancam absen di Liga Champions. Andrea Pirlo tinggal tunggu waktu dipecat sebagai pelatih.

Bianconeri baru saja menelan kekalahan 0-3 dari AC Milan dalam ajang Serie A, Senin (10/5/2021) dini hari. Kekalahan itu membuat Juventus terlempar ke posisi lima di klasemen.

Juventus kini berisiko kehilangan posisi empat besar pada akhir musim. Mereka terancam tidak akan bermain di Liga Champions musim depan.

Kondisi ini membuat Pirlo berada dalam tekanan besar. Mantan gelandang timnas Italia itu bisa dipecat dan bisa gantikan pelatih lain.

Lantas, jika Pirlo dan Juventus harus berpisah, siapa yang bisa jadi penggantinya? Berikut ini daftarnya.

Video

2 dari 11 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane saat ini masih menangani Real Madrid. Kontrak pelatih asal Prancis itu di Santiago Bernabeu akan habis pada 2022 mendatang.

Namun, masa depan Zidane bersama Real Madrid tengah diragukan. Zidane kabarnya bisa dipecat jika Los Blancos gagal menjuarai La Liga pada akhir musim.

Zidane sendiri punya reputasi yang mentereng bersama Real Madrid. Dia berhasil menjuarai dua gelar La Liga dan tiga Liga Champions.

3 dari 11 halaman

Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso saat ini berstatus sebagai pelatih Napoli. Dia telah berada di klub tersebut sejak menggantikan Carlo Ancelotti pada 11 Desember 2019.

Sejak memimpin, mantan bos AC Milan itu telah membimbing Napoli meraih gekar Coppa Italia pada 2019/2020. Itu merupakan trofi pertama klub sejak 2014.

Kontrak Gattuso bersama Napoli bakal berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang. Namun, sang pelatih kabarnya akan berpisah dengan klub pada akhir musim.

  

4 dari 11 halaman

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri saat ini sedang tidak terikat kontrak dengan klub mana pun. Dia masih menganggur setelah meninggalkan Juventus pada 2019 lalu.

Allegri sebelumnya menangani Juventus selama lima tahun. Mantan pelatih AC Milan itu berhasil mempersembahkan 11 trofi selama bekerja di Allianz Stadium.

Dari 11 trofi itu, lima di antaranya merupakan gelar Serie A. Hebatnya, lima gelar itu dimenangkan Allegri bersama Juventus secara beruntun.

5 dari 11 halaman

Gian Piero Gasperini

Gian Piero Gasperini menunjukkan kinerja yang bagus bersama Atalanta. Dia berhasil menjadikan La Dea sebagai salah satu tim yang cukup disegani di Italia.

Gasperini dikenal dengan gaya permainan menyerang. Gaya permainan ini membuat Duvan Zapata dkk tampil menghibur dan juga mencetak banyak gol.

Atalanta tercatat sebagai tim tersubur di Serie A musim ini. Mereka juga mampu membuat kejutan dalam ajang Liga Champions selama dua musim terakhir.

6 dari 11 halaman

Joachim Loew

Joachim Loew akan mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Jerman setelah Piala Eropa 2021. Setelah itu dia siap mencari tantangan baru dalam kariernya.

Loew menangani Timnas Jerman sejak tahun 2006 silam. Ketika itu, pria berusia 61 tahun tersebut menggantikan posisi Jurgen Klinsmann.

Selama 15 tahun menukangi Der Panzer, Low telah menghadirkan prestasi gemilang. Salah satunya adalah gelar Piala Dunia 2014.

7 dari 11 halaman

Luciano Spalletti

Luciano Spalletti memiliki pengalaman melatih sederet tim papan atas Italia. Itu termasuk AS Roma dan Inter Milan.

Kinerja Spalletti di Inter tak buruk-buruk amat. Dia mampu mengantarkan Nerazzurri lolos ke Liga Champions dalam dua musim.

Namun, Spalletti pernah memenangkan dua trofi Coppa Italia dan satu gelar Supercoppa Italiana bersama Roma. Dia juga memenangkan dua gelar Liga Rusia bersama Zenit St Petersburg.

8 dari 11 halaman

Simone Inzaghi

Sejak memutuskan untuk menekuni karier sebagai pelatih profesional, sejauh ini Simone Inzaghi hanya pernah menangani Lazio. Dia menangani Biancocelesti dari akademi hingga tim utama.

Meski demikian, prestasi Inzaghi cukup membanggakan. Dia sukses membawa Lazio juara Coppa Italia musim 2018/2019 serta kembali tampil di Liga Champions setelah sekian lama absen.

Kontrak Inzaghi di Olimpico akan berakhir pada 30 Juni 2021. Namun, proses negosiasi perpanjangan kontraknya di Lazio belum menemui titik terang.

9 dari 11 halaman

Hansi Flick

Hansi Flick diangkat sebagai pelatih Bayern Munchen pada November 2019. Dia kala itu posisi Niko Kovac di Allianz Arena yang dipecat.

Dalam waktu singkat, Flick meraih kesuksesan besar selama menukangi Bayern. Dia telah berhasil mempersembahkan tujuh gelar termasuk dua titel Bundesliga dan satu Liga Champions.

Namun, kebersamaan Flick dengan Bayern akan segera berakhir. Dia sudah memutuskan untuk meninggalkan klub pada akhir musim.

  

10 dari 11 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde punya prestasi yang bagus bersama Barcelona. Dia pernah memenangkan dua gelar La Liga, satu Copa del Rey dan satu Supercopa de Espana.

Namun, Valverde kemudian harus angkat kaki dari Camp Nou pada 13 Januari 2020. Sejak saat itu dia masih belum kembali ke pinggir lapangan.

Sebelum menangani Barcelona, Valverde sukses mempersembahkan tiga gelar Liga Yunani dan dua Piala Yunani. Dia juga mengangkat Supercopa de Espana bersama Athletic Bilbao.

11 dari 11 halaman

Roberto De Zerbi

Selain Atalanta, Sassuolo merupakan tim kuda hitam di Serie A musim ini. Roberto De Zerbi adalah sosok di balik permainan menyerang Sassuolo.

Sejak menggantikan Giuseppe Iachini pada 2018, De Zerbi mampu membawa Sassuolo bicara banyak di Serie A. Dia berhasil membantu klub bertengger di urutan ke-8 pada musim ini.

Meski demikian, rapor De Zerbi belum benar-benar mentereng. Dia tidak pernah menangani klub besar dan hanya menukangi Darfo Boario, Foggia, Palermo dan Benevento sebelum datang ke Sassuolo.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 10/5/2021)

Video Populer

Foto Populer