Sukses


Daftar 10 Kiper Terbaik Dunia Versi France Football, Gianluigi Buffon Nomor Berapa Hayo?

Bola.com, Jakarta - Tidak diragukan lagi bahwa Gianluigi Buffon punya karir gemilang di Juventus dan timnas Italia. Namun, dia bukan penjaga gawang terbaik nomor satu versi majalah sepak bola asal Prancis, France Football.

Saat ini, sudah banyak penjaga gawang dengan status sebagai pemain pilar di tim yang berkompetisi di kancah Eropa. Sebut saja Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson Moraes (Manchester City), menjadi yang terbaik di Premier League.

Kemudian Jan Oblak (Atletico Madrid) dan Marc Andre Ter Stegen (Barcelona) berstatus kiper kelas dunia di La Liga. Sementara, di Bundesliga ada Manuel Nuer yang memperkuat Bayern Munchen.

Selain nama-nama tersebut tentunya masih banyak kiper terbaik. Sulit untuk mengetahui siapa yang paling baik di antara banyak pilihan dengan kemampuan hampir sama.

Namun, baru-baru ini penyelenggara Ballon d'Or, France Football, mengungkap kiper-kiper terbaik sepanjang masa. Dalam daftar itu, hanya beberapa saja kiper yang masih aktif.

Siapa saja kiper tersebut? Berikut ini Bola.com merangkumnya, 10 kiper terbaik sepanjang masa versi France Football.

Video

2 dari 11 halaman

1. Lev Yashin

France Football menobatkan Lev Yashin sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Kiper berjuluk Spider itu menjadi satu-satunya penjaga gawang yang berhasil memenangi gelar individu bergengsi, Ballon d'Or.

Penghargaan elite tersebut didapat Yashin pada 1963 atau tiga tahun setelah mengantarkan Uni Soviet juara Piala Eropa.

3 dari 11 halaman

2. Gordon Banks

Gordon Banks dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik FIFA selama enam musim beruntun, yakni sejak 1966 hingga 1971.

Satu di antara penampilan terbaik Banks ialah saat melakukan penyelamatan menakjubkan dari ancaman striker legendaris Brasil, Pele, di Piala Dunia 1970.

4 dari 11 halaman

3. Dino Zoff

Dino Zoff merupakan pemain tertua yang pernah memenangi Piala Dunia, yakni pada edisi 1982. Zoff yang kala itu didapuk menjadi kapten sudah berusia 40 tahun, 4 bulan, dan 13 hari.

Total 112 penampilan dicatatkan Zoff bersama Timnas Italia. Sementara torehan Zoff di level klub bersama Juventus ialah berhasil memenangi enam gelar scudetto.

5 dari 11 halaman

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon bisa dibilang kiper terbaik pada abad ke-21. Buffon pernah meraih gelar di level timnas dan memenangi banyak trofi di level klub bersama Juventus.

Selain catatan bersama tim, eks kiper Parma itu juga memiliki torehan individu yang cukup bagus. Tahun lalu, Buffon memecahkan rekor Paolo Maldini dengan melakoni 650 laga di Liga Italia sejak debut bersama Parma pada November 1995. Ia menjadi pemain pertama yang mencapai rekor itu.

Kemudian Buffon juga mampu menorehkan catatan tak kebobolan terlama di Serie A, yakni selama 974 menit.

Buffon baru saja mengantarkan Juve menjuarai Coppa Italia 2020/2021. Namun, ia memutuskan untuk meninggalkan Juventus pada akhir musim ini.

6 dari 11 halaman

5. Manuel Neuer

Manuel Neuer merupakan pemain yang kembali memperkenalkan peran sweeper kiper. Jadi, Neuer tak hanya diam di bawah mistar, tetapi juga tak ragu meninggalkan area gawang untuk menyapu bola yang datang.

Performa apiknya membuat Neuer pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik versi IFFHS pada 2013, 2014, 2015, dan 2016.

7 dari 11 halaman

6. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel pernah meraih juara di tiga liga berbeda, yakni Denmark, Portugal, dan Inggris. Tak banyak pemain yang mengesankan seperti Schmeichel.

Satu di antara momen terbaik Schemeichel ialah katika didaulat menjadi kapten saat Manchester United meraih treble pada 1999.

8 dari 11 halaman

7. Sepp Maier

Sepp Maier menghabiskan karier profesionalnya bersama Bayern Munchen. Total 536 penampilan dicatatkan Maier bersama Die Rotten.

Adapun gelar yang pernah diraih Maier ialah tiga trofi Piala Eropa secara beruntun bersama Bayern Munchen. Di level negara, Maier pernah menjuarai Piala Dunia.

9 dari 11 halaman

8. Iker Casillas

Iker Casillas merupakan kiper nomor satu yang pernah dimiliki Spanyol. Secara khusus, Casillas tampil luar biasa pada rentang 2008-2012.

Hal tersebut ia dibuktikan saat memperkuat Real Madrid dan Timnas Spanyol. Khusus saat berkostum El Real, Casillas berhasil mempersembahkan lima gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions.

10 dari 11 halaman

9. Edwin van der Sar

Kiper asal Belanda, Edwin van der Sar, pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik Eropa pada 1995 dan 2009. Penghargaan terakhir tersebut menunjukkan usia tak menghalangi kariernya.

11 dari 11 halaman

10. Peter Shilton

Sepanjang kariernya Peter Shilton memainkan 1.390 pertandingan yang dicatatkan sejak 1966 hingga 1997. Catatan individu tersebut masuk rekor penampilan paling kompetitif.

Sumber: Give Me Sports

Video Populer

Foto Populer