Sukses


8 Figur Kunci Chelsea hingga Bisa Menembus Final Liga Champions, Senjata Melumat Manchester City

Bola.com, Jakarta - Final Liga Champions 2020-2021 mempertemukan Manchester City kontra Chelsea akan digelar di pada hari Minggu (30/5/2021). Dua klub asal Inggris tersebut akan berebut gelar juara pada laga di Estadio do Dragao, Porto, Portugal.

Manchester City sampai di final pertamanya ini setelah menjuarai Grup C. Sesudah itu, pasukan Josep Guardiola berturut-turut menyingkirkan Borussia Monchengladbach (agregat 4-0), Borussia Dortmund (4-2), dan finalis musim lalu PSG (4-1).

Sementara itu, Chelsea menjuarai Grup E bersama Frank Lampard. Setelah itu, bersama Thomas Tuchel, mereka mengeliminasi Atletico Madrid (agregat 3-0), Porto (2-1), dan sang raja kompetisi Real Madrid (3-1).

Di balik kisah sukses Chelsea lolos ke final, ada beberapa sosok yang punya peran penting bagi klub. Mereka tampil apik sejak fase grup untuk The Blues. Siapa saja mereka?

Video

2 dari 9 halaman

Timo Werner

Timo Werner buluk? Tunggu dulu.

Lihat penampilan Timo Werner di Liga Champions. Timo Werner tampil pada 11 laga, hanya dua kali sebagai pengganti. Timo Werner pun tampil bagus dengan mencatatkan empat gol dan dua assist.

Werner memang melewatkan satu peluang emas pada leg pertama babak semifinal lawan Real Madrid. Tapi, dia menebusnya pada leg kedua. Werner mencetak gol yang amat penting dan akhirnya turut membantu Chelsea lolos ke final Liga Champions.

3 dari 9 halaman

Edouard Mendy

Edouard Mendy memberi dampak besar bagi Chelsea, terutama di Liga Champions. Dia hanya sekali absen dari 12, itu pun pada laga yang tidak lagi menentukan di fase grup.

Mendy melakukan banyak aksi gemilang di laga semifinal, lawan Real Madrid. Dari 11 laga, Mendy hanya kebobolan tiga gol saja. Mendy tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol per laga dan punya catatan delapan laga nirbobol.

4 dari 9 halaman

Cesar Azpilicueta

Azpilicueta menjadi pemain dengan menit bermain terbaik ketika untuk Chelsea di Liga Champions. Sang kapten membuktikan bahwa dia punya andil besar bagi sukses The Blues lolos ke final.

Azpilicueta tampil bagus di lini belakang Chelsea. Dia hanya mendapat satu kartu kuning, walau banyak melakukan pelanggaran. Pemain 31 tahun benar-benar jadi andalan di sisi kanan pertahanan Chelsea.

  

5 dari 9 halaman

N'Golo Kante

N'Golo Kante jadi satu-satunya pemain yang tampil pada 12 laga Chelsea di Liga Champions musim ini. Tidak semua sebagai pemain inti, tetapi dia tidak pernah absen sejak laga fase grup.

Penampilan terbaik Kante tersaji pada laga semifinal, melawan Real Madrid. Kante punya determinasi yang luar biasa dan sukses membuat trio lini tengah Real Madrid tidak berkutik melawannya.

6 dari 9 halaman

Mason Mount

Mount menunjukkan performa yang bagus pada fase gugur. Dia mencetak masing-masing satu gol ke gawang Porto dan Real Madrid. Sebuah gol yang sangat penting bagi langkah The Blues menuju ke final.

Mount adalah pemain yang sangat fleksibel. Dia bisa memainkan banyak peran di lini tengah dengan baik. Hal inilah yang membuat Mount selalu jadi andalan, baik pada era Tuchel maupun Lampard.

7 dari 9 halaman

Jorginho

Seperti Mendy, Jorginho juga hanya sekali absen dari 12 laga yang dimainkan Chelsea di Liga Champions. Catatan ini rasanya cukup untuk menjadi bukti betapa pemain asal Italia sangat penting.

Jorginho mencetak satu gol di Liga Champions. Pemain 29 tahun mencetak gol dari titik putih pada laga melawan Krasnodar di fase grup. Gol ini membuat Chelsea terhindar dari kekalahan.

8 dari 9 halaman

Olivier Giroud

Berbeda dengan enam nama yang sudah dibahas di atas, Giroud punya berbeda. Giroud bukan pemain yang selalu masuk starting XI, tetapi dia bisa memberi dampak ketika dimainkan pada babak kedua.

Giroud kini menjadi top skor bagi Chelsea di Liga Champions. Pemain asal Prancis itu mencetak enam gol, empat di antaranya tercipta ke gawang Sevilla. Lalu, ada satu gol yang sangat vital ketika menang 1-0 atas Atletico Madrid.

9 dari 9 halaman

Frank Lampard

Mustahil menimpakan semua pujian atas sukses Chelsea lolos ke final Liga Champions pada Thomas Tuchel. Sebab, ada jasa besar Frank Lampard yang memimpin Chelsea lolos dari fase grup.

Chelsea tampil meyakinkan di fase grup. Lampard membawa The Blues lolos dengan status juara Grup E. Chelsea meraih 14 poin hasil empat kemenangan dan dua kali imbang. Chelsea juga hanya kebobolan dua gol dari enam laga.

So, kalau nanti juara, jangan lupa Lampard ya!

Sumber asli: Bola

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 28/5/2021)

Video Populer

Foto Populer