Sukses


Tambahan Trofi Liga Champions Bikin Chelsea Tim Terbaik Inggris Dalam Dua Dekade, No Debate!

Bola.com, Jakarta - Liverpool dan Manchester United boleh berebut titel klub paling sukses di Inggris. Namun, jika yang dihitung adalah raihan trofi dalam 20 tahun terakhir, maka Chelsea adalah yang tersukses.

Chelsea baru saja menjadi juara Liga Champions musim 2020/2021. Pada laga final, The Blues menang dengan skor 1-0 atas Manchester City. Laga final digelar di Estadio Do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.

Chelsea menang lewat gol tunggal Kai Havertz pada menit ke-42. Pemain termahal dalam sejarah Chelsea itu mencetak gol usai menerima umpan yang dilepas Mason Mount.

Jika patokannya adalah gelar yang diraih sepanjang masa, maka Liverpool dan Manchester United masih yang terbaik. Akan tetapi, jika hitungannya adalah prestasi terkini, maka Chelsea harus dihitung.

Chelsea berkembang pesat pada dua dekade terakhir. Gelar juara Liga Champions musim 2020/2021 ini adalah gelar ke-17 yang didapat Chelsea dalam 20 tahun terakhir.

Chelsea sekaligus menjadi klub dengan raihan gelar paling banyak di Liga Inggris. Sekali lagi, jika yang dihitung hanya capaian dalam 20 tahun terakhir. Chelsea unggul dari Man City yang mendapat 13 gelar.

Manchester United yang punya kisah romantis pada awal 2000-an bersama Sir Alex Ferguson juga punya 13 gelar juara. Sedangkan, Arsenal dan Liverpool sama-sama punya sembilan gelar juara dalam 20 tahun terakhir.

Video

2 dari 2 halaman

Faktor Roman Abramovich

Kejayaan Chelsea tidak lepas dari sosok Roman Abramovich. Sebab, sejak dibeli tapian Rusia itu pada 2003, Chelsea segera menjadi tim super dengan gelontoran dana sangat besar untuk membeli pemain.

Di bawah kendali Abramovich, The Blues telah meraih lima gelar Premier League dan Piala FA. Bukan hanya itu, mereka juga punya dua gelar Liga Champions dan Liga Europa.

Selain itu, masih ada tiga gelar Piala Liga yang masuk dalam koleksi museum Chelsea. Raihan gelar The Blues bisa jadi lebih banyak andai gelar Community Shield juga masuk dalam hitungan.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 30/5/2021)

Video Populer

Foto Populer