VIDEO: 5 Gol Tak Terduga Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland di Bundesliga 2020/2021

Oleh Okie Prabhowo pada 01 Jun 2021, 16:07 WIB
Diperbarui 01 Jun 2021, 16:07 WIB

Bola.com, Jerman - Erling Haaland menorehkan total 27 gol sepanjang musim 2020/2021 di Bundesliga. Namun, terdapat 5 gol dari bintang Borussia Dortmund tersebut yang bisa disebut "tak terduga" berdasarkan statistik yang dihadirkan AWS (Amazon Web Services).

Bundesliga melakukan kerja sama dengan AWS. Liga strata teratas di Jerman tersebut menggunakan kecerdasan buatan (AI) AWS, pembelajaran mesin (ML), analitik, komputasi, database, dan layanan penyimpanan untuk memberikan statistik waktu nyata dalam memprediksi permainan dan hasil pertandingan di masa depan, berdasarkan situs AWS.

Salah satu hasilnya adalah menentukan tingkat probabilitas sebuah gol bisa terjadi. Erling Haaland memiliki 5 gol yang bisa masuk dalam kategori "tidak terduga" karena tingkat kemungkinannya tersebut.

Salah satu gol Haaland yang masuk dalam kategori "tidak terduga" yaitu saat ia membobol gawang Schalke pada pekan ke-22 Bundesliga, atau tepatnya 21 Februari 2021. Gol pertama Haaland dalam pertandingan tersebut yang tercipta pada babak pertama, menit ke-45.

Haaland menerima bola hasil umpan lambung Jadon Sancho dari luar kotak penalti. Bintang asal Norwegia tersebut yang sudah berada di dalam kotak penalti melakukan tendangan menggunting. Bola mendarat ke dalam gawang tim tuan rumah.

Menurut AWS, tingkat probabilitas gol tersebut bisa terjadi hanya 6,3 persen. Namun, gol Erling Haaland tersebut bukan yang berada di peringkat pertama. Hal itu berarti ada yang lebih tidak mungkin. Gol bintang Borussia Dortmund tersebut ke gawang siapakah itu? Kalian bisa menemukan jawabannya dalam tayangan dari Bundesliga di atas.