Cristiano Ronaldo Tak Jadi Dibuang Juventus, Ini 2 Formasi Ideal Sang Raksasa Liga Italia

Oleh Nurfahmi Budi pada 15 Jun 2021, 23:46 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 23:49 WIB
Potret Kemesraan Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez, Setia Kala Suka Maupun Duka
Cristiano Ronaldo bersama kekasihnya, Georgina Rodriguez, berpose usai menghadiri acara MTV Europe Music Awards di Sevilla, Spanyol (3/10/2019). (AFP/Cristina Quicler)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo sedang berjuang keras membela Timnas Portugal di pentas Piala Eropa 2020. Namun, ia tetap menjadi magnet utama pada pergerakan bursa transfer pemain musim panas 2021.

Gazzetta.it merilis fakta, Cristiano Ronaldo masih menjadi jualan 'paling seksi'. Artinya, masa depan CR7 selalu menjadi tanda tanya sekaligus menarik ditunggu jawaban, meski belum ada komentar resmi dari pihak manajemen sang bintang dan Juventus.

Kehadiran Massimiliano Allegri menimbulkan teka-teki, apakah Juventus akan membuang Cristiano Ronaldo atau justru menahannya di Allianz Stadium. Tuttosport.it mengonfirmasi, para petinggi Juventus dan Max Allegri kemungkinan besar akan memertahankan eks Real Madrid dan Manchester United tersebut, minimal sampai 2023.

Nah, sosok Allegri menjadi payung utama jika Cristiano Ronaldo bertahan di raksasa Liga Italia tersebut. Kondisi tersebut tak mengherankan, karena desas-desu formasi Allegri musim depan bakal menyediakan tempat bagi CR7.

Gazzetta.it, Selasa (15/6/2021) memberikan gambaran dua opsi formasi ideal Juventus di tangan Massimiliano Allegri dengan keberadaan Cristiano Ronaldo. Format pertama adalah mengadopsi 4-2-3-1.

Pola 4-2-3-1 membuat Cristiano Ronaldo bisa memiliki dua peran, meski fungsi utama ada di belakang si nomor 9. Bisa saja, Cristiano Ronaldo akan bekerja sama dengan Paulo Dybala dan Federico Chiesa guna menyokong Alvaro Morata.

Nah, andai Morata keluar, Cristiano Ronaldo akan berstatus target man. Sosok Dejan Kulusevski hampir pasti bakal mengisi ruang pelayanan bagi si nomor 7.

 

2 dari 3 halaman

Pilihan 4-3-3

FOTO: Cristiano Ronaldo Cemerlang, Juventus Pesta Gol ke Gawang Udinese
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi bersama Paulo Dybala usai mencetak gol ke gawang Udinese pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu (3/1/2021). Juventus menang dengan skor 4-1. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Formasi logis kedua Juventus adalah 4-3-3. Sekali lagi, Cristiano Ronaldo akan memainkan peran lebih melebar dari sisi kiri, sebuah tempat yang terbiasa menjadi area operasinya.

Pada sistem ini, teman Cristiano Ronaldo tak lain adalah Alvaro Motara dan Paulo Dybala. Trisula ini bisa semakin menggila jika di belakang ada Federico Chiesa dan sang incaran, Manuel Locatelli.

Sayang, sampai saat ini belum ada gambaran detil dari kubu Juventus tentang peran Cristiano Ronaldo di tangan Massimiliano Allegri. Namun, dua gambaran di atas bisa menjadi patron bagaimana formasi Juventus guna merebut kembali scudetto dan mencoba berjaya di Liga Champions.

3 dari 3 halaman

Video Cristiano Ronaldo

Lanjutkan Membaca ↓