Bantai Peru 4-0 di Copa America, Neymar Segera Salip Rekor Gol Legenda Timnas Brasil Pele

Oleh Gregah Nurikhsani pada 18 Jun 2021, 22:30 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 22:30 WIB
Foto Copa America: Brasil Tak Terbendung, Peru Digilas 4 Gol Tanpa Balas
Tim Selecao sementara kokoh di puncak klasemen Grup B. Neymar dan kawan-kawan selanjutnya akan menghadapi Kolombia pada hari Kamis, 24 Juni 2021. (AP/Silvia Izquierdo)

Bola.com, Jakarta - Neymar begitu emosional usai mencetak golnya yang ke-68 untuk Timnas Brasil dalam kemenangan 4-0 atas Peru pada Jumat WIB di Copa America. Tambahan satu gol membuatnya semakin dekat dengan rekor sepanjang masa yang dibuat oleh legenda Pele.

Dia memperkecil jarak menjadi sembilan gol. Statistik resmi dari FIFA, badan pengatur sepak bola internasional, menempatkan Pele di posisi No 1 untuk Brasil dengan 77 gol. Neymar memiliki 68 setelah ia mencetak gol kedua Selecao melawan Peru.

"Jelas bagi saya bahwa ini adalah kehormatan besar, menjadi bagian dari sejarah Brasil," kata Neymar sambil menangis dalam wawancara yang penuh dengan nada melengking dan jeda panjang setelah kemenangan Brasil di stadion Nilton Santos di Rio.

“Sejujurnya, impian saya adalah bermain untuk Brasil, mengenakan seragam ini. Saya tidak pernah membayangkan saya akan mencapai angka-angka ini."

“Ini sangat emosional bagi saya karena saya melalui banyak hal selama dua tahun terakhir ini, hal-hal yang sulit dan rumit. Angka-angka ini tidak seberapa dibandingkan dengan kebahagiaan yang saya miliki saat bermain untuk Brasil."

Neymar mengalami beberapa cedera, kalah di final Liga Champions bersama Paris Saint-Germain pada 2020, dan harus berurusan dengan tuduhan penyerangan seksual yang kemudian terbukti salah.

 

 

Video

2 dari 3 halaman

Pujian dari Pele

Pesepak Bola yang Merambah ke Dunia Seni Peran
1. Pele - Top skor Brazil sepanjang masa pernah mencicipi dunia perfilman bersama aktor kawakan Sylvester Stallon di film Escape to Victory pada tahun 1981. (AFP/Mauro Pimentel)

Pele, yang telah mengikuti karier Neymar sejak penampilan pertama pemain muda itu di Santos, memublikasikan foto keduanya di Instagram.

“Saya, seperti semua orang Brasil, selalu senang ketika saya melihatnya bermain bola. Hari ini dia memberikan satu langkah lagi menuju rekor gol saya untuk Selecao. Dan saya mendukungnya untuk sampai ke sana, dengan kegembiraan yang sama yang saya miliki sejak saya melihatnya bermain untuk pertama kalinya," kata Pele yang berusia 80 tahun.

Pelatih Brasil Tite tidak menginginkan pemain bintang super, tetapi dia mengatakan Neymar yang berusia 29 tahun itu luar biasa.

“Dia memiliki hal yang sangat pribadi, dia mengembangkan keterampilannya untuk memberikan assist, kaki kanannya, kaki kirinya. Dia menjadi tidak terduga,' kata Tite setelah menang 3-0 melawan Venezuela, Minggu lalu.

"Di situlah lawan takut menekannya lebih keras, mereka bisa memberikan pelanggaran di tempat yang penting. Kami menyusun tim kami sehingga dia bisa ... (menjadi) lebih efisien."

3 dari 3 halaman

Saksikan Copa America 2021 Hanya di Indosiar

Copa America 2021
Copa America 2021 bisa disantap di Indosiar. (dok. Indosiar)

Indosiar semakin memantapkan posisinya sebagai stasiun TV yang terus memanjakan pecinta olahraga sepak bola. Sebelum tayangan eksklusif turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo 2021 bergulir di 20 – 26 Juni 2021, pekan ini Indosiar akan suguhkan kompetisi bergengsi Copa America 2021 pada tanggal 14 Juni hingga 11 Juli 2021.

Copa America 2021 akan mempertemukan 10 negara di zona Conmebol (Amerika Selatan). Sebanyak 10 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing grup terdiri dari lima tim.

Grup A terdiri dari Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela. Sementara Grup B terdiri dari Argentina, Bolivia, Cili, Paraguay, dan Uruguay.

Laga pembuka Copa America 2021 akan langsung mempertemukan timnas Brasil lawan Venezuela. Seniman lapangan hijau Amerika Latin yang merupakan pemain-pemain terbaik dunia seperti Lionel Messi, Sergio Aguerro, Angel di Maria (Argentina), Neymar, Casemiro (Brasil) hingga Juan Cuadrado (Kolombia) dan masih banyak lagi dipastikan akan berlaga pada Copa America 2021.

Indosiar akan menayangkan secara live pertarungan sengit ini dari Stadion Nasional Brasilia mulai pukul 03.45 WIB pada Senin dini hari, 14 Juni 2021. Babak penyisihan akan ditayangkan secara eksklusif oleh Indosiar mulai tanggal 14-29 Juni 2021 dilanjutkan dengan babak perempat final mulai tanggal 3-4 Juli 2021.

Pertandingan akan semakin memanas di babak semifinal yang akan tayang tanggal 6-7 Juli 2021, serta perebutan peringkat tiga pada tanggal 10 Juli 2021. Tanggal 11 Juli 2021 menjadi penentu peraih gelar juara di babak final Copa America 2021. Akankah Brasil dapat mempertahankan gelarnya sebagai juara Copa America 2019 atau juara baru akan lahir di babak final yang tayang di Indosiar pada tanggal 11 Juli 2021?

Lanjutkan Membaca ↓
Hasil Lengkap Matchday 5 Liga Champions, Manchester United dan Chelsea Raih Kemenangan