Sukses


Starting XI Pemain Free Agent Bertabur Bintang: Dari Lionel Messi, Juan Mata, hingga Sergio Ramos

Bola.com, Jakarta - 1 Juli 2021 menandakan berakhirnya kontrak sejumlah pesepak bola di Eropa. Tak tanggung-tanggung, bintang-bintang seperti Lionel Messi hingga Sergio Ramos resmi berstatus free agent alias tidak memiliki klub.

Mayoritas pemain 'nganggur' karena tidak menemui kata sepakat terkait kontrak baru yang diajukan. Alasannya pun beragam, bisa karena gaji tidak sesuai, atau memang ingin mencoba tantangan baru.

Apa yang menimpa Lionel Messi misalnya, lebih kompleks dari yang kita kira. Pemain yang sejak jerawatan sudah membela Barcelona ini memang telah lama kecewa dengan manajemen klub.

Pada 2020, Messi sebetulnya sudah mengajukan diri untuk memutus kontrak dengan Barcelona. Namun pada akhirnya, ia tetap di Camp Nou menghabiskan sisa satu musim yang berakhir per 30 Juni 2021.

Kemudian ada Gianluigi Donnarumma. Mantan kiper sekaligus kapten AC Milan itu disebut-sebut meminta kenaikan gaji signifikan yang tak disanggupi oleh manajemen klub.

Beberapa pemain lainnya memilih untuk tidak mempublikasikan alasan mengapa mereka enggan memperbarui kontraknya. Sebagian lagi, memang sudah pasrah karena kualitasnya menurun atau ingin pensiun.

Menariknya, musim panas ini, banyak pemain berstatus free agent yang sebenarnya masih bisa dianggap bintang papan atas. Berikut ini Bola.com merangkum starting XI mewah berisikan pemain bebas transfer:

 

Video

2 dari 6 halaman

Kiper

Ada dua kiper yang hingga berita ini turun statusnya masih tanpa klub. Mereka adalah Antonio Mirante dan Gianluigi Donnarumma.

Kabar terkini menyebutkan bahwa Mirante, yang kontraknya habis bersama AS Roma akan bergabung dengan AC Milan, klub yang menariknya kehilangan Donnarumma karena habis kontrak.

Sementara itu, Donnarumma dikabarkan bakal menuju PSG. Padahal ia telah lama diisukan dengan Manchester United dan Real Madrid.

 

3 dari 6 halaman

Bek

Selain Sergio Ramos, ada tiga bek kelas dunia yang juga berstatus pengangguran. Mereka adalah David Luiz, Jerome Boateng, dan Elseid Hysaj.

Selain itu, ada Mehdi Benatia, Martin Caceres, dan Shkodran Mustafi. Semuanya diprediksi bakal memiliki klub dalam kurun waktu kurang dari empat pekan.

 

4 dari 6 halaman

Gelandang

Mungkin nyaris pembaca Bola.com lupa kalau Juan Mata musim lalu masih menjadi bagian dari Manchester United. Namun musim 2021/2022, sepertinya ia bakal pindah klub.

Juan Mata, Alex Texeira, dan Senad Lulic merupakan tiga pemain bintang yang statusnya saat ini free agent.

 

5 dari 6 halaman

Striker

Presiden Barcelona, Joan Laporta, masih optimistis Lionel Messi akan menandatangani ulang kontrak baru di Camp Nou. Tapi setidaknya, untuk saat ini, ia berstatus pengangguran.

Sama seperti Messi, ada si bengal Mario Balotelli. Sosoknya memang kerap gonta-ganti klub, sehingga tidak heran jika mantan striker Manchester City ini hampir tiap musim mesti melewati fase jobless.

Dengan formasi 4-3-3, jika Messi ditempatkan di posisi kanan, maka di kiri ada Franck Ribery, pemain yang musim lalu berkarier di Fiorentina. Eks Bayern Munchen ini telah melewati masa emasnya, namun kualitasnya sepertinya hanya turun sedikit saja.

6 dari 6 halaman

Starting XI

4-3-3: Donnarumma; Ramos, David Luiz, Boateng, Hysaj; Mata, Texeira, Lulic; Messi, Balotelli, Ribery

Video Populer

Foto Populer