Sukses


Taklukkan Kolombia Melalui Adu Penalti, Timnas Argentina Tantang Brasil di Final Copa America 2021

Bola.com, Brasilia - Timnas Argentina berhasil melaju ke final Copa America 2021 setelah mengalahkan Kolombia melalui adu penalti dengan skor 3-2 pada laga yang digelar di Estadio Nacional de Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB. Pemenang harus ditentukan melalui adu penalti setelah kedua tim bermain 1-1 pada waktu normal.

Timnas Argentina akan menghadapi Brasil pada laga final Copa America yang digelar di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Brasil melaju ke final usai menyingkirkan Peru dengan 1-0.

Pada pertandingan melawan Kolombia, Timnas Argentina hanya butuh waktu tujuh menit untuk membuka keunggulan. Lautaro Martinez mencetak gol setelah memaksimalkan umpan Lionel Messi.

Semenit berselang, Kolombia berusaha bereaksi melalui Juan Cuadrado. Namun, bola hasil sepakan kaki kanannya masih bisa ditangkap kiper Argentina kawalan Emiliano Martinez.

Memasumi menit ke-37, Argentina kembali mendapatkan tekanan dari Kolombia. Sundulan Yerry Mina masih mampu diselamatkan mistar gawang sehingga keluar lapangan.

Timnas Argentina berusaha mencari gol tambahan melalui Nicolas Gonzalez pada menit ke-44. Namun, bola sundulannya setelah memaksimalkan umpan silang Messi masih bisa ditangkap kiper Kolombia kawalan David Osipina. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki paruh kedua laga, Kolombia berusaha mengambil inisiatif serangan lebih dulu melalui Luiz Diaz. Namun, bola hasil sepakannya ke pojok kanan gawang Timnas Argentina masih bisa ditangkap kiper.

Timnas Kolombia akhirnya memecah kebuntuan melalui Luis Diaz pada menit ke-61. Memaksimalkan umpan Edwin Cardona, Luis Diaz melepaskan tembakan kaki kanan dari sudut sempit dan bersarang di pojok kanan gawang.

Gol itu memacu semangat juang Timnas Kolombia. Pada menit ke-67, giliran Davinson Sanchez yang menekan melalui sundulan meski berhasil ditangkap Martinez.

Tiga menit berselang, Timnas Argentina balik menekan melalui Angel Di Maria. Namun, tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap Ospina.

Memasuki menit ke-85, Nicolas Tagliafico menyianyiakan peluang Argentina untuk kembali unggul. Bola hasil sepakannya masih melebar dari sasaran. Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang sehingga laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Tiga dari empat eksekutor tendangan penalti Timnas Argentina melakukan tugasnya dengan sukses. Mereka adalah Lionel Messi, Leandro Paredes, dan Lautaro Martinez, sedangkan Rodrigo De Paul gagal.

Adapun dua dari lima eksekutor Kolombia yang sukses melakukan tugasnya adalah Juan Cuadrado dan Miguel Borja. Sementara itu, Davinson Sanchez, Yerry Mina, dan Edwin Cardona gagal. Timnas Argentina akhirnya memenangi drama adu penalti dengan skor 3-2.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Argentina (4-3-3): Emiliano Martínez (kiper), Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Nahuel Molina (belakang), Giovani Lo Celso, Guido Rodriguez, Rodrigo De Paul (tengah), Nicolas Gonzalez, Lionel Messi, Lautaro Martinez (depan)

Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)

Timnas Kolombia (4-4-2): David Ospina (kiper), William Tesillo, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Daniel Munoz (belakang), Luis Diaz, Gustavo Cuellar, Wilmar Barrios, Juan Cuadrado (tengah), Duvan Zapata, Santos Borre (depan)

Pelatih: Reinaldo Rueda (Kolombia)

Video Populer

Foto Populer