Fakta Argentina Vs Brasil di Final Copa America 2021: Banyak Teman Jadi Musuh Dulu

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Jul 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 10 Jul 2021, 20:30 WIB
Copa America - Brasil Vs Argentina - Neymar Vs Lionel Messi
Copa America - Brasil Vs Argentina - Neymar Vs Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Final Copa America 2021 segera digelar dalam hitungan jam ke depan. Dua tim terbaik di Amerika Selatan, Argentina dan Brasil, bakal saling menyerang di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Banyak pemain dari kedua belah pihak akan berhadapan dengan rekan setim atau mantan rekan setimnya di level klub, harus melupakan dulu persahabatan mereka demi gelar juara.

Argentina dan Brasil sejak awal turnamen digelar memang telah memperlihatkan potensi untuk bisa menjuarai Copa America 2021 ini.

Kedua tim sama-sama lolos ke fase knockout sebagai juara grup dengan torehan tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Setelah itu, Argentina dan Brasil meraih kemenangan dengan cara yang berbeda untuk melangkah hingga final.

Brasil melangkah ke final dengan kemenangan tipis 1-0 dalam dua pertandingan, yaitu saat menghapi Chile di perempat final dan Peru di semifinal. Sementara itu, Argentina menang telak 3-0 atas Ekuador pada perempat final dan menang atas Kolombia melalui drama adu penalti di semifinal.

Kini Brasil, yang berstatus sebagai juara bertahan Copa America dan tuan rumah pada edisi ini, bakal menghadapi Argentina yang adalah seteru abadi mereka.

Panggung pertandingan puncak telah rapi, dan para pemain dari kedua belah pihak sudah siap memperlihatkan yang terbaik untuk menjadi juara.

Satu yang menarik, beberapa pemain dari kedua belah pihak memiliki sahabat atau rekan setim di level klub yang bermain untuk tim yang akan mereka hadapi.

Persahabatan tersebut harus dilupakan sejenak, mungkin selama 90 menit atau 120 menit, atau setidaknya sampai adu penalti jika memang dibutuhkan untuk menentukan pemenang sekaligus juara Copa America 2021.

Bola.com kali ini mengulas, pemain-pemain yang harus menghadapi sahabat atau rekan setim mereka di Copa America 2021 ini.

Video

2 dari 4 halaman

Neymar Hadapi Angel Di Maria dan Leandro Paredes, Plus Lionel Messi

Foto Copa America: Tak ada Suarez, 5 Penyerang Tertajam di Turnamen CONMEBOL Copa America 2021 Sejauh ini
Neymar bisa dibilang pemain terbaik Brasil sejauh ini. Terbukti dirinya telah membukukan dua gol dan dua assist dari tiga pertandingan yang telah dilalui. Saat ini Brasil semakin mantap di posisi teratas klasemen sementara Grup B Copa America 2021 dengan torehan 9 poin. (Foto: AFP/Mauro Pimentel)

Bintang Timnas Brasil, Neymar, adalah pemain yang harus menghadapi tiga temannya sekaligus yang memperkuat Argentina di Copa America 2021.

Neymar yang sejauh ini sudah mengemas dua gol untuk Brasil di Copa America 2021, bakal menghadapi dua temannya sesama pemain Paris Saint-Germain, Angel Di Maria dan Leandro Paredes.

Tidak hanya dua rekannya sesama pemain PSG, Neymar juga akan menghadapi mantan rekan setimnya di Barcelona yang juga tandemnya ketika berjaya di Camp Nou, Lionel Messi.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya menjadi Neymar, menjadi tulang punggung timnya untuk menjadi juara di Copa America 2021 tapi harus menghadapi tiga sahabatnya sekaligus untuk bisa mendapatkan gelar juara itu.

3 dari 4 halaman

Sergio Aguero Berjumpa Gabriel Jesus dan Ederson

Foto Copa America: Lionel Messi Borong Dua Gol, Argentina Gilas Bolivia
Argentina yang dihuni para pemain bintang tampil menyerang sejak menit awal. Mereka langsung memperoleh peluang ketika laga baru berjalan empat menit melalui kerja sama Alejandro Gomez Sergio Aguero. (AP/Bruna Prado)

Tidak berbeda dengan Neymar, striker Argentina, Sergio Aguero, juga akan berhadapan dengan dua sahabatnya dalam pertandingan final Copa America 2021 ini.

Sergio Aguero memang telah resmi bergabung bersama Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Namun, striker yang baru saja mengantarkan Manchester City menjuarai Premier LEague musim 2020/2021 itu akan berhadapan dengan dua pemain City lainnya, Ederson Moraes dan Gabriel Jesus.

Ederson Moraes adalah kiper yang menjadi andalan Brasil di Copa America 2021 ini, seperti halnya ketika bermain di Manchester City. Sementara Gabriel Jesus merupakan partner Sergio Aguero di lini serang The Citizens.

Tentu akan menarik melihat aksi adu tajam antara Sergio Aguero dan Gabriel Jesus dalam pertandingan final ini. Apalagi Aguero harus bisa membobol gawang Ederson Moraes yang selama ini menjadi penjaga gawang timnya di level klub.

4 dari 4 halaman

Duel Pemain Real Betis dan Aston Villa

Foto Copa America: Aksi Garang Emiliano Martinez yang dapat Pujian dari Lionel Messi Bersama Argentina di Copa America 2021
Menariknya, seluruh tendangan tersebut digagalkan oleh Emiliano Martinez di sisi pojok kiri dari posisinya berdiri menghadapi para pemain Kolombia. (Foto: AFP/Nelson Almeida)

Selain Neymar dan Sergio Aguero yang harus menghadapi begitu banyak sahabat mereka di final Copa America 2021, ada empat pemain dari dua klub yang merupakan sahabat yang harus bertempur dalam pertandingan ini.

Pertama ada dua pemain Real Betis yang akan saling berhadapan dalam pertandingan ini, yaitu Guido Rodriguez yang membela Argentina menghadapi Emerson yang berada di kubu Brasil.

Selain itu, ada dua pemain Aston Villa yang juga akan terlibat dalam pertandingan ini. Emiliano Martinez kiper andalan Argentina yang jadi pahlawan kemenangan dalam drama adu penalti di semifinal Copa America 2021 akan berhadapan dengan rekannya di Aston Villa yang memperkuat Brasil, Douglas Luis.

Menarik untuk melihat siapa di antara para sahabat ini yang pada akhir laga, mungkin setelah 90 menit, 120 menit, atau setelah drama adu penalti, menjadi pemenang sekaligus juara Copa America 2021.

 

Lanjutkan Membaca ↓