Si Manusia Kaca Arjen Robben: Pensiun, Main, Gantung Sepatu Lagi

Oleh Hendry Wibowo pada 16 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 18:15 WIB
Arjen Robben
Ekspresi Arjen Rpbben saat gagal mengeksekusi penalti saat Bayern Muenchen melawan Chelsea di final Liga Champions 2011/2012. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Tidak berlebihan rasanya menyebut Arjen Robben merupakan salah satu winger terbaik yang pernah ada. Hampir semua gelar berhasil diraihnya.

Pada level klub, ia merasakan titel juara Liga Champions 2012/2013 bersama Bayern Munchen. Di Bayern Munchen, ia juga mendapat delapan gelar juara Bundesliga.

Saat memperkuat Chelsea dan Real Madrid, ia turut merasakan titel juara Premier League plus La Liga. Pada 4 Juli 2019, Arjen Robben sempat memutuskan pensiun saat memperkuat Bayern Munchen.

Namun musim 2020/2021, ia memutuskan comeback dengan memperkuat klub profesional pertamanya, Groningen. Tujuannya ia ingin membantu finansial tim yang terdampak COVID-19.

Hanya penampilan Arjen Robben di Groningen tidak berjalan mulus. Dia lebih banyak cedera. Untuk diketahui sepanjang kariernya, ia memang mendapat julukan Si Manusia Kaca lantaran sering cedera.

Terbaru lantaran cedera ini, Arjen Robben memutuskan untuk benar-benar pensiun. "Teman-teman sepak bola, saya telah memutuskan menghentikan karier sepak bola aktif saya," tulis Arjen Robben di Twitter pada Kamis, 15 Juli 2021.

"Pilihan yang sangat sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas semua dukungan yang mengharukan! Salam, Arjen," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Bersama Groningen

FOTO: 7 Pemain yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho
Arjen Robben - Mantan bintang Timnas Belanda ini punya catatan baik saat ditangani dua pelatih hebat ini. Pemain berkaki kidal itu mampu meraih gelar untuk Bayer Munchen bersama Pep Guardiola dan Chelsea bersama Jose Mourinho. (AFP/Christof Stache)

Arjen Robben memang gagal bersinar bersama Groningen di Eredivise Belanda musim 2020/2021. Tercatat Si Manusia Kaca hanya bermain sebanyak enam kali.

Padahal saat uji coba jelang musim 2020/2021, Arjen Robben sempat menyumbangkan satu gol pada laga uji coba kontra Arminia Bielefeld.

Ya meski mendapat julukan buruk, Si Manusia Kaca, Arjen Robben telah membuktikan sebagai salah satu winger terbaik di dunia. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Wawancara Khusus Memphis Depay