5 Striker Top AC Milan yang Diboyong dari Chelsea, Bakal Flop atau Klop Nih?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 22 Jul 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 08:30 WIB
AC Milan - Olivier Giroud, Jimmy Greaves, Fernando Torres
AC Milan - Olivier Giroud, Jimmy Greaves, Fernando Torres (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - AC Milan dikenal sebagai tim yang sering merekrut striker top dari Chelsea. Satu di antaranya adalah Olivier Giroud.

Olivier Giroud resmi hengkang dari Chelsea pada musim panas ini. Dia kemudian bergabung dengan AC Milan dengan harga sangat murah.

Milan disebut harus mengeluarkan biaya senilai 1 juta euro untuk menebus Giroud. Pemain asal Prancis itu dikontrak untuk jangka waktu dua tahun.

Giroud akan menambah kekuatan lini depan Rossoneri. Namun, dia bukan satu-satunya striker yang pernah diboyong Milan dari Chelsea.

Milan memang cukup sering merekrut pemain terutama striker dari Chelsea. Siapa saja mereka?

Berikut 5 penyerang top yang pernah didatangkan AC Milan dari Chelsea.

2 dari 7 halaman

Jimmy Greaves

Jimmy Greaves memperkuat Chelsea selama empat musim pada 1957-1958. Penyerang Inggris ini mencetak 124 gol dari 157 untuk The Blues.

AC Milan memboyong Greaves pada awal musim 1961/1962. Sayangnya, karier Greaves setelah datang ke San Siro tidak berjalan mulus.

Akibat konflik dengan pelatih Nereo Rocco, dia hanya tampil dalam 13 laga dengan koleksi 9 gol. Meski torehan golnya cukup apik, Greaves akhirnya kembali ke Inggris dengan bergabung Tottenham pada Desember 1961.

3 dari 7 halaman

Hernan Crespo

Foto: 5 Penyerang Top yang Direkrut AC Milan setelah sebelumnya Berbaju Chelsea, Olivier Giroud Terbaru
Hernan Crespo. Penyerang Argentina ini bermain untuk Chelsea selama semusim pada 2003/2004. Ia mencetak 12 gol dalam 34 laga. Kedatangan Jose Mourinho membuatnya dipinjamkan ke AC Milan pada awal musim 2004/2005. Ia tampil dalam 40 laga dengan torehan 17 gol dan 3 assist. (Foto: AFP/Paco Serinelli)

Hernan Crespo bergabung dengan Chelsea pada tahun 2003 dari Inter Milan. Dia mencetak 12 gol dari 31 penampilan pada musim pertamanya di Stamford Bridge.

Kedatangan Jose Mourinho membuat Crespo harus meninggalkan klub. Penyerang Argentina itu kemudian dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2004/05.

Crespo mencetak 17 gol dalam 40 pertandingan di semua kompetisi untuk Rossoneri. Dia juga ikut memenangkan Supercoppa Italiana sebelum kembali ke Chelsea.

4 dari 7 halaman

Andriy Shevchenko

Foto: 5 Penyerang Top yang Direkrut AC Milan setelah sebelumnya Berbaju Chelsea, Olivier Giroud Terbaru
Andriy Shevchenko. Penyerang Ukraina ini justru didatangkan Chelsea dari AC Milan pada 2006/2007 setelah 7 musim memperkuat AC Milan. Dua musim di Chelsea, ia hanya mencetak 22 gol dalam 76 laga. Akhirnya ia dilepas sebagai pemain pinjaman ke AC Milan pada 2008/2009. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Andriy Shevchenko memenangkan Ballon d'Or saat bermain di AC Milan. Penyerang Ukraina ini kemudian dibeli Chelsea pada musim 2006/07.

Namun, Shevchenko tak mampu menunjukkan ketajamannya di Premier League. Dua musim d Stamford Bridge, dia hanya mencetak 22 gol dari 76.

Shevchenko akhirnya dilepas ke Milan dengan status pinjaman pada musim 2008/09. Dia cuma mencetak dua gol dari 26 pertandingan sebelum kembali ke Dynamo Kiev.

5 dari 7 halaman

Fernando Torres

FOTO: 7 Striker Nomor Punggung 9 Gagal Bersinar AC Milan
3. Fernando Torres - Nama besar tidak cukup membuatnya bersinar di AC Milan, hanya mencetak satu gol selama membela Rossoneri. (Photo by OLIVIER MORIN / AFP)

Setelah kesulitan di Chelsea, Fernando Torres bergabung dengan AC Milan. Dia datang ke Italia dengan status pinjaman selama dua musim pada awal 2014/15.

Namun, El Nino gagal menemukan kembali penampilan terbaiknya di San Siro. Torres hanya mencetak satu gol dalam tujuh pertandingan di Serie A.

Eks stiker timnas Spanyol itu kemudian meninggalkan Milan pada Januari 2015. Dia kembali ke klub masa kecilnya, Atletico Madrid.

6 dari 7 halaman

Olivier Giroud

Manchester United, Chelsea, Wolverhampton Wanderers
Striker Chelsea, Olivier Giroud, saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Minggu (26/7/2020). Chelsea menang dengan skor 2-0. (Daniel Leal-Olivas/Pool via AP)

Olivier Giroud bermain untuk Chelsea selama tiga setengah musim. Striker Prancis itu didatangkan The Blues dari Arsenal pada Januari 2018.

Giroud mengemas 39 gol dari 119 pertandingan untuk Chelsea. Namun, dia memutuskan meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas 2021.

Giroud merapat ke AC Milan dengan kontrak selama dua tahun. Penyerang asal Prancis itu akan mengenakan nomor punggung 9 di San Siro.

Sumber: Transfermarkt

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Anthony Ginting Vs Gergely Krauz