Gelandang Timnas Malaysia yang Kerap Menyulitkan Timnas Indonesia Idap Kanker Testis

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 27 Jul 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 19:15 WIB
Timnas Indonesia Vs Malaysia
Gelandang Timnas Indonesia, Rizky Pellu, menjaga gelandang Malaysia, Brendan Gan, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Selangor - Kabar buruk bagi Timnas Malaysia dan Selangor FC. Gelandang berusia 33 tahun, Brendan Gan, divonis mengidap kanker testis. Brendan Gan adalah pilar lini tengah Timnas Malaysia sekaligus kapten Selangor FC.

Nama Brendan Gan tidak terlalu awam bagi publik sepak bola Indonesia. Sebab, pemain kelahiran Australia itu bermain impresif ketika Timnas Malaysia dua kali berhadapan dengan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Lewat laman Facebook-nya, Selangor FC mengabarkan bahwa Brendan Gan telah menjalani operasi pengangkatan tumor. Saat ini, kondisinya masih dalam pengawasan tim dokter.

"Dengan berat hati, kami di Selangor FC ingin menginformasikan tentang kondisi kapten tim kami. Sebagai catatan, Brendan Gan mengidap kanker testis," tulis Selangor FC.

"Dia telah berhasil menjalani operasi untuk pengangkatan tumor dan saat ini masih berada di bawah pengawasan tim medis."

"Meski mendapatkan ujian ini, Brendan Gan tetap optimistis dan kuat. Semoga kita semua bisa terus berdoa untuk kesehatan dan memberikan privasi kepadanya selama masa pemulihannya," lanjut pernyataan Selangor FC.

Selangor FC belum dapat memastikan berapa lama Brendan Gan harus beristirahat dan absen membela tim berjulukan Gergasi Merah tersebut.

"Brendan Gan bertekad untuk kembali normal sesegera mungkin dan tidak sabar untuk kembali bersama tim. Seluruh staf Selangor FC mendoakannya agar cepat sembuh dan mengimbau kepada seluruh pendukung untuk mendoakan yang terbaik," demikian informasi dari peserta Liga Super Malaysia itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pernyataan Brendan Gan

Timnas Malaysia vs Timnas Indonesia
Gelandang Timnas Malaysia, Brendan Gan (kuning), berduel dengan striker Timnas Indonesia, Greg Nwokolo, di Stadion Nasional, Bukit Jalil (19/11/2019), dalam laga kelima Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (AFP/STR)

Lewat akun Instagramnya, @brendangan, mantan pemain Sydney FC itu mencoba membagikan aura positif terhadap penyakit yang diidapnya saat ini.

"Kisah hidup saya tidak lain hanyalah hal-hal positif. Bahkan, apa yang disebut negatif telah memberi saya kekauan dan selalu membuat saya menemukan sisi baiknya dalam setiap situasi," tulis Brendan Gan.

"Saya telah didiagnosis dengan kanker testis. Saya telah menjalani operasi dan akan segera menghadapi bagian selanjutnya dari proses pengobatan."

"Saya diberkati punya orang-orang yang mendukung di sekitar saya. Istri saya dan anak saya memotivasi saya untuk menjalani hidup sepenuhnya."

"Keluarga saya yang indah telah berada di sisi saya sepanjang rintangan apapun. Teman-teman saya yang luar biasa yang telah menemani saya apapun yang terjadi dan teman-teman saya di sepak bola."

"Kanker tidak akan mempengaruhi saya. Ini adalah situasi jangka pendek yang akan saya lalui dan kembali ke jalan yang normal yang saya jalani sebelum hidup ini," imbuh Brendan Gan.

Dilansir dari Halodoc, kanker testis adalah penyakit dengan keganasan yang berasal dari sel-sel testis. Umumnya, pengobatan untuk kanker testis dilakukan melalui terapi radiasi dan kemoterapi.

Lanjutkan Membaca ↓