Olimpiade Tokyo 2020: Lumat Arab Saudi, Timnas Brasil Tembus Perempat Final Sebagai Juara Grup

Oleh Rizki Hidayat pada 28 Jul 2021, 17:42 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 18:21 WIB
Timnas Arab Saudi Vs Timnas Brasil
Timnas Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Arab Saudi pada laga terakhir Grup D cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium 2002, Rabu (28/7/2021) sore WIB. (AP Photo/Martin Mejia)

Bola.com, Saitama - Timnas Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Arab Saudi pada laga terakhir Grup D cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020, di Saitama Stadium 2002, Rabu (28/7/2021) sore WIB.

Berkat hasil positif tersebut, Brasil lolos ke perempat final dengan status juara Grup D Olimpiade Tokyo 2020 dengan nilai tujuh. Sementara itu, Arab Saudi berada di dasar grup dengan nol poin.

Nantinya, A Selecao akan berhadapan dengan runner-up Grup C di Saitama Stadium 2002 pada 31 Juli mendatang.

Pertandingan berjalan sengit sejak menit awal. Kedua tim berjaung untuk meraih kemenangan demi mengamankan satu tempat pada fase gugur.

Dalam laga ini, Timnas Brasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-14. Berawal dari sepak pojok Claudinho, Cunha berhasil menanduk bola dengan sempurna sehingga Brasil unggul 1-0.

Arab Saudi tidak berdiam diri saja. Mereka sesekali coba mengancam gawang Brasil melalui serangan balik.

Hingga akhirnya, Timnas Arab Saudi berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-27. Berawal dari tendangan bebas Al-Faraj, Al Amri sukses menanduk bola ke gawang Brasil sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 1-1 mewarnai duel Arab Saudi versus Timnas Brasil pada babak pertama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Paruh Kedua

Timnas Arab Saudi Vs Timnas Brasil
Timnas Brasil meraih kemenangan 3-1 atas Arab Saudi pada laga terakhir Grup D cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium 2002, Rabu (28/7/2021) sore WIB. (AP Photo/Martin Mejia)

Pada babak kedua, kondisi pertandingan tidak banyak berubah. Timnas Brasil lebih dominan dalam melakukan serangan, namun Arab Saudi bermain sabar dan sesekali melakukan serangan balik.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Brasil berhasil mencetak gol pada menit ke-76. Richarlison membobol gawang Al-Bukhari melalui sundulan setelah menerima umpan sundulan dari Bruno Guimaraes.

Pada injury time, Richarlison kembali menambah pundi-pundi golnya. Mendapatkan umpan tarik dari Reinier, penyerang Everton itu melakukan tap in ke gawang Arab Saudi yang kosong, sehingga skor 3-1 bertahan laga berakhir.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

Olimpiade 2020 - Ilustrasi Cabang Olahraga Sepak Bola
Olimpiade 2020 - Ilustrasi Cabang Olahraga Sepak Bola (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Arab Saudi (5-4-1): Al-Bukhari; Al-Shahrani, Hindi, Aldawsari, Al-Amri, Abdulhamid; Al-Dawsari, Al Faraj, Alhassan, Al-Najei; Al Hamdan.

Pelatih: Saad Ali AL Shehri (Arab Saudi)

Timnas Brasil (4-2-3-1): Santos; Arana, Carlos, Nino, Alves; Guimaraes, Henrique; Claudinho, Cunha, Santos; Richarlison.

Pelatih: Andre Jardine (Brasil)

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published: 28/07/2021)

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓