10 Penjualan Termahal Borussia Dortmund, Termasuk Jadon Sancho ke Manchester United

Oleh Rizki Hidayat pada 04 Agu 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 09:45 WIB
Borussia Dortmund - Jadon Sancho, Ousmane Dembele, Christian Pulisic
Borussia Dortmund - Jadon Sancho, Ousmane Dembele, Christian Pulisic (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund merupakan satu di antara klub Jerman yang kerap menjual para pemain bintangnya. Bahkan, beberapa nama dilepas ke klub lain dengan harga yang tak murah.

Yang terbaru adalah Jadon Sancho. Winger Timnas Inggris tersebut dilepas ke klub raksasa Premier League, Manchester United, pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Borussia Dortmund melepas Sancho ke MU dengan biaya transfer sebesar 85 juta euro. Nominal tersebut membuat Sancho masuk jajaran penjualan termahal Die Borussen.

Selain Jadon Sancho, Borussia Dortmund juga pernah menjual pemainnya ke klub lain dengan nilai transfer selangit. Nantinya, dana hasil penjualan pemain tersebut akan digunakan Dortmund untuk membeli pesepak bola muda berkualitas, dan pada pada masa depan bakal dilego dengan harga tinggi.

Lantas, siapa saja pemain yang berstatus penjualan termahal sepanjang sejarah Borussia Dortmund? Berikut ini adalah ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 11 halaman

Paco Alcacer

Dortmund Vs Bayern Munchen
Striker Dortmund, Paco Alcacer, duel udara dengan bek Bayern Munchen, Niklas Sule, pada laga Piala Super DFL di Stadion Signal Iduna, Dortmund, Sabtu (3/8). Dortmund menang 2-0 atas Munchen. (AFP/Ina Fassbender)

Paco Alcacer membela Borussia Dortmund selama dua musim. Dia mencatatkan 26 gol dan empat assist dari 47 penampilan di semua kompetisi untuk Dortmund.

Namun, bomber asal Spanyol tersebut meninggalkan Signal Iduna Park pada tahun 2020. Dia dijual ke Villarreal seharga 23 juta euro.

 

3 dari 11 halaman

Ilkay Gundogan

Dortmund Segera Perpanjang Kontrak Gundogan (udah)
Kontrak Gundogan yang usai pada musim panas 2016 mendatang segera diperpanjang oleh Borussia Dortmund.

Ilkay Gundogan bergabung dengan Borussia Dortmund dari Nurnberg pada tahun 2011. Dia kemudian berhasil mengantarkan klub tersebut meraih gelar Bundesliga dan DFB-Pokal.

Penampilan impresif Gundogan bersama Dortmund membuat Manchester City kepincut untuk memakai jasanya. Gundogan akhirnya pindah ke Premier League pada 2016 dengan transfer 27 juta euro.

 

4 dari 11 halaman

Abdou Diallo

MU Menang di Kandang PSG
Bek Paris Saint-Germain (PSG), Abdou Diallo (kiri) melompat saat berebut bola dengan penyerang Manchester United (MU), Anthony Martial pada matchday pertama Liga Champions Grup H di Parc des Princes, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. MU berhasil mempermalukan tuan rumah PSG 2-1. (FRANCK FIFE / AFP)

Abdou Diallo cuma bermain satu musim di Borussia Dortmund pada musim 2018/2019. Pemain asal Senegal itu mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi.

Diallo akhirnya hengkang ke PSG pada musim berikutnya. Gelandang berusia 25 tahun tersebut datang ke Paris dengan biaya transfer sebesar 32 juta euro.

 

5 dari 11 halaman

Mats Hummels

Umpan Fantastis Bek Dortmund Sukses Berbuah Gol
Video highlights Mats Hummels, bek Borussia Dortmund sukses beri umpan dengan kaki bagian luar yang menghasilkan gol.

Mats Hummels merupakan pemain didikan akademi Bayern Munchen. Namun, pemain belakang asal Jerman itu berkembang pesat saat bermain di Borussia Dortmund.

Bayern kemudian menebus Hummels seharga 35 juta euro pada tahun 2016. Setelah bermain tiga musim di Allianz Arena, Hummels kembali ke Dortmund pada 2019.

 

6 dari 11 halaman

Mario Gotze

Mario Gotze
Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze. (AFP/Daniel Roland)

Mario Gotze menunjukkan performa yang sangat impresif bersama Borussia Dortmund. Bayern Munchen kemudian membajaknya dengan nominal transfer 37 juta euro.

Gotze cuma bertahan di Allianz Arena selama tiga tahun. Setelah kontraknya di Bayern habis, gelandang asal Jerman itu kembali ke Signal Iduna Park.

 

7 dari 11 halaman

Henrikh Mkhitaryan

9 Transfer Pemain Terbaik Jurgen Klopp Selama Berkarir
Henrikh Mkhitaryan - Bersama Kloop, gelandang Armenia ini menjadi sosok yang tepat gantikan Mario Gotze pindah ke Bayern Munchen. Terbukti banyak assist ia ciptakan disetiap pertandingan Dortmund. (AFP/Christof Stache

Henrikh Mkhitaryan enjadi andalan lini serang Dortmund selama tiga musim. Pemain asal Armenia itu membukukan 41 gol dan 49 asisst dalam 140 pertandingan bersama Die Borussen.

Manchester United kemudian menebus Mkhitaryan dari Dortmund dengan biaya sebesar 42 juta euro pada 2016. Bersama Setan Merah, Mkhitaryan hanya mampu mencatatkan 13 gol dan 11 asisst dalam 63 laga.

 

8 dari 11 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

FOTO: 7 Pemain Afrika Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Champion - Pierre-Emerick Aubameyangs, Termasuk Duo Liverpool
Pierre-Emerick Aubameyang. Striker Gabon kelahiran 18 Juni 1989 ini ada di urutan ke-6 dengan mencetak 15 gol untuk Borussia Dortmund. Saat ini masih aktif bermain membela Arsenal yang berlaga di Liga Europa. (AFP/John MacDougall)

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi salah satu striker yang menakutkan di Eropa bersama Borussia Dortmund. Selama lima musim, dia mencatatkan 141 gol dan 36 asisst dari 213 pertandingan.

Setelah bermain di Jerman, Aubameyang pindah ke Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2018. Kepindahannya ke Emirates Stadium memakan biaya transfer sebesar 63,75 juta euro.

 

9 dari 11 halaman

Christian Pulisic

christian pulisic
Gelandang Borussia Dortmund asal Amerika Serikat, Christian Pulisic. (AFP/Patrik Stollarz)

Christian Pulisic menembus tim senior Borrussia Dortmund pada pertengahan musim 2015/2016. Dia kemudian mencatatkan 19 gol dan 26 asisst dari 127 laga bersama Die Borussen.

Dortmund pada akhirnya menjual Pulisic ke Chelsea dengan biaya 64 juta euro. Pemain Amerika Serikat itu baru saja meraih trofi Liga Champions bersama dengan Chelsea.

 

10 dari 11 halaman

Jadon Sancho

FOTO: Dihajar Borussia Dortmund, RB Leipzig Gagal Kudeta Bayern Munchen dari Puncak Bundesliga
Penyerang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga Bundesliga di Stadion Red Bull Arena, Sabtu (9/1/2021). Dortmund menang dengan skor 3-1. (AP/Michael Sohn)

Borussia Dortmund memboyong Jadon Sancho dari Manchester City pada 2015. Selama empat tahun di Signal Iduna Park, Sancho tampil sangat impresif dengan mengoleksi 50 gol dan 64 asis dari 137 pertandingan.

Manchester United pada akhirnya berhasil mendapatkan Sancho di bursa transfer musim panas ini. Dortmund melepasnya ke Old Trafford dengan biaya transfer sebesar 85 juta euro.

 

11 dari 11 halaman

Ousmane Dembele

FOTO: 8 Pesepak Bola Bintang yang Mangkir dari Latihan Pramusim
6. Ousmane Dembele (Borussia Dortmund) - Kejenuhan wonderkid asal Prancis ini membuatnya menolak ikut pramusim, yang akhirnya berunjung dengan kepindahannya ke Barcelona. (Photo by Odd ANDERSEN / AFP)

Ousmane Dembele digaet dari Stade Rennais pada tahun 2016. Namun, baru satu musim membela Dortmund, Dembele langsung diboyong Barcelona.

Barcelona mengeluarkan 135 juta euro untuk memboyong pemain asal Prancis tersebut ke Camp Nou. Dembele sampai sejauh ini sudah mencatatkan 118 penampilan di semua kompetisi untuk Blaugrana.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published: 02/08/2021)

Lanjutkan Membaca ↓