Sukses


Resmi! Louis Van Gaal Kembali Didapuk Jadi Pelatih Timnas Belanda

Bola.com, Amsterdam - Louis van Gaal resmi kembali didapuk menjadi pelatih Timnas Belanda, Rabu (4/8/2021). Bagi Van Gaal, ini akan menjadi periode ketiga dirinya menangani De Oranje. 

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) yang mengumumkan langsung penunjukan Louis van Gaal tersebut. Mantan pelatih Manchester United itu mengisi posisi kosong setelah mundurnya Frank de Boer pada Juni 2021 setelah Belanda tersingkir pada 16 besar Euro 2020. 

Sebelumnya Van Gaal pernah menangani Timnas Belanda pada periode 2000-2002 dan 2012-2014. Pada periode keduanya, ia membawa Belanda finis ketiga di Piala Dunia 2014 di Brasil. 

"Sepak bola Belanda selalu dekat di hati saya dan kepelatihan tim nasional menurut saya merupakan posisi kunci untuk kemajuan sepak bola kita lebih jauh. Selain itu, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda," kata Van Gaal dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh KNVB, seperti dikutip France24

"Ada sedikit waktu untuk pertandingan kualifikasi berikutnya, yang sangat penting untuk partisipasi di Piala Dunia. Oleh karena itu, fokusnya segera 100 persen pada para pemain dan pendekatan. Bagaimanapun, saya ditunjuk untuk itu," imbuh Louis van Gaal

Meurut KNVB, staf teknis Louis van Gaal akan terdiri atas Danny Blind dan Henk Fraser, dan pelatih kiper Frans Hoek.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Mencari Pelatih Berkualitas Luar Biasa

Federasi Sepak Bola Belanda mengatakan mencari pelatih dengan kualitas luar biasa untuk membalikkan keadaan, dengan masa persiapan yang minimal untuk Piala Dunia 2022.

“Dengan pengalaman dan rekam jejaknya di level tertinggi, kami percaya bahwa memiliki pelatih itu di diri Louis van Gaal,” kata Direktur Sepak Bola KNVB, Nico-Jan Hoogma.

"Kontak terjalin dengan cepat dan kami telah sering berbicara sejak saat itu. Kami senang Louis mengambil alih pekerjaan ini."

Selama masa jabatan pertama Van Gaal sebagai manajer, Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan, tetapi Belanda finis ketiga di Brasil pada 2014 selama periode keduanya.

Dia kemudian menyambar kesempatan melatih Manchester United, tetapi dipecat begitu saja oleh klub dua hari setelah memenangkan Piala FA pada 2016.

Van Gaal saat itu mengatakan memenangkan Piala FA bersama Setan Merah adalah pencapaian terbesar dalam kariernya. 

Van Gaal yang sering kurang ajar dan blak-blakan sempat mengumumkan pensiun pada Januari 2017, tapi kini telah kembali lagi. 

Sumber: France24

Video Populer

Foto Populer