Sukses


Demi Lionel Messi, PSG Jadikan Kylian Mbappe Tumbal Proyek Nol Rupiah?

Bola.com, Paris - Georginio Wijnaldum, Sergio Ramos, dan Gianluigi Donnarumma didatangkan secara gratis. Proyek Rp0 PSG tampaknya akan berlanjut dengan merekrut Lionel Messi. Namun sepertinya juga, Kylian Mbappe bakal jadi tumbal.

Lewat sebuah pernyataan yang emosional, Barcelona resmi melepas Lionel Messi. Tidak ada kontrak baru untuk pemain 33 tahun. Barcelona tidak mendapatkan 'diskon' regulasi dari La Liga untuk Messi.

Tak lama setelah dilepas Barcelona, PSG langsung mengadakan pembicaraan dengan Messi. Berdasarkan laporan Fabrizio Romano, PSG menawarkan kontrak dengan durasi dua tahun dan opsi perpanjangan setahun pada Messi.

PSG punya sumber dana yang besar. Bahkan, bersama Man City, PSG disebut sebagai klub yang mampu mengontrak Messi. Dengan keputusan Man City membeli Jack Grealish, maka hanya PSG yang secara finansial bisa mengontrak Messi.

PSG menawarkan gaji 40 juta euro pada Messi. Nilai tersebut sudah dipotong pajak. Messi mendapat gaji jauh lebih rendah dibanding kontraknya dengan Barcelona musim lalu yakni 75 juta pounds.

Walau gaji Messi sudah dipotong secara signifikan, PSG tetap dalam ancaman sanksi Financial Fair Play. Sebab, PSG bakal punya skuad dengan tagihan gaji di luar kewajaran jika dibanding pendapatan mereka. PSG saat ini punya utang 200 juta euro.

PSG punya beberapa pemain dengan gaji yang fantastis. Neymar, Kylian Mbappe, Angel Di Maria, Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, dan Marquinhos adalah daftar pemain 'kelas berat' di PSG. Ditambah Messi, maka beban gaji PSG per musim bakal nampak tidak wajar.

Video

2 dari 2 halaman

Siapa Jadi Tumbal?

Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi, tidak ingin melepas satu pun pemain menyusul kedatangan Messi. Al Khelaifi akan berupaya mencari celah untuk bisa mendapatkan keseimbangan keuangan dan tidak melakukan pelanggaran Financial Fair Play.

Al Khelaifi tidak akan melepas Mbappe ke klub mana pun. Sementara, beberapa pemain seperti Angel Di Maria juga diprediksi tidak akan tertarik pindah. Di Maria adalah karib Messi dan mereka punya hubungan spesial.

Dikutip dari Marca, mustahil PSG tidak melepas pemain setelah mendapatkan jasa Messi. Namun, PSG kesulitan melepas pemain. Sejauh ini, hanya ada Mitchel Bakker yang dilepas ke PSG. Mauro Icardi yang punya hubungan buruk dengan Messi mungkin akan menyusul.

Masih berdasar ulasan dari Marca, cara paling gampang bagi PSG agar terhindar sanksi Financial Fair Play adalah dengan melepas Mbappe. PSG tidak harus melepas banyak pemain lain jika merelakan Mbappe pindah.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 7/8/2021)

Video Populer

Foto Populer