Sukses


Liga Italia: Kekalahan dari Empoli di Kandang Bakal Jadi Pelajaran Berharga untuk Juventus

Bola.com, Jakarta - Juventus kalah 0-1 dari Empoli dalam laga giornata ketiga Serie A Liga Italia, Minggu (29/8/2021) dini hari WIB. Melihat timnya kalah, pelatih Bianconeri, Massimiliano Allegri, menegaskan Paulo Dybala dkk. bakal belajar dari kekalahan ini.

Juventus memulai musim ini tanpa Cristiano Ronaldo yang pergi ke Manchester United. Bianconeri memulainya dengan cukup buruk. Setelah hanya pulang dengan satu poin dari markas Udinese setelah bermain imbang 2-2 pada giornata pertama, Juventus justru tanpa poin saat menjamu Empoli di Allianz Stadium.

Leonardo Mancuso menjadi pembeda dalam pertandingan ini, untuk membawa timnya Empoli meraih kemenangan penting pada awal musim mereka. Juventus pun seakan terpuruk karena kekalahan di depan pendukungnya itu.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menilai timnya memulai pertandingan dengan sangat baik. Namun, Allegri menegaskan kekalahan ini bukan karena masalah individual, termasuk kepergian Cristiano Ronaldo. Menurutnya, kekalahan ini menjadi bukti kalau Juventus harus mencari cara menyelesaikan masalah secara tim.

"Para pemain memulai pertandingan dengan kuat. Mereka kebobolan pada kesalahan pertama dan gegabah. Kami harus bersabar dan tenang menghadapi ini semua, bermain sebagai sebuah tim dan tidak mencoba untuk mencari jalan keluar secara individu," ujar Allegri kepada DAZN.

"Kami perlu memperbaiki soliditas kami, tapi dua kali tergelincir akan membuat kami menjadi lebih baik. Tim ini memiliki skuad yang kuat, memiliki nilai dan secara bertahap akan lebih baik."

"Empoli meninggalkan ruang kosong yang begitu besar di area sayap, tapi semua yang kami lakukan buruk dengan kesalahan teknis. Kami tak bisa berasumsi akan memimpin dan mengontrol dalam setiap permainan. Kami harus tenang seperti tim hebat, dan tahu kami bisa mengatasinya," lanjut pelatih Juventus.

2 dari 4 halaman

Berkembang dari Masa-Masa Sulit

Banyak yang menyebut Juventus saat ini kekurangan pemain berkarakter, seperti Giorgio Chiellini yang sedang tidak fit dan Cristiano Ronaldo memutuskan pergi ke Manchester United.

Namun, Allegri menegaskan timnya akan kembali berkembang. Bahkan pelatih yang pernah sukses bersama Juventus itu yakin masa-masa sulit akan sangat membantu Bianconeri kembali ke jalur kemenangan.

"Momen sulit membantu Anda untuk berkembang. Anda harus terus mencoba hal-hal sederhana dan menyatu. Ada begitu banyak pemain yang membuat kesalahan yang tidak biasa dilakukan," ujar Allegri.

"Kami perlahan menemukan keseimbangan kami. Para pemain ini seperti putus asa karena sudah memulai pertandingan dengan baik dan ingin menang. Namun, kami harus belajar dari kesalahan ini."

"Butuh waktu. Kami tidak bisa melaju dari 0 ke 10 dalam satu detik. Terpenting kami tidak boleh gegabah. Kami harus bersabar saat menyerang dan bertahan, karena ketergesaan kami merebut bola bisa menciptakan ruang," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Jangan Lagi Memikirkan Cristiano Ronaldo

Dengan dua hasil minor yang diraih Juventus dalam dua giornata pertama Serie A Liga Italia musim ini, Massimiliano Allegri mendapatkan banyak pertanyaan mengenai performa timnya tanpa Cristiano Ronaldo.

Bintang asal Portugal tersebut memang telah memutuskan pergi dari Juventus. Dalam waktu dekat, CR7, sapaan karibnya, bakal resmi berseragam Manchester United.

Namun, Allegri menegaskan bahwa kini bukan saatnya lagi untuk timnya memikirkan Cristiano Ronaldo. Dengan skuad yang ada, Juventus pasti bisa bangkit.

"Cristiano menghabiskan tiga tahun di Juventus, mencetak gol yang memang merupakan keahliannya. Ia adalah pemain yang luar biasa, tapi kami tidak bisa memikirkan Ronaldo sejak saat ini," ujar Allegri.

"Saya punya skuad yang bagus, hanya perlu menyadari bahwa kami tidak bisa mendominasi dalam setiap pertandingan. Kami perlu bersatu dan itu yang akan membantu kami di masa depan. Saya selalu optimistis," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Juventus Saat Ini

Video Populer

Foto Populer