Sukses


Liga Italia: Cristiano Ronaldo Pergi, Massimiliano Allegri Siapkan Peran Baru untuk Federico Chiesa

Bola.com, Turin - Juventus ditinggal Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas tahun ini. Kehilangan Ronaldo, pelatih Juve, Massimiliano Allegri, menyiapkan peran baru untuk Federico Chiesa.

Dalam tiga musim terakhir, kapten Timnas Portugal itu merupakan sosok penting di lini serang Juventus. Cristiano Ronaldo menjadi pusat serangan I Bianconeri. Bahkan, gaya bermain Juve dianggap menyesuaikan dengan cara dan peran Ronaldo.

Kini, CR7 sudah pergi. Pemain berusia 36 tahun itu telah meminta klub melepasnya dan dia memilih pulang ke Manchester United. Tanpa Ronaldo, Juventus harus segera berubah. Allegri pun menyiapkan ide-ide baru.

Tanpa Cristiano Ronaldo, Juventus menjalani laga pertama mereka dengan hasil buruk. Si Nyonya Tua kalah dengan skor 0-1 dari Empoli pada pekan ke-2 Serie A.

Dalam pertandingan tersebut, Juventus tampil dengan formasi 4-3-3. Kini, setelah Cristiano Ronaldo dipastikan tidak menjadi bagian dari skuad Juventus, Allegri akan menanggalkan formasi 4-3-3 yang menjadi rencana utama.

 

2 dari 5 halaman

Mematangkan 2 Formasi

Dikutip dari Corrierre dello Sport, Juventus akan kesulitan jika tetap memakai 4-3-3. Allegri menyadarinya dan punya rencana baru.

Pelatih asal Italia itu kini punya dua formasi yang akan dimatangkan yakni 4-4-2 dan 3-5-2. Massimiliano Allegri akan memakai dua orang penyerang tengah, dengan Paulo Dybala sebagai pilihan utama.

 

3 dari 5 halaman

Peran Baru untuk Federico Chiesa

Alvaro Morata sebenarnya sangat cocok untuk peran penyerang tunggal pada formasi 4-2-3-1 atau penyerang tengah pada formasi 4-3-3. Morata juga bisa bermain dalam formasi 4-2-2. Tetapi, Morata tidak masuk rencana utama Allegri.

Alih-alih menduetkan Morata dengan Dybala, Allegri akan mengubah peran Federico Chiesa. Pemain berusia 23 tahun itu tidak akan menjadi penyerang sayap atau winger lagi. Chiesa akan bermain lebih ke dalam.

Massimiliano Allegri tidak punya banyak waktu untuk menguji taktik barunya. Jeda internasional membuat para pemain yang masuk rencana utama Allegri tidak bisa ambil bagian pada sesi latihan teknis dengan maksimal.

 

4 dari 5 halaman

Komposisi Lini Belakang

Allegri tidak pernah meragukan kemampuan teknis Giorgio Chiellini. Dialah yang bersikeras agar klub mempertahankan Chiellini dengan memberikan kontrak baru. Mantan pelatih AC Milan itu akan memberi peran penting bagi bek vetaran itu.

Massimiliano Allegri akan cenderung memakai formasi tiga bek untuk memaksimalkan pemain yang ada, yakni Matthijs de Ligt, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci. Sangat sulit bagi Allegri jika salah satu dari mereka duduk di bangku cadangan.

Sementara itu, Dejan Kulusevski dan Juan Cuadrado akan mendapat peran sebagai bek sayap. Begitu juga dengan Alex Sandro.

Sumber: Corriere dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 05/09/2021)

5 dari 5 halaman

Yuk Simak Posisi Juventus di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer