Berstatus Juara Piala Dunia, Performa Kylian Mbappe Dianggap Menurun dalam 3 Tahun

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 05 Sep 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Sep 2021, 16:00 WIB
Kylian Mbappe
PSG masih belum rela lepas Kylian Mbappe ke Real Madrid, sudah siap rugi? (AFP)

Bola.com, Jakarta - Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, merupakan pemain muda yang sukses mengantarkan Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Namun, performa Mbappe dinilai mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir oleh mantan pemain Chelsea dan Marseille, Tony Cascarino.

Kylian Mbappe memang tampil luar biasa ketika membawa Prancis menjadi juara di Piala Dunia 2018. Ia pun terpilih menjadi pemain muda terbaik dalam ajang yang digelar di Rusia itu.

Setelah itu, Kylian Mbappe masih konsisten menunjukkan ketajamannya dari musim ke musim, dengan total mencetak 114 gol dalam 131 penampilan bersama PSG di semua kompetisi.

Terlepas dari statistik gol Kylian Mbappe yang masih sangat impresif, Cascarino menilai penyerang berusia 22 tahun itu justru menurun dalam tiga tahun terakhir.

"Jika saya melihat pemain seperti dia pada 2018, ketika memenangkan Piala Dunia, sangat bertenaga dan menghancurkan. Dia telah mundur selangkah dalam tiga tahun terakhir," ujar Cascarino mengenai Kylian Mbappe kepada talkSPORT.

 

 

2 dari 3 halaman

Terbaik di Dunia pada 2018

Foto: Mbappe Cetak Dua Gol untuk Paris Saint German, Besok Harga Naik
Kylian Mbappe menjadi aktor kemenangan PSG pada pekan keempat Liga Prancis musim 2021/2022 yang berlangsung di Markas Stade de Reims, Stade Ausguste Delaune. Bintang muda Prancis tersebut berhasil mencetak brace atau dua gol dalam satu pertandingan. (Foto: AFP/Franck Fife)

Cascarino juga menegaskan alasannya menyebut kemunduran Kylian Mbappe merujuk kepada penampilan dan kontribusinya untuk Timnas Prancis.

"Tidak perlu diragukan lagi, Mbappe adalah yang terbaik di dunia pada 2018. Itu sebabnya saya kecewa dengan penampilannya di Euro. Dia tidak memiliki dampak yang sama dalam pertandingan yang melibatkan Prancis," ujar Cascarino.

"Ada saat-saat ketika Anda dapat melihat secercah, pengingat, betapa bagusnya dia di lapangan. Namun, dia tidak cukup melakukannya," lanjutnya.

Bicara mengenai performa di tim nasional, pernyataan Cascarino mengenai Kylian Mbappe memang ada benarnya. Mbappe mengalami penurunan performa cukup drastis di Timnas Prancis, terutama pada 2021.

Dari 10 laga yang sudah dijalani bersama Les Bleus pada 2021, Kylian Mbappe tercatat hanya mampu mengemas satu gol. Menurutnya performa Mbappe juga terlihat jelas pada Euro 2020.

3 dari 3 halaman

Perbandingan di Piala Dunia 2018 dan Euro 2020

Foto Piala Eropa: Termasuk Mbappe, 8 Pemain 'Overated' di Piala Eropa 2020
Kylian Mbappe yang digadang-gadang akan bersinar di Piala Eropa 2020 harus kandas di tengah jalan setelah Prancis takhluk dari Swiss di 16 besar akibat pinaltinya yang mampu ditepis oleh Yann Sommer. Pemain 22 tahun ini hanya mencatat 2 assist saja untuk Prancis. (Foto: AFP/Pool/Justin Setterfield)

Merujuk kepada pernyataan Cascarino, Kylian Mbappe memang memiliki puncak karier bersama Timnas Prancis pada 2018. Itu menjadi Piala Dunia pertama dalam kariernya. Namun, Mbappe mampu tampil memesona.

Ia tampil dalam semua pertandingan yang dijalani Timnas Prancis di Rusia 2018. Bahkan ia berhasil mencetak 4 gol, termasuk ke gawang Kroasia dalam laga final, setelah sebelumnya dua kali menjebol gawang Argentina dan mencetak satu gol ke gawang Peru.

Torehan golnya di Piala Dunia 2018 membuatnya sejajar dengan Romelu Lukaku, Cristiano Ronaldo, dan rekan setimnya, Antoine Griezmann.

Namun, tiga tahun berselang, dengan usia yang lebih matang, Kylian Mbappe justru gagal membuktikan kualitasnya bersama Timnas Prancis. Mbappe tanpa gol dalam 4 pertandingan yang dijalaninya bersama Les Bleus. Bahkan ia juga gagal mengeksekusi penalti yang memastikan Prancis tersingkir di 16 besar Euro 2020.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 5/9/2021)

Lanjutkan Membaca ↓