Nilai Kontrak Selangit Neymar di PSG Bocor: Fantastis, Biaya Transfer dan Gaji Habiskan Rp8,2 Triliun

Oleh Yus Mei Sawitri pada 05 Sep 2021, 21:15 WIB
Diperbarui 05 Sep 2021, 21:15 WIB
Foto: PSG Sesak Penyerang Bintang Jika Messi Putuskan Datang
Rekan Lionel Messi di Barcelona, Neymar merupakan penyerang andalan PSG yang didatangkan sejak 2017 silam. Berstatus sebagai pemain termahal di dunia, dirinya tercatat sudah kantongi 86 gol dari 114 pertandingan di semua laga bersama PSG. (Foto: AFP/Franck Fife)

Bola.com, Paris - Neymar pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona dengan memecahkan rekor transfer dunia senilai 222 juta euro. Namun, dari laporan yang beredar di Spanyol, PSG harus mengeluarkan dana jauh lebih besar daripada nominal itu untuk mendatangkan pemain asal Brasil tersebut. 

Media Spanyol El Mundo Deportivo, seperti dikutip Sportbible, Minggu (5/9/2021)mengklaim PSG sudah merogoh hampir 500 juta euro untuk Neymar sejak kedatangannya ke Paris pada 2017. 

Neymar saat ini menjadi pemain bergaji tertinggi kedua di PSG, hanya kalah dari Lionel Messi. Messi dikabarkan menerima gaji 40 juta euro per tahun, sedangkan Neymar 36 juta euro per tahun. 

Namun, menurut El Mundo, Neymar mendapatkan gaji yang ternyata jauh lebih besar. Gaji Neymar sebelum dipotong pajak senilai 43.334.400 euro (Rp733,9 miliar), yang disetujui PSG dalam kontrak awal pemain Brasil itu. 

Kontrak Neymar di PSG baru habis pada 2025. Dia baru saja meneken perpanjangan kontrak dengan klub kaya raya Prancis itu pada Mei 2021. 

 

2 dari 3 halaman

Gaji Bisa Naik Lagi

Latihan Perdana Lionel Messi bersama PSG
Penyerang baru Paris Saint-Germain, Lionel Messi (kiri) bersama Neymar melakukan pemanasan selama sesi latihan tim di tempat latihan klub sepak bola Camp des Loges Paris Saint-Germain di Saint-Germain-en-Laye (13/8/2021). Messi memulai petualangan baru bersama klub anyar, PSG. (AFP/Bertrand Guay)

El Mundo juga menambahkan bahwa ada opsi gaji bonus tahun keenam. Gaji Neymar akan kembali naik jika masih bertahan di PSG hingga 2023.

Gajinya akan naik menjadi 50.556.117 euro (Rp856,2 triliun). Nominal gaji Neymar bahkan lebih besar daripada yang diterima Lionel Messi. 

Jadi, jika digabungkan antara biaya transfer dan gajinya hingga saat ini, Neymar sudah membuat PSG mengeluarkan dana 489.228.117 euro (Rp8,2 triliun). Benar-benar jumlah yang luar biasa. 

 

3 dari 3 halaman

Statistik Kurang Moncer

Paris Saint Germain Vs Liverpool
Pemain Paris Saint Germain (PSG), Neymar dan Kylian Mbappe, melakukan selebrasi usai mebobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (28/11). PSG menang 2-1. (AP/Thibault Camus)

Meski menyandang status sebagai pemain dengan transfer termahal dalam sejarah sepak bola, Neymar belum menunjukkan potensi terbaiknya selama di PSG. Pemain depan berusia 29 tahun itu telah melewatkan sebagian besar pertandingan karena cedera selama di Paris.

Menurut Give Me Sport, pemain Brasil itu baru bermain 71 dari 156 pertandingan untuk PSG di Ligue 1, yang berarti hanya 45 %.

Sejauh ini, Neymar telah mencetak 87 gol dalam 117 penampilan untuk PSG di semua kompetisi. Superstar Brasil itu meninggalkan Barcelona untuk memenangkan Liga Champions dan Ballon d'Or. Neymar sejauh ini gagal mencapai salah satu dari tujuan tersebut, meskipun telah memenangkan beberapa gelar domestik.

Sumber: Sportbible

Lanjutkan Membaca ↓