Sukses


Langgar Prokes, Duel Brasil Vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Resmi Ditunda

Bola.com, Sao Paolo - Duel Timnas Brasil versus Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Neo Quimica Arena, Senin (6/9/2021) dini hari WIB terpaksa ditunda. Pasalnya, empat pemain Argentina dianggap melanggar protokol kesehatan.

Bentrok dua tim top Amerika Selatan ini tentunya sudah ditunggu-tunggu penikmat sepak bola dunia. Sayangnya, laga Timnas Brasil versus Argentina hanya berjalan selama enam menit.

Pertandingan terpaksa dihentikan karena ada gangguan di tepi lapangan. Seperti dilansir Goal International, otoritas kesehatan di Brasil telah turun tangan dan mengintervensi pertandingan.

Wasit dan ofisial pertandingan tidak punya pilihan selain menghentikan pertandingan. Duel kedua tim tidak ada kejelasan hingga mencapai 1 jam.

Beredar laporan bahwa otoritas kesehatan terpaksa mengintervensi karena ada dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan empat pemain Premier League yang berada dalam tim Argentina.

Keempat pemain Timnas Argentina yang diduga melanggar prokes adalah Giovani Lo Celso, Cristian Romero, Emiliano Buendia, dan Emiliano Martinez. Nama-nama tersebut telah memberikan informasi palsu ketika mengisi formulir data orang asing yang masuk ke Brasil.

 

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi ANVISA

Beberapa menit berselang, ANVISA selaku Brazilian Health Regulatory Agency, mengeluarkan pernyataan terkait penundaan pertandingan tersebut:

"Anvisa menilai situasi ini sebagai risiko kesehatan serius, sebab itu menyarankan otoritas kesehatan setempat untuk segera melakukan karantina para pemain yang seharusnya tidak boleh ikut dalam aktivitas apa pun dan tidak boleh tetap berada di teritori Brasil," bunyi pernyataan resmi ANVISA.

Tidak ada keputusan resmi pertandingan selama sekitar 60 menit sejak kick-off, sampai akhirnya CONMEBOL membuat pengumuman resmi.

 

3 dari 3 halaman

Resmi Ditunda

Melalui media sosial Twitter, CONMEBOL menjelaskan keputusan penundaan secara resmi. Pertandingan tidak bisa dilanjutkan sampai waktu yang ditentukan.

"Berdasarkan keputusan wasit, pertandingan yang dikelola oleh FIFA antara Brasil dan Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia diputuskan ditunda."

"Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada FIFA Disciplinary Committee, yang akan menentukan langkah-langkah berikutnya. Prosedur ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku."

"Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA. Setiap keputusan terkait organisasi dan pengembangannya adalah hak eksklusif dari lembaga tersebut."

Sumber: CONMEBOL

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 06/09/2021)

Video Populer

Foto Populer