Roberto Mancini Pastikan Giacomo Raspadori dan Moise Kean Punya Peluang di Timnas Italia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 09 Sep 2021, 05:50 WIB
Diperbarui 09 Sep 2021, 07:26 WIB
Roberto Mancini
Roberto Mancini mengaku terharu dengan keberhasilan Timnas Italia menjuarai Euro 2020. (AFP/Facundo Arrizabalaga)

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia berhasil meraih kemenangan telak 5-0 atas Lithuania dalam laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (9/9/2021) dini hari WIB. Moise Kean dan Giacomo Raspadori berperan besar dalam kemenangan tersebut.

Gli Azzurri mencatat satu lagi hasil positif dengan kemenangan telak atas Lithuania di Mapei Stadium. Moise Kean mencetak dua gol dalam laga ini, sementara tiga gol lain dicetak oleh Giacomo Raspadori, Giovanni Di Lorenzo, dan gol bunuh diri Edgaras Utkus.

Kecemerlangan kedua pemain muda Italia itu tak lepas dari peran penting Roberto Mancini. Pelatih Timnas Italia itu tidak ragu untuk memberi kepercayaan kepada pemain muda untuk tampil di level internasional.

"Kami sudah membawa Raspadori saat Euro. Kami melihat kualitasnya, tapi dia masih muda dan perlu mendapatkan pengalaman. Tentu saja, semua tergantung pemikiran dan kemampuan mereka," ujar Roberto Mancini seperti dilansir Football Italia.

"Jika mereka melakukan apa yang perlu dilakukan, bekerja keras, tetap terorganisasi di lapangan, dan itu tergantung kepada mereka. Namun, mereka bisa mendapatkan peluang mereka," lanjut pelatih Timnas Italia itu.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Gli Azzurri

Timnas Italia
Timnas Italia berselebrasi dalam laga kontra Lithuania di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (9/9/2021) dini hari WIB. Italia menang telak 5-0 atas Lithuania. (Vincenzo PINTO / AFP)

Timnas Italia meraih kemenangan besar meski tanpa beberapa pemain utama dalam pertandingan ini. Namun, pemain-pemain yang mendapatkan kesempatan dalam laga kontra Lithuania itu mampu memperlihatkan performa yang bagus.

"Meski kehilangan banyak pemain dalam beberapa hari terakhir, reaksi para pemain bagus. Memang lawan bukan tim dengan kualitas terbaik, tapi Anda tak bisa selalu mencetak lima atau enam gol. Jadi para pemain tampil dengan baik," tegas Mancini.

Dalam pertandingan ini, Roberto Mancini memang kehilangan beberapa pemain penting, seperti Leonardo Bonucci dan Stefano Sensi. Hal tersebut membuat Mancini mempercayakan Jorginho sebagai kapten dalam pertandingan ini, yang membuatnya untuk pertama kali mengenakan ban kapten Gli Azzurri.

 

3 dari 3 halaman

Berlanjutnya Tren Positif

Italia - Roberto Mancini, Lorenzo Insigne, Nicolo Barella, Jorginho
Italia - Roberto Mancini, Lorenzo Insigne, Nicolo Barella, Jorginho (Bola.com/Adreanus Titus)

Kemenangan telak atas Lithuania juga memastikan Timnas Italia memperpanjang tren positif mereka yang tidak pernah terkalahkan dalam 37 pertandingan.

Dalam laga sebelumnya, di mana Gli Azzurri bermain imbang dengan Swiss, Timnas Italia sudah mencatatkan rekor sebagai tim dengan jumlah torehan tidak terkalahkan yang paling panjang, yaitu 36 pertandingan.

Torehan 36 laga tidak pernah kalah itu membuat Italia melampaui catatan gemilang Timnas Brasil pada 1993 sampai 1996, yang mencatatkan 35 laga tak terkalahkan, jumlah yang juga ditorehkan Spanyol dari 2007 hingga 2009.

Namun, kini Italia memperpanjangnya lewat kemenangan kontra Lithuania. Terakhir kali Italia menelan kekalahan adalah pada 10 November 2018. Ketika itu, Timnas Italia menyerah 0-1 dari Portugal pada laga UEFA Nations League.

Sumber: Football Italia

Lanjutkan Membaca ↓