Superstar: Moise Kean, Dua Gol untuk Timnas Italia Jadi Bukti Mentalitas yang Kuat

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 09 Sep 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 12 Sep 2021, 06:45 WIB
Moise Kean, Timnas Italia
Moise Kean saat merayakan gol yang dicetaknya untuk Timnas Italia saat menghadapi Lithuania dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (9/9/2021) dini hari WIB. Moise Kean mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 yang diraih Gli Azzurri. (VINCENZO PINTO / AFP)

Bola.com, Jakarta - Moise Kean akhirnya mendapatkan kepercayaan dari Roberto Mancini untuk menjadi starter dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa kali ini. Dua gol dicetaknya menjadi bukti nyata bahwa pemain muda berusia 21 tahun ini pantas untuk diperhitungkan oleh Roberto Mancini.

Pemain yang gagal masuk skuad Gli Azzurri di Euro 2020 itu menjadi sayap kiri dan membuat lini serang Italia cukup garang bersama Federico Bernardeschi di sisi kanan dan Giacomo Raspadori yang menjadi penyerang tengah.

Hanya butuh waktu 11 menit bagi Moise Kean untuk membuat pendukung Italia yang hadir di Mapei Stadium untuk bersorak. Pemain yang baru kembali ke Juventus ini mencetak gol setelah melakukan penetrasi serangan dari sisi kiri dan mencetak gol ketiganya selama berseragam Timnas Italia.

Setelah Italia menambah dua gol lewat gol bunuh diri Edgaras Utkus dan gol debut Giacomo Raspadori, Moise Kean mencetak gol lagi pada menit ke-29. Menerima umpan terobosan lambung dari Federico Bernardeschi, Moise Kean melepaskan sontekan yang tak bisa dihalau oleh kiper Lithuania, Ernestas Setkus.

Gol kedua Moise Kean ini juga membuat Timnas Italia sukses menorehkan rekor baru. Untuk kali pertama dalam sepanjang sejarah, Gli Azzurri sukses mencetak empat gol dalam waktu kurang dari 30 menit.

Dengan tambahan gol Giovanni Di Lorenzo pada menit ke-54, Timnas Italia pun meraih kemenangan 5-0 dan memperpanjang tren positif mereka tak pernah kalah dalam 37 laga secara berturut-turut. Sementara bagi Moise Kean yang berhasil mencetak gol ketiga dan keempatnya bagi Gli Azzurri dalam laga ini mendapatkan rating tertinggi, di mana WhoScored memberinya nilai 9,2.

2 dari 3 halaman

Kembali dengan Mentalitas yang Lebih Baik

Foto: Moise Kean, Penggawa Anyar Juventus yang Jadi Bintang Lapangan Italia di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Lithuania
Italia berhasil menekuk Lithuania pada laga lanjutan grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan skor telak 5-0. Rekrutan anyar Juventus, Moise Kean terpilih menjadi man of the match pada laga tersebut. (Foto: AP/Luca Bruno)

Pertandingan kontra Lithuania ini memang menjadi momen comeback Moise Kean ke Timnas Italia. Terakhir kalinya Moise Kean tampil bersama Gli Azzurri adalah saat uji coba kontra San Marino pada Mei 2021, di mana Italia menang telak 7-0.

Namun, setelah itu Moise Kean tidak dibawa oleh Roberto Mancini ke Euro 2020 yang digelar pada Juni dan Juli 2021. Kekecewaan tidak bisa ditutupi, tapi pemanggilan kembali ke Timnas Italia membuat Moise Kean menjadi lebih siap mental untuk memperlihatkan kontribusi terbaik untuk Gli Azzurri.

"Penting untuk bisa kembali mengenakan kostum ini dan mengerahkan 100 persen untuk jersey ini. Artinya begitu besar bagi saya setiap saat," ujar Moise Kean kepada RAI Sport setelah kemenangan 5-0 atas Lithuania.

"Ini semua mengenai kerja keras, seberapa profesional saya melakukannya. Rekan setim saya memberikan sambutan hangat. Saya bekerja keras setiap hari dan kembali dengan tujuan baru, mentalitas yang baru, dan selalu siap membantu rekan-rekan setim saya," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Kecewa Hanya Nonton Euro 2020 di Televisi

Foto: Moise Kean, Penggawa Anyar Juventus yang Jadi Bintang Lapangan Italia di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Lithuania
Whoscored memberikannya rating 9.3 atas penampilan impresifnya. Sebelum diganti, ia mampu melesatkan dua tembakan yang semuanya mengarah pada sasaran. Kean juga tercatat sukses menyelesaikan 17 dari 24 operan dan satu operan kunci. (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)

Gagal menembus skuad Italia di Euro 2020 memang mengecewakan bagi Moise Kean. Pemain yang sempat bermain di Everton itu hanya bisa melihat aksi kompatriotnya melalui layar televisi. Namun, ia senang karena rekan-rekannya itu berhasil membawa pulang trofi juara.

"Tidak mudah hanya berada di rumah menyaksikan mereka bertanding di Euro," ujar Moise Kean.

"Namun, saya selalu berada di depan televisi untuk memberi dukungan kepada teman-teman saya. Mereka membawa trofi pulang dan itu yang paling penting," lanjut pemain muda Timnas Italia itu.

Sumber: WhoScored, Football Italia

 

Lanjutkan Membaca ↓