Sukses


Liga Italia: Mau Tinggalkan Warisan, Jose Mourinho Tidak Janjikan Prestasi Instan di AS Roma

Bola.com, Roma - Jose Mourinho menegaskan bahwa dia tidak menjanjikan sukses instan untuk AS Roma. Mourinho untuk membangun sebuah proyek, untuk memberi warisan yang penting dan berkesinambungan.

AS Roma telah melewati periode yang cukup lama tanpa gelar scudetto. Roma sempat jadi pesaing bagi Juventus, tetapi dalam beberapa musim terakhir Roma justru kesulitan bersaing untuk sekadar berada di empat besar.

Musim lalu, Roma meraih hasil tidak cukup bagus bersama Paulo Fonseca. Lalu, Roma menunjuk Mourinho sebagai pengganti. Pria asal Portugal itu mendapat kontrak dengan durasi tiga tahun dari Roma.

Jose Mourinho reputasi yang bagus di setiap klub yang dilatih. Kecuali di Tottenham, Mourinho selalu meraih gelar juara bersama klub yang dilatihnya. Tapi, bersama Roma, Mourinho tidak menjanjikan gelar secara instan.

"Ini bukan proyek [Dan] Friedkins, bukan proyek Tiago Pinto, bukan proyek Mourinho, ini proyek Roma," ucap Mourinho pada YouTube resmi Serie A.

"Saya tahu para penggemar, saya tahu kota ini, dan jika Anda berpikir bahwa proyeknya adalah 'Saya tiba besok dan saya menang lusa' itu bukan cara yang benar."

"Ini adalah proyek di mana pemilik ingin meninggalkan warisan, mereka ingin melakukan sesuatu yang sangat penting bagi klub dengan cara yang berkelanjutan. Kami ingin Roma sukses di masa depan," tegas Jose Mourinho.

2 dari 4 halaman

Pengalaman

Mourinho tidak akan mendapat dukungan finansial yang sangat kuat di Roma. Dia punya dana transfer yang terbatas. Bagi Mourinho, situasi ini membuatnya bakal mengandalkan pengalaman panjangnya sebagai pelatih.

"Saya jauh lebih baik sekarang, saya serius. Saya merasa saya telah meningkat sekarang karena ini adalah pekerjaan di mana pengalaman sangat berarti," kata Mourinho.

"Semuanya menjadi deja vu karena saya telah melalui begitu banyak pengalaman sejak meninggalkan Italia. Tentu saja datang ke suatu negara untuk pertama kalinya adalah satu hal, di mana Anda memulai dari nol dan harus banyak belajar. Ini bukan kasus saya. Saya tahu Italia, saya tahu budaya sepak bola, saya tahu sesuatu tentang Roma," kata Mourinho.

3 dari 4 halaman

Pujian untuk Fans

Sejak hari pertamanya ditunjuk sebagai pelatih AS Roma, Mourinho selalu memberi pujian kepada fans Roma. Mourinho kagum pada antusiasme fans yang memberikan dukungan pada Roma walau sudah lama tak meraih scudetto.

"Sungguh luar biasa bahwa dalam 20 tahun terakhir tidak banyak momen untuk bersukacita dan merayakan bersama. Tapi semangat itu tidak pernah pudar."

"Sangat mudah untuk menjadi pendukung hebat tim yang terus juara, itu adalah hal lain untuk menjadi penggemar dalam situasi seperti ini, ini sangat berarti bagi saya. Saya harap tim ini menjadi cerminan siapa mereka sebenarnya," kata Mourinho.

Sumber: YouTube resmi Serie A

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/9/2021)

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi AS Roma saat Ini?

Video Populer

Foto Populer