Sukses


Tua-Tua Keladi, Cristiano Ronaldo dan 4 Pemain Berusia 36 Tahun ke Atas yang Banderol Transfernya Termahal

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo membuktikan atlet masih bisa bersaing di level atas meskipun usianya tidak muda lagi. Pemain Manchester United itu membuktikannya sendiri. 

Pada usia 36 tahun, pesepak bola pada umumnya sudah memilih pensiun. Namun, itu tidak berlaku buat Cristiano Ronaldo.

Ronaldo masih tetap bermain di level tertinggi pada usia 36 tahun. Bintang Portugal itu bahkan belum kehilangan ketajamannya di depan gawang lawan.

Ronaldo belum lama ini memutuskan kembali ke Manchester United. Ini jadi periode keduanya membela Setan Merah.

MU menebus Ronaldo dari Juventus dengan biaya 15 juta euro atau setara Rp252 miliar. Transfer Ronaldo ini termasuk cukup mahal untuk untuk pemain seusianya.

Selain Cristiano Ronaldo, siapa saja pemain 36 tahun ke atas yang punya nilai transfer cukup mahal? Berikut beberapa di antaranya

 

2 dari 6 halaman

David James

David James merupakan kiper legendaris asal Inggris. Dia pernah bermain untuk sejumlah klub Premier League seperti Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City, dan Portsmouth.

James membela Portsmouth selama enam musim. Ketika itu, The Pompey merekrutnya dari Manchester City pada 2006 seharga 1,7 juta euro.

Mantan pemain Kerala Blasters tersebut datang ke Fratton Park pada usia 36 tahun. Dia membuat 158 penampilan di semua kompetisi untuk klub tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Naldo

Naldo pindah dari Schalke ke AS Monaco pada musim 2019/2020. Klub Prancis itu menebus bek asal Brasil tersebut dengan nilai 2 juta euro.

Pada usia 36 tahun, Naldo tak mampu menjadi pemain reguler di Monaco. Dia hanya mencatatkan sembilan penampilan di semua kompetisi untuk klub Ligue 1 tersebut.

Kontrak Naldo dengan Monaco akhirnya diputus pada 17 Januari 2020. Setelah gagal mendapat klub baru, mantan pemain Wolfsburg tersebut memutuskan pensiun.

 

4 dari 6 halaman

Brad Friedel

Brad Friedel menghabiskan sebagian besar kariernya di Premier League. Salah satu klub yang pernah dibelanya adalah Aston Villa.

Friedel ditransfer dari Blackburn Rovers ke Aston Villa pada usia 37 tahun di musim 2008/2009. Kepindahan kiper asal Amerika Serikat tersebut memakan biaya 2,5 juta euro.

Mantan pemain Liverpool tersebut menghabiskan tiga musim di Villa Park. Friedel memainkan 131 pertandingan bersama Aston Villa.

 

5 dari 6 halaman

Jacques Songo'o   

Setelah membela Deportivo La Coruna selama enam tahun, Jacques Songo'o kembali ke Metz pada musim 2001/2002. Metz menebus kiper asal Kamerun tersebut sebesar 6,5 juta euro.

Pada usia 37 tahun, Songo'o masih tetap dipercaya menjadi kiper utama Metz. Sayangnya, dia tak mampu menyelamatkan timnya dari degradasi.

Selama membela Metz selama dua musim, Songo'o kembali ke Deportivo La Coruna. Dia cuma bertahan selama satu musim di sana sebelum pensiun.

 

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah membulatkan tekad untuk meninggalkan Juventus pada musim panas ini. Dia tercatat membela Bianconeri selama tiga musim.

Ronaldo awalnya sempat dikaitkan dengan Manchester City. Namun, bintang Portugal tersebut pada akhirnya memilih kembali ke Manchester United.

Pemain berusia 36 tahun tersebut kembali ke Old Trafford dengan nilai tranfer 15 juta euro. Dia dikontrak MU sampai 30 Juni 2023.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Penulis Aga Deta, published 10/9/2021)

 

 

Video Populer

Foto Populer