Cerita Bak Cinderella di Liga Champions : Setelah Young Boys Hajar Manchester United, Giliran Sheriff Tiraspol Meledak

Oleh Nurfahmi Budi pada 16 Sep 2021, 08:12 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 08:12 WIB
Sheriff Tiraspol
Sheriff Tiraspol untuk pertama kalinya tampil pada fase grup Liga Champions musim ini. (AFP/Claus Bech/Scanpix Denmark)

Bola.com, Jakarta - Selalu ada kejutan di panggung sepak bola. Idiom itulah yang terjadi juga pada Matchday 1 Liga Champions 2021/2022. Dua nama yang layak mendapat acungan jempol adalah Young Boys dan Sheriff Tiraspol.

Bagi Sahabat Bola.com yang berstatus 'newbie' di level sepak bola Eropa, duo tersebut sudah pasti asing di telinga. Maklum, mereka berasal dari roda kompetisi yang tak segemerlap Liga Inggris, Liga Italia, Liga Jerman, Liga Spanyol ataupun Liga Prancis.

Young Boys berasal dari Swiss, yang notabene tak banyak tim-tim mengejutkan. Klub ini juga berstatus underdog, meski sudah ada pembuktian bisa lolos via jalur kualifikasi.

Namun, kekuatan mereka layak mendapat acungan jempol. Bayangkan saja, korban pertama mereka adalah tim yang dianggap sedang bagus, yakni Manchester United. Raksasa Inggris tersebut, yang beru merasakan euforia kembalinya Cristiano Ronaldo, dibuat tak berdaya.

 

2 dari 2 halaman

Kejutan Enak

Foto: Manchester United Awali Liga Champions 2021 / 2022 dengan Kekalahan 1-2 dari Tuan Rumah Young Boys
Pada menit ke-66 Young Boys berhasil menyamakan skor 1-1 melalui gelandang Nicolas Moumi Ngamaleu. Sepakannya meneruskan umpan silang Silvan Hefti sempat membentur bek Manchester United yang akhirnya agak mengecoh David De Gea. (Keystone via AP/Peter Klaunzer)

Young Boys mengejutkan para penggila sepak bola, terutama fans mereka sendiri. Mereka sanggup menggilas Manchester United dengan skor 2-1. Gol penentu lahir dari intensitas serta determinasi demi tiga angka ; menit ke-5 injury time babak kedua.

Seolah tak ingin kalah dari Young Boys, nun jauh di sana, tepatnya di Moldova, kegembiraan luar biasa juga terjadi di markas Sheriff Tiraspol, yakni Stadion Sheriff.

Latarnya tak lain kemenangan perdana mereka di Liga Champions. Lebih euforia lagi, keberhasilan menaklukkan Shakhtar Donets sekaligus mencetak rekor, yakni raihan tiga angka pertama dalam debut nan bersejarah itu.

Tak heran jika seluruh penonton dan pemain merayakan dengan 'kegilaan'. Sebelumnya, siapa sangka tim yang 'entah dari mana datangnya' ini bisa langsung memetik kemenangan pada penampilan perdana di panggung elite Liga Champions.

Sheriff Tiraspol unggul 2-0 atas Shakhtar Donetsk. Dua gol datang dari Adama Traoré (16') dan Momo Yansane (62'). "Sungguh malam yang luar biasa bagi kami. Pasukanku tak merasa rendah diri meski kalah dari sisi kecepatan dan teknik. Namun, taktik kami berjalan mulus, terutama tak mengikuti permainan Shakhtar," ucap Yuriy Vernydub, Pelatih Sheriff Tiraspol.

Sumber : UEFA

Lanjutkan Membaca ↓