5 Fakta Menarik Young Boys, Klub yang Didirikan 4 Bocah SMA dan Sukses Bikin Malu Manchester United di Liga Champions

Oleh Gregah Nurikhsani pada 16 Sep 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 20:15 WIB
Young Boys
Para pemain Young Boys merayakan gol yang dicetak Nicolas Ngamaleu ke gawang Manchester United dalam laga matchday pertama Liga Champions 2021/2022, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB. (SEBASTIEN BOZON / AFP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United dipaksa bertekuk lutut oleh Young Boys. Kedua tim bertatap muka pada matchday pertama fase grup Liga Champions dan the Red Devils kalah dengan skor tipis 1-2 di Bern, Rabu (15/9/2021).

Manchester United sempat unggul lebih dulu melalui aksi Cristiano Ronaldo. Namun dua gol dari Moumi Ngamaleu dan Theoson Siebatcheu membuat tiga poin yang sudah berada di genggaman melayang begitu saja.

Bagi Manchester United, kekalahan tersebut menjadi pukulan telak. Maklum, mereka baru saja menuai pujian setinggi langit setelah menuai kemenangan besar kala menjamu Newcastle United, di panggung Liga Inggris 2021/2022, akhir pekan lalu.

Sementara buat Young Boys, ini jadi torehan sejarah yang bakal sulit dilupakan. Maklum saja, klub asal Swiss itu bukan langganan Liga Champions.

Berikut ini Bola.com merangkum lima fakta menarik Young Boys:

2 dari 6 halaman

1. Old Boys

Berner Sport Club (BSC) Young Boys didirikan pada 14 Maret 1898, berkat siswa sekolah menengah Max Schwab, Hermann Bauer, Franz Kehrli dan Oskar Schwab. Mereka menyebut klub mereka 'Young Boys' sebagai tanggapan terhadap klub yang berbasis di Basel, Old Boys.

3 dari 6 halaman

2. Pelatihnya Akrab dengan Liga Inggris

Pelatih Muda, Premier League
Pelatih Huddersfield Town asal Jerman, David Wagner lahir di Geinsheim am Rhein 19 Oktober 1971, Wagner melakukan debut di Premier League pada 12 August 2017 dengan kemenangan 3-0 atas Crystal Palace. (AFP/Ian Kington)

Nama David Wagner mendadak tenar. Banyak orang mencari latar belakang sang arsitek tim yang sukses mengejutkan dunia sepak bola.

Jika merunut ke beberapa tahun lalu, tepatnya periode 2017, Wagner sudah memberi rasa pahit ke kubu Manchester United. Kala itu, ia masih menjadi pelatih Huddersfield Town.

Nah, ketika menjamu Manchester United pada Liga Inggris 2017/2018, di John Smith's Stadium (21/10/2017), Huddersfield sanggup membungkam raksasa Britania Raya itu. Skor akhir pertarungan 2-1, dan dua gol berasal dari Aaron Mooy pada menit ke-28 dan Laurent Depoitre (33'). Balasan Manchester United datang melalui Marcus Rashford (78').

4 dari 6 halaman

3. Berjodoh dengan Manchester United

Young Boys baru dua kali ikut Liga Champions. Menariknya, dari dua kesempatan itu, dua kali pula mereka satu grup dengan Manchester United.

Bedanya, pada kesempatan sebelumnya, di mana Young Boys satu grup dengan Manchester United, Juventus, dan Valencia, mereka kalah.

5 dari 6 halaman

4. Apes di Eropa

Young Boys mungkin jadi satu di antara sekian tim yang disepelekan di Liga Champions. Tidak heran, prestasi mereka di kompetisi antarklub Benua Biru memang tak sebagus rivalnya, FC Basel.

Prestasi terbaik Young Boys hanya lolos ke-16 besar Liga Europa, itupun kandas di tangan Ajax dengan aggregate 0-5.

6 dari 6 halaman

Manchester United Tim Inggris Kedua yang Pernah Dihadapi Manchester United

Manchester United adalah tim Inggris kedua yang pernah dihadapi Young Boys di kompetisi Eropa. Sebelumnya, pada 2010, mereka bersua Tottenham Hotspur.

Lanjutkan Membaca ↓